alexametrics
Rabu, 4 Agustus 2021
Rabu, 4 Agustus 2021

Ummat Kini Punya Program Pascasarjana

MATARAM-Tahun ini Universitas Muhammadiyah Mataram (Ummat) mulai membuka program pascasarjana. ”Kami mengucapkan syukur bahwa dari rencana yang sudah lama kami perjuangkan, tahun ini Alhamdulillah semuanya terwujud,” tegas Direktur Program Pascasarjana Ummat Lukman, pada Lombok Post, (20/7).

Sebagai langkah awal, Ummat membuka dua program studi (prodi) magister. Yakni Magister Ilmu Hukum dan Magister Ilmu Lingkungan. Pendaftaran mahasiswa baru sudah dibuka dan akan berakhir 31 Juli mendatang.

”Untuk kuota mahasiswa dari magister Ilmu Hukum sudah terpenuhi, ada 50 mahasiswa, sedangkan Ilmu Lingkungan lebih kurang 21 orang dari target kami 25 mahasiswa,” terang pria bergelar doktor ini.

”Saya optimis akan terpenuhi jelang penutupan pendaftaran ini,” sambung dia.

Tiga prodi lagi sedang disiapkan. Magister Ilmu Sosial, Bahasa Inggris, dan Administrasi Publik. ”Segala persyaratannya sekarang sedang berproses,” ujarnya.

Pembukaan program pascasarjana Ummat, menjadi jawaban atas keberlanjutan pendidikan mahasiswa S1. ”Penyiapan SDM yang unggul ini, menjadi kewajiban kampus dan ini sangat penting,” kata Lukman.

Kampus saat ini menyiapkan workshop kurikulum. ”Kuliah tamu dengan para diplomat Indonesia yang ada di mancanegara, kuliah umum, dan kegiatan orientasi & matrikulasi bagi mahasiswa pascasarjana,” tegas dia.

Mengawali kegiatan perkuliahan nanti, Ummat telah menyiapkan kuliah umum. Rencananya, diisi pemateri andal Dari Mahkamah Konsitusi (MK), gubenur NTB, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) RI, dan Pengurus Pusat (PP) Muhammadiyah.

”Beliau-beliau akan berbicara, dalam rangka memberikan motivasi untuk mahasiswa dan mahasiswi kami, civitas akademika Ummat, maupun seluruh masyarakat luas,” papar Lukman.

Kedepan, kerja sama akan terus dibangundengan berbagai pihak, dalam dan luar negeri. Pihaknya juga akan menjemput bola ke Kemendikbud Ristek, terkait beasiswa untuk mahasiswa program pascasarjana yang belum bekerja. ”Ini yang sedang kami upayakan agar mahasiswa dapat terbantu tentu kita harus segera tangkap peluang yang ada,” pungkasnya.

Rektor Ummat H Arsyad Abdul Gani menjelaskan, hadirnya program pasca sarjana merupakan wujud dedikasi kampus. ”Kampus terus akan berbenah menjadi lembaga yang kredibel di tengah masyarakat, yang benar-benar diharapkan untuk kemajuan bangsa Indonesia,” tegasnya. (yun/r9)

 

Berita Terbaru

Paling Sering Dibaca

Enable Notifications    OK No thanks