alexametrics
Selasa, 11 Agustus 2020
Selasa, 11 Agustus 2020

Ijazah SMK Segera Didistribusikan, Kasek Diingatkan Hati-hati Mengisi

MATARAM-Puluhan kepala SMK di NTB mulai mendapat arahan mengenai pengisian, distribusi, dan hal-hal terkait ijazah lainnya. ”Kami lakukan sosialisasi,” kata Kepala Seksi Kurikulum Bidang Pembinaan SMK Dinas Dikbud NTB H Umar, disela berlangsungnya sosialisasi di aula Dinas Dikbud NTB, Selasa (21/7/2020).

Tercatat 21.962 ijazah SMK sudah berada di Dinas Dikbud NTB, untuk SMK swasta dan negeri. Rinciannya, ijazah SMK tiga tahun KTSP 1,459 lembar dan cadangan 73 lembar. Kemudian, SMK tiga tahun K13 19,457 lembar dan cadangan 973 lembar.

”Kami bagikan ijazah ini kepada 19 ribu lebih siswa SMK negeri dan swasta yang lulus tahun ini, termasuk kalau ada kesalahan, kami sudah siapkan cadangan,” ujar Mantan Kepala SMKN 3 Mataram ini.

Dirinya berjanji, dalam waktu dekat, ijazah akan segera didistribusikan ke sekolah. Dokumen ini diperlukan segera untuk pelengkap melamar kerja, hingga melanjutkan pendidikan tinggi para lulusan.

Namun, pembagiannya tidak bisa asal-asalan. ”Tetap ada SOP-nya sebab ini dokumen penting,” ujar Umar.

Dinas Dikbud NTB saat ini sedang menyelesaikan pembuatan nomor seri ijazah. Acuannya, nama siswa yang lulus dan seri sekolah. Langkah ini sebagai cara mengontrol penggunaan ijazah tersebut. Karena praktik di lapangan, ditengarai banyak oknum yang menyalahgunakan dokumen ini.

”Jadi, saat pemerintah sudah menentukan siswa dapat nomor seri sendiri, sekolah dilarang mengubahnya. Itu tidak boleh. Harus ikut aturan,” tegas dia.

Tak lupa dirinya mengingatkan kepala sekolah berhati-hati saat pengisian. Karena cadangan ijazah hanya lima persen, proses pengisian pada lembar belakang harus tepat.

”Penulisannya menyangkut tentang mata pelajaran, nilai dan karena ini di print, jadi harus hati-hati,” tandas Umar.

Kepala SMKN 5 Mataram H Istiqlal menjelaskan, pihaknya juga mengantisipasi potensi kesalahan. Agar penulisan isi ijazah lebih terarah dan meminimalisir kesalahan akan dibentuk tim.

”Karena cadangan ijazah sedikit,” ujarnya. (yun/r9)

 

- advertisement mobile-

Berita Terbaru

Bansos NTB Segera Disalurkan, Satu Keluarga Dapat 15 Kilogram Beras

Beras bagi keluarga penerima Program Keluarga Harapan (PKH) Kemensos segera didistribusikan. Masing-masing keluarga akan menerima 15 kilogram selama tiga bulan. ”Hasil koordinasi dengan Bulog, kami harus segera menyiapkan data penerima, mereka menyiapkan beras,” kata Kepala Bidang Perlindungan dan Jaminan Sosial (Jamsos), Dinas Sosial NTB Kukuh Atmadi, Senin (10/8).

Kemarau Tiba, NTB Siaga Darurat Bencana Kekeringan

MATARAM-Pemprov NTB menetapkan status siaga darurat bencana kekeriangan. Status tersebut berlaku 14 Juli hingga 31 November 2020. ”Pak gubernur sudah teken SK siaga darurat hari Rabu, minggu lalu,” kata Plt Kepala Pelaksana BPBD NTB H Ahmadi, Senin (10/8).

Bawa Ganja Tukang Parkir Tertangkap di Puskesmas Batulayar

Terduga pengedar ganja berinisial SAP alias Adi dibekuk Ditresnarkoba Polda NTB, Minggu sore (9/8). Pria yang kesehariannya menjadi tukang parkir itu diduga jual narkoba.

Polda NTB – KPU Koordinasi Pengamanan Pilkada Serentak 2020

Polda NTB berupaya menjaga stabilitas keamanan daerah menjelang Pilkada Serentak 2020. “Kita sudah diskusi dengan KPU (Komisi Pemilihan Umum) membahas persiapan-persiapan menjelang Pilkada serentak, 9 Desember mendatang,” kata Kapolda NTB Irjen Pol Muhammad Iqbal usai silaturahmi dan diskusi di kantor KPU NTB, Senin (10/8).

VIDEO : Dua Kali Masuk Bui, Papuk Jon Kembali Ditangkap Polisi

Sorang pria berinsial MB alias Papuk Jon tak juga kapok. Meski usia sudah memasuk 58 tahun, Papuk Jon masih saja mencuri. ”Kakek ini residivis. Sudah dua kali masuk penjara. Kasus sebelumnya juga mencuri,” kata Kapolsek Cakranegara AKP Zaky Maghfur, Senin malam (9/8).

Kapal Tenggelam di Tarakan, Satu Polisi Asal Lombok Tengah Meninggal

Kabar duka datang dari Ditpolairud Polda NTB. Satu anggotanya yang sedang bawah kendali operasi (BKO) di Ditpolairud Polda Kalimantan Utara (Kaltara) meninggal dunia.

Paling Sering Dibaca

Karyawan Swasta Gaji di Bawah 5 Juta Bakal Dapat Bansos Rp 600 Ribu

KONSUMSI masyarakat yang rendah membuat pemerintah memutar otak mencari solusi. Kepala Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Febrio Kacaribu menuturkan, pemerintah tengah memfinalisasi pemberian bansos bagi karyawan non PNS dan BUMN senilai Rp 600 ribu per bulan.

Perubahan Sosial di Era Pandemi

KEHADIRAN pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) telah mengubah tatanan dunia dalam waktu singkat. Barangkali juga tidak ada yang pernah membayangkan bahwa pandemi ini akan menyebabkan derita kemanusiaan yang begitu mendalam. Bahkan dalam waktu yang tidak lama, pandemi ini telah menyebar secara cepat dalam skala luas dan menimbulkan banyak korban jiwa.

Cucu Bupati Pertama Loteng Siap Mengabdi untuk Lombok Tengah

Menjadi satu-satu sosok perempuan, Hj Lale Prayatni percaya diri maju menjadi calon bupati Lombok Tengah. Birokrat perempuan ini ingin membawa perubahan bagi Lombok Tengah ke arah lebih baik. ”Saya terpanggil untuk mengabdi di kampung halaman saya,” kata Hj Lale Prayatni, Minggu (9/8).

Digerebek Polisi, Doyok dan Tutik Gagal Nyabu di Karang Bagu

Terduga pengedar sabu berinisial H alias Doyok ditangkap tim khusus (Timsus) Ditresnarkoba Polda NTB. Dia diringkus bersama seorang perempuan berinisial HT alias Tutik, Jumat sore (7/8) lalu.

Lale Sileng Pilih Yusuf Saleh Sebagai Wakil di Pilbup Loteng

Lale Prayatni memutuskan untuk menggandeng HM Yusuf Saleh. “Ya,” kata Lale singkat saat dihubungi, Minggu (9/8).
Enable Notifications.    Ok No thanks