alexametrics
Sabtu, 15 Agustus 2020
Sabtu, 15 Agustus 2020

SMA di NTB Pilih Terapkan MPLS Daring, Manfaatnya Banyak

KOTA BIMA-Kegiatan MPLS jenjang SMA masih terus berlangsung. Selain tatap muka, sejumlah sekolah juga memanfaatkan pelaksanaannya menggunakan metode daring.

”Kami full daring,” kata Kepala SMAN 1 Kota Bima Dedy Rosadi, pada Lombok Post, Selasa (21/7/2020).

Daring dipilih karena pihaknya tidak ingin gegabah. Mereka bertekad secara patuh menjalankan surat edaran Gubernur NTB dan instruksi Dinas Dikbud NTB, supaya sekolah lebih mengoptimalkan layanan daring.

”Kami terus mengasah kemampuan, supaya lebih bisa beradaptasi juga dengan era digital,” tegasnya.

Tercatat 320 siswa kelas X mengikuti MPLS daring. Kegiatan berlangsung selama tiga hari, dari 20-22 Juli. Hari pertama diikuti 86 siswa dan hari kedua 65 siswa. ”Sisanya akan mengikuti hari Rabu (hari ini,Red),” ujarnya.

Selama MPLS daring, SMAN 1 Kota Bima memanfaatkan sejumlah aplikasi. Mereka mengkombinasikan layanan zoom meeting dan google classroomZoom meeting sebagai media video conference untuk menyapa dan menyampaikan materi secara lisan. Sedangkan pengiriman materi secara tertulis menggunakan aplikasi google classrom.

Materi yang disampaikan sesuai inti dari MPLS. Pengenalan lingkungan sekolah, guru dan para staff serta yang paling penting, pengumuman terkait kelanjutan pembelajaran BDR tahap II.

”Pelaksanaannya pun berdurasi 1-1,5 jam ya, pada siang hari, karena pagi hari, guru-guru kami memantau jalannya BDR bagi kelas XI dan XII, biar jalan bersama,” terang Dedy.

Dirinya mengatakan, penggunaan media daring berjalan lancar. Selama pelaksanaan dua hari, tidak ada kendala yang berarti. Lantaran semua siswa kelas X bisa mengakses situs resmi sekolah, untuk mendapatkan informasi MPLS daring tersebut.

”Sangat efektif ya,” tegasnya.

Selain itu, kekhawatiran tentang pemilihan peminatan juga tidak menjadi kendala berarti bagi sekolah. SMAN 1 Kota Bima sudah memfasilitasi siswa dalam hal memilih peminatan. Apakah IPS, Bahasa, dan IPA, dilakukan pada pelaksanaan PPDB.

Polanya dengan memperhatikan nilai rapor dan nilai di Surat Keterangan Lulus (SKL). ”Makanya kita siap MPLS daring, karena kami sudah jauh-jauh hari prepare,” tandas Dedy.

Terpisah, Kepala SMAN 1 Jonggat Lombok Tengah Dian Iskandar Jaelani mengatakan, pihaknya juga menggunakan media daring, untuk kegiatan MPLS.

”Kami melaksanakannya selama tiga hari, dari 21-23 Juli,” ujarnya.

Sebanyak 360 siswa kelas X mengikuti MPLS daring. Untuk kegiatan ini, SMAN 1 Jonggat memanfaatkan kanal Youtube. Sekolah mempersiapkan rekaman video, dari berbagai narasumber yang disesuaikan dengan materi MPLS. Dinas Dikbud NTB, TNI, BNN, tak ketinggalan Polri. Termasuk dari dinas kesehatan karena ada materi tentang sosialisasi pencegahan penyebaran pandemi.

”Kalau dari sekolah, kami sudah siapkan video baik dari pengenalan lingkungan, guru dan staff sampai materi kurikulum, sudah kami rangkum dalam video,” kata dia.

Iskandar menyebut, penerapan MPLS daring sangat efektif dari segi waktu. Yang paling penting adalah keselamatan dan keamanan siswa baru benar-benar diperhatikan.

”Lebih aman persoalan di lapangan dan secara aturan kita ingin patuh, lagi pula kami juga di dukung fasilitas dan SDM memadai,” tegasnya.

Siswa diarahkan mengisi daftar hadir melalui grup WA masing-masing kelas. Mereka harus menulis dikolom komentar dengan menyatakan kehadirannya.

”Kami juga sudah memetakan peminatan anak-anak, karena itu kami sudah siap menggelar MPLS daring,” tandas Iskandar.

Kepala Seksi Kurikulum Bidang Pembinaan SMA Dinas Dikbud NTB Purni Susanto mengatakan, MPLS daring sangat bagus. Bahkan sama sekali tidak mengurangi esensi dari pengenalan lingkungan sekolah itu sendiri.

”Ini juga memberi kesan positif bagi guru, karena merasakan nuansa MPLS yang berbeda dari biasanya,” ujar dia. (yun/r9)

 

 

- advertisement mobile-

Berita Terbaru

Syamsul Luthfi Resmi Jabat Ketua PD NW Lotim

Ketua Umum PD NW Lotim HM Syamsul Luthfi mengatakan, siap menjalankan amanah ini dengan sebaik-baiknya. Untuk itu dia berharap seluruh pengurus PD NW Lotim dan warga NW tetap kompak. "Karena tantangan kita ke depan semakin berat," tegasnya.

Astra Motor Gelar Kompetisi untuk Siswa SMA Sederajat

“Pelaksanaan AHMBS tahun ini sudah memasuki penyelenggaraan ke-18 dengan mengusung tema "Satu Hati Menuju Indonesia Maju” ujar Kepala Wilayah Astra Motor NTB Budi Yanto.

Pandai Besi, Penyelamat Ekonomi Rarang saat Pandemi

EKONOMI Warga Desa Rarang, Kecamatan Terara, Lombok Timur tak meredup, meski pandemi Covid-19 masih berlangsung. Keberadaan pandai besi yang ditekuni warga setempat menjadi musababnya.

Desa Medana Buka Destinasi Wisata dengan Protokol Kesehatan Ketat

Dunia pariwisata memang lesu di tengah pandemi. Tapi tidak bagi Desa Medana, Kecamatan Tanjung, Lombok Utara. Tiga destinasi wisata di desa ini justru berkibar. Ada jurus jitu membuka destinasi wisata meski pandemi tengah mendera.

51.200 Pekerja NTB Masuk Daftar Penerima Bantuan Tambahan Penghasilan

Perusahaan di NTB harus bertanggungjawab. Mereka harus memastikan pekerja dengan upah di bawah Rp 5 juta mendapatkan bantuan tambahan penghasilan dari pemerintah. Sebab, hingga kemarin, di NTB, belum semua pekerja masuk daftar penerima bantuan.

Waspada Bahaya Klaster Covid 19 Baru di Sekolah

BARU beberapa hari sekolah dibuka, muncul klaster baru. Ketegasan pemerintah diharapkan banyak pihak. Sayangnya, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melempar tanggungjawab ke pemerintah daerah.

Paling Sering Dibaca

Perubahan Sosial di Era Pandemi

KEHADIRAN pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) telah mengubah tatanan dunia dalam waktu singkat. Barangkali juga tidak ada yang pernah membayangkan bahwa pandemi ini akan menyebabkan derita kemanusiaan yang begitu mendalam. Bahkan dalam waktu yang tidak lama, pandemi ini telah menyebar secara cepat dalam skala luas dan menimbulkan banyak korban jiwa.

Karyawan Swasta Gaji di Bawah 5 Juta Bakal Dapat Bansos Rp 600 Ribu

KONSUMSI masyarakat yang rendah membuat pemerintah memutar otak mencari solusi. Kepala Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Febrio Kacaribu menuturkan, pemerintah tengah memfinalisasi pemberian bansos bagi karyawan non PNS dan BUMN senilai Rp 600 ribu per bulan.

Bukan Bunuh Diri, Terungkap Mahasiswi Unram Dicekik Lalu Digantung

Misteri kematian mahasiswi Universitas Mataram (Unram), Linda Novitasari yang ditemukan meninggal di rumah BTN Royal Mataram, Jempong Baru, Kecamatan Sekarbela, Kota Mataram pada Sabtu (25/7) lalu akhirnya terkuak.

Ayo, Pekerja NTB Setor Nomor Rekening Dapat Bantuan Rp 600 Per Bulan

Para pekerja yang merupakan karyawan swasta di NTB tak boleh ketinggalan. Bagian Sumber Daya Manusia (HRD) di setiap perusahaan di NTB diingatkan agar proaktif menyetorkan rekening karyawan untuk mendapatkan bantuan Rp 600 ribu per bulan dari pemerintah.

Penggali Kubur LNS di Mataram Sakit, Arwah Minta Organ Dikembalikan

Penyidik telah melakukan otopsi terhadap jenazah Linda Novita Sari (LNS) maha siswi unram yang diduga jadi korban pembunuhan. Bagian tubuh LNS diambil dokter forensik untuk proses pemeriksaan.
Enable Notifications.    Ok No thanks