alexametrics
Rabu, 4 Agustus 2021
Rabu, 4 Agustus 2021

MAN 2 Mataram Beri Arahan untuk Peserta Didik Baru

MATARAM-Mengawali tahun ajaran baru 2021/2022, MAN 2 Mataram menggelar pertemuan virtual bersama siswa kelas X. Kegiatan mengangkat tema ”Salam Kenal Peserta Didik Baru”.

Kepala MAN 2 Mataram H Lalu Syauki berpesan agar peserta didik baru fokus dan serius mengikuti kegiatan. Termasuk mulai bersiap menerima materi dari guru melalui e-learning.

”Pembelajaran masa pandemi ini, menuntut kita juga beradaptasi dengan teknologi,” tegas dia, (21/7).

Tahun ini, MAN 2 Mataram menerima 428 siswa baru. Disebar ke 13 rombongan belajar (rombel). Rinciannya, delapan rombel peminatan IPA, tiga rombel peminatan IPS dan dua rombel untuk MAN PK (Pusat Keagamaan).

Wakil Kepala MAN 2 Mataram Bidang Akademik Lalu Ahmad Fahruddin memaparkan hal-hal yang berkaitan dengan pembelajaran. ”Fitur-fitur yang harus dipahami oleh seluruh peserta didik baru, mulai dari penggunaan username, password, dan mencoba untuk mengklik semua menu yang tersedia,” terangnya.

Wakil Kepala MAN 2 Mataram Bidang Kesiswaan Meci Karimah Kasipahu, menyampaikan tentang tata tertib madrasah hingga ikrar siswa. Termasuk ragam prestasi yang pernah diraih MAN 2 Mataram sejak awal tahun ini.

”Saat ini MAN 2 Mataram berhasil mengumpulkan 308 prestasi,” terang dia.

Wakil Kepala MAN 2 Mataram Bidang Sarana dan Prasarana H Lalu Purnamawirawan menjelaskan tentang aneka fasilitas di sana. ”Kita juga memiliki lapangan, musala, dan lain-lain semua sudah dipasangkan wifi, jadi siswa tidak perlu khawatir ketika ada tugas atau materi yang bersumber dari internet,” kata dia.

Tahun ini di MAN 2 Mataram, semua kegiatan pembelajaran akan berbasis digital, termasuk absensi atau daftar kehadiran. Absensi elektronik ini juga terkoneksi dengan orang tua.

Tahun ini MAN 2 Mataram sedang mempersiapkan untuk perpustakaan digital. ”Sehingga peserta didik akan meminjam buku dalam bentuk buku digital, yang bisa diakses melalui telepon genggam masing-masing. Dengan demikian, peserta didik bisa belajar dimana pun dan kapan pun,” ujarnya.

Wakil Kepala MAN 2 Mataram Bidang Humas Siti Rahmi menjelaskan perihal bidangnya yang merupakan ujung tombak dari sebuah lembaga.

”Peran humas menyampaikan atau mengkomunikasikan segala bentuk informasi tentang lembaga,” terangnya.

Wakil Kepala MAN 2 Mataram Bidang Keagamaan Muhrim memaparkan MANPK (Madrasah Aliyah Negeri Program Keagamaan).

MANPK di MAN 2 Mataram memiliki asrama untuk putra dan putri, memiliki ruang belajar memadai, hingga laboratorium keagamaan. ”Ini diberikan beasiswa sebesar 750 ribu per santri per bulan dari Kemenag RI. Saat ini jumlah santri MANPK yang baru yakni  sejumlah 48 santri,” jelas dia. (yun/r9/*)

 

Berita Terbaru

Paling Sering Dibaca

Enable Notifications    OK No thanks