alexametrics
Senin, 18 Januari 2021
Senin, 18 Januari 2021

Dosen Fisika Unram Gelar Pelatihan HOTS Daring

MATARAM-Tim dosen Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Mataram melaksanakan Program Pengabdian kepada Masyarakat (PKM). Mereka menggelar pelatihan penyelesaian soal-soal fisika berorientasi Higher-Order Thinking Skills (HOTS) pada siswa, Minggu (8/11/2020) lalu.

”Ini (pelatihan, Red) dalam rangka meningkatkan kualitas hasil pembelajaran siswa di tengah wabah Pandemi Covid-19,” kata Ni Nyoman Sri Putu Verawati, ketua tim dosen, kemarin (23/11).

Kegiatan PKM dilaksanakan di SMAK Kesuma Mataram, melibatkan 13 siswa kelas XII IPA. Tim dosen beranggotakan Hj Hairunnisyah Sahidu, Gunawan, Ahmad Busyairi, dan Jannatin Ardhuha.

Menurut Vera, sapaan Ni Nyoman Sri Putu Verawati, permasalahan terkait hasil belajar IPA selama ini yaitu kurangnya kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal-soal pada level tinggi. Soal yang membutuhkan keterampilan berpikir tingkat tinggi atau disebut HOTS.

”Hal ini berdasarkan evaluasi hasil belajar siswa pada mata pelajaran fisika dan juga wawancara dengan guru mata pelajaran fisika,” ujarnya.

Oleh karena itu, kegiatan PKM ini penting dilaksanakan. Siswa bisa terlatih dalam menyelesaikan soal-soal yang berorientasi keterampilan berpikir tingkat tinggi.

Kegiatan dilaksanaan secara daring guna mencegah potensi penularan Korona. Pihak sekolah memberi respons positif terhadap pelatihan tersebut.

Ahmad Sultoni Zikri, guru fisika di SMAK Kesuma menilai kegiatan ini sangat bermanfaat. Dalam momen pandemic, ini dapat menjadi suplemen pembelajaran bagi siswa. Mereka saat ini masih mengikuti pembelajaran dari rumah.

”Kami berharap kegiatan serupa dapat terus dilaksanakan di sekolah sebagai bentuk partisipasi pihak Unram mendukung program pembelajaran di sekolah,” ujarnya. (ida/r9/*)

 

 

 

 

Berita Terbaru

Enable Notifications   OK No thanks