Selasa, 31 Januari 2023
Selasa, 31 Januari 2023

Tahun 2023, Dikbudpora KLU Diguyur DAK Rp 37,8 Miliar

TANJUNG–Dinas Pendidikan Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Dikbudpora) KLU akan menerima Dana Alokasi Khusus (DAK) Rp 37,8 miliar tahun depan. Dana dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI ini diperoleh lantaran Data Pokok Pendidikan (Dapodik) KLU melampaui kategori baik.

”Dapodik kita sudah melampaui kategori baik, secara kumulatif dalam aplikasi KRESNA sudah ada Rp 37, 8 miliar,” ujar Kepala Dikbudpora KLU Adenan, Rabu (23/11).

Pihaknya sebenarnya berharap DAK yang diperoleh pada kisaran Rp 100 miliar. ”Tapi Alhamdulillah ada Rp 37,8 miliar dan sudah dapat lampu hijau,” sambungnya.

Secara umum, dalam Dapodik mencantumkan setidaknya lahan aset sekolah. Hal ini terkadang diabaikan. Dalam proses input Dapodik pun, luas lahan dan usulan kebutuhan sarana infrastruktur harus sesuai. Sebab jika tidak, usulan bisa saja ditolak. ”Pengalaman kemarin ada salah satu sekolah yang mengusulkan bangunan laboratorium, tapi karena tidak sesuai lahan akhirnya digeser ke sekolah dengan luasan lahan dan kebutuhan bangunan yang sama,” bebernya.

Baca Juga :  Proyek SPAM Pantai Selatan Lotim Masih Menunggu Kepastian DAK

Lebih lanjut, nominal DAK tahun 2023 ini tidak akan berubah, bahkan memiliki kelebihan. Yakni proyek dari dana ini bisa mulai dikerjakan tahun ini asalkan pejabat pembuat komitmen (PPK) telah siap. ”Kita bisa ekskusi meskipun belum ditetapkan di DPA, kuncinya ada di PPK yang sudah siap pengerjaannya, bisa dilaksanakan kegiatannya,” jelasnya.

”Dari Rp 37,8 miliar ini, Rp 1 miliar untuk kelengkapan sarana ITE seperti komputer atau laptop,” imbuhnya.

Untuk tahun ini, Dikbudpora KLU mengelola DAK Rp 29 miliar. Yakni Rp 16 miliar teralokasi pada kebutuhan fisik tingkat SD. Selebihnya dialokasikan di fasilitas pendidikan level SMP dan pengadaan lainnya.

Kendati demikian, jumlah gedung sekolah yang belum bisa ditangani pascagempa tahun ini kurang lebih 28 sekolah. ”Sisa 28 sekolah ini akan dicover melalui DAK 2023 nanti,” tandasnya. (fer/r9)

Baca Juga :  Dapat Anggaran dari Dewan, Tiga Sekolah Rusak di Loteng Segera Diperbaiki

 

Berita Terbaru

Paling Sering Dibaca

Enable Notifications OK No thanks