alexametrics
Senin, 15 Agustus 2022
Senin, 15 Agustus 2022

Dikbud NTB Ingatkan Rehabilitasi Sekolah, Pengerjaannya Jangan Lelet

MATARAM–Program rehabilitasi sekolah dari Dana Alokasi Khusus (DAK), untuk SMA masih berproses. ”Semuanya tetap jalan,” kata Kepala Bidang Pembinaan SMA Dinas Dikbud NTB H Muhammad Fauzan.

Tahun ini, sesuai Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 35/PMK.07/2020 pada 16 April lalu, status DAK fisik reguler untuk SMA, SMK dan PK-PLK bersifat tetap. DAK fisik bidang pendidikan merupakan salah satu upaya mewujudkan pemenuhan standar sarana dan prasarana belajar pada setiap satuan pendidikan. Acuannya, standar nasional pendidikan.

”Alokasi anggarannya mencapai Rp 39 miliar, untuk 56 unit dari 159 unit SMA negeri di NTB. Ada yang sifatnya rehabilitasi dan bangun ruang kelas baru (RKB),” ujarnya pada koran ini.

Baca Juga :  Pemerintah Lanjutkan Program Guru Magang SLB di SMK

Persoalannya, masih ditemukan sekolah yang lamban melaksanakan kegiatan tersebut. ”Jangan pas sudah dapat gini malah lama dikerjakan, harus dimanfaatkan dong kesempatan ini,” tegas Fuazan.

Pelaksanaan kegiatan DAK fisik bersifat swakelola. Artinya, kegiatan rehabilitasi atau pembangunan RKB, dilaksanakan oleh satuan pendidikan itu sendiri. Dirinya mengingatkan, jika sekolah tidak proaktif, akan berpengaruh pada proses pencairan tahap berikutnya.

Transfer dana DAK fisik, dilakukan secara bertahap. Setiap tahapan, pengelolaan dana, yang dilaksanakan pihak sekolah wajib membuat dan menyampaikan laporan pertanggungjawab kepada dinas. Hal itu untuk proses transfer tahapan berikutnya.

”Saya meminta sekolah harus bekerja cepat, kami akan terus melakukan pemantauan,” kata Fauzan.

Selain itu, penekanan kepada kepala sekolah, memanfaatkan anggaran sebesar itu dengan sebaik-baiknya. Jangan sampai ada penyalahgunaan atau penyimpangan. Agar tetap menunjukkan perkembangan, maka laporan pelaksanaan dilakukan setiap pekan.

Baca Juga :  DPRD Loteng Minta Pemkab Segera Perbaiki Sekolah-sekolah Rusak

”Ayo cepat diselesaikan agar bagus penyerapan anggaran kita,” tandasnya. (yun/r9)

 

Berita Terbaru

Paling Sering Dibaca

Enable Notifications    OK No thanks
/