alexametrics
Jumat, 12 Agustus 2022
Jumat, 12 Agustus 2022

LDT NTB Gelar ECCO Seminar dan Debat 2021

MATARAM-Lombok Debating Troops (LDT), forum debat NTB bekerja sama dengan Lembaga Trihitakarana (3HK), menggelar Environment and Climate Change Open (ECCO) Debate 2021.

”Kegiatan ini diadakan, dalam rangka memperingati Hari Bumi, pada tanggal 22-25 April,” tegas Ketua Panitia ECCO Seminar & Debate 2021 Walissa Tanaya Pramanasari, Selasa (27/4).

Pesertanya pelajar SMA dan mahasiswa NTB. Kegiatan ini turut disponsori oleh PIRE – The Polish Chamber of Electromobility Development, perusahaan Ekoenergetyka, Pemerintah Kujawsko Pomorskie Polandia, Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) Mataram, Istoria Language Services, Telu Craft, dan National Centre for Climate Change Polandia.

Tujuannya, memperkenalkan dan membangun kesadaran masyarakat terhadap pembangunan yang berkelanjutan. Serta elektromobilitas, dalam upaya melestarikan lingkungan.

”Karenanya, rangkaian acara dari kegiatan ECCO ini sendiri, berupa ECCO seminar yang diadakan tepat pada Hari Bumi Internasional, yang kami adakan 22 April lalu,” terangnya.
Sejumlah pembicara turut bergabung selama. Seperti Kepala National Centre for Climate Change Polandia Agnieszka Ragin, CEO PIRE – The Polish Chamber of Electromobility Development Krzysztof Burda, dan dari pihak STP Mataram Lia Rosida.

Baca Juga :  Dewan Pendidikan NTB: Penggunaan Dana BOS Harus Berorientasi Covid-19

”MC Acara adalah Iqbal Maulana dari LDT, dan moderator seminar adalah Yusran Hadi dari Undikma Mataram dan saya sendiri Walissa Tanaya Pramanasari,” ujar mahasiswi Indonesia yang sedang menempuh pendidikan S2 di Nicolaus Copernicus University Polandia ini.

ECCO juga mengadakan kompetisi debat bahasa Inggris, 23-25 April. Temanya, Promoting Global Climate Literacy through Critical Thinking, dengan semboyan green ideas for green solutions.

”Debat ini diikuti oleh 18 tim se-NTB,” jelasnya.

Juara pertama diraih oleh tim ”Jangan Lupa ALC” beranggotakan LM Jagad Al Ula, Rizka Abdi, dan Siti Salma Karami. Juara kedua, tim dari ”MEC A”, anggotanya Alifia Azalia Harsya Putri, Nabila Pandora Landriani, dan Iqbal Firdausi. Juara ketiga bersama diraih, tim

Baca Juga :  Orang Tua Jangan Paksakan Kehendak PT Maunya

“Mendezzs” anggotanya Zulkarnain, Roza Damayanti Almasus Puteri, Zafirah Haezah Hazrati dan tim “Last Resort” dengan anggota Farrel Yano Tonapa, Dave Gallen Ananto, Darren Cahya Wijaya.

Ada juga kategori pembicara terbaik. Juara pertama diraih Alifah Azzahra. Kedua M Iwan Suriadi dan ketiga Bi Asma Taroa Kasipahu.

”Melalui berbagai rangkaian kegiatan yang sudah kami gelar, harapannya tentu anak-anak muda di NTB bisa meningkatkan kesadaran tentang lingkungan dengan berpikir kritis,” pungkas Walissa.

Asisten I Setda NTB Hj Baiq Eva Nurcahyaningsih mengapresiasi kegiatan. ”Pendapat berupa ide dan saran dari peserta merupakan aspek penting dalam membangun kesadaran tentang lingkungan dan pembangunan keberlanjutan,” tegasnya. (yun/r9/*)

Berita Terbaru

Paling Sering Dibaca

Enable Notifications    OK No thanks
/