alexametrics
Kamis, 3 Desember 2020
Kamis, 3 Desember 2020

Hadapi Korona, Dosen UBG Kampanyekan PHBS

MATARAM-Dosen Program Studi Farmasi Fakultas Kesehatan Universitas Bumigora (UBG) melaksanakan program pengabdian kepada masyarakat (PKM), di Desa Penujak, Lombok Tengah, Jumat (25/9/2020). Tim diketuai Recta Olivia Umboro dengan anggota Fitri Apriliany dan Vera Fitriya Ersalena.

”Corona virus masih benar-benar ada di sekitar kita. Pentingnya peran semua pihak untuk menerapkan pola hidup bersihdan sehat (PHBS) di tengah krisis kesehatan saat ini,” kata Recta mewakili para dosen.

Tema yang diangkat, ”Sosialiasi Hidup Bersih dan Sehat di tengah Pandemi Covid-19”. Masyarakat diajak menerapkan protokol kesehatan. Pihaknya juga mengimbau masyarakat tidak memberi stigma negatif terhadap pasien Covid-19. Selalu bersikap terbuka dalam memberikan atau menerima informasi yang valid.

”Hari ini (Jumat, 25/9) bertepatan dengan The World Pharmacists Day,” tandasnya.

Peserta sosialisasi didominasi para ibu rumah tangga yang merupakan kader PKK dan Posyandu. Ada juga pemuda desa dan beberapa mahasiswa. Para peserta juga dilatih membuat hand sanitizer dan disinfektan.

”Penggunaan disinfektan ini hanya digunakan pada permukaan benda, tidak untuk disemprotkan ke tubuh manusia karena berisiko terhadap kesehatan manusia,” paparnya.

Rangkaian kegiatan ini mendapat respons positif peserta. ”Kegiatan sosial yang dirangkaikan dengan pelatihan seperti ini pertama kali di desa kami. Saya sangat antusias mendapat pelatihan,” ungkap Erna, salah satu peserta.

Acara ditutup dengan memberikan cendera mata kepada kades dan para peserta. ”Kami ucapkan terima kasih dan apresisi yang setinggi-tingginya,” ujar Fitri Apriliany yang memandu acara.

Tim Dosen menaruh harapan kegiatan serupa dapat terus dilaksanakan secara berkelanjutan. Program Studi Farmasi UBG dapat menjalin kerja sama, misalnya dengan menjadikan Desa Penujak sebagai salah satu desa binaan dalam rangkaian kegiatan PKM selanjutnya.

”Kami sangat berterima kasih kepada tim dosen yang telah berkenan melaksanakan sosialisasi. Kegiatan pengabdian seperti ini merupakan pertama kali dilakukan di Kantor Desa Penujak,” sambutan Lalu Suharto, kades setempat. (ida/r9/*)

 

- advertisement mobile-

Berita Terbaru

AirAsia Kenalkan Potensi Kerjasama dengan Hotel di NTB

”Dengannya platform ini mampu memudahkan jutaan pelanggan AirAsia mengakses penawaran harga terbaik paket penerbangan dan hotel di Lombok,” ujar Direktur Utama AirAsia Indonesia Veranita Yosephine Sinaga.

PGRI NTB Dorong Pemda Usulkan PPPK Dalam Jumlah Maksimal

”Misalnya Mataram, ada kuota seribu peserta, ya usulkan saja sebanyak dua ribu,” sarannya.

Debat Pamungkas, BARU Sindir SALAM Takut Pajang Logo PDI Perjuangan

Debat terakhir pasangan calon wali kota dan wali kota Mataram telah berakhir Senin (30/12) lalu. Seluruh paslon telah menyampaikan visi misi dan program kerja jika mereka terpilih memimpin Mataram di periode mendatang.

Efek Korona, SMK di NTB Belum Boleh Gelar Prakerin

”Sampai sekarang, kami masih melarang kegiatan itu,” kata Kepala Seksi Peserta Didik Bidang Pembinaan SMK Dinas Dikbud NTB H Makbullah, pada Lombok Post, Rabu (2/12/2020).

Korporasi Indonesia Memburu Inovasi dan Kolaborasi dengan Startups Singapura

JAKARTA– Pandemi mendorong perusahaan Indonesia memburu inovasi, solusi teknologi, dan pasar baru melalui kolaborasi, termasuk dengan mitra regional perusahaan Singapura melalui Enterprise Singapore. Korporasi Indonesia fokus berinvestasi dalam teknologi dan solusi inovatif di sejumlah sektor semisal konstruksi, keuangan dan kesehatan.

Unram Kukuhkan Tiga Guru Besar

”Jabatan profesor memiliki tanggung jawab yang besar karena merupakan ujung tombak untuk melakukan riset-riset dan inovasi,” katanya.

Paling Sering Dibaca

Perubahan Sosial di Era Pandemi

KEHADIRAN pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) telah mengubah tatanan dunia dalam waktu singkat. Barangkali juga tidak ada yang pernah membayangkan bahwa pandemi ini akan menyebabkan derita kemanusiaan yang begitu mendalam. Bahkan dalam waktu yang tidak lama, pandemi ini telah menyebar secara cepat dalam skala luas dan menimbulkan banyak korban jiwa.

Debat Pamungkas, BARU Sindir SALAM Takut Pajang Logo PDI Perjuangan

Debat terakhir pasangan calon wali kota dan wali kota Mataram telah berakhir Senin (30/12) lalu. Seluruh paslon telah menyampaikan visi misi dan program kerja jika mereka terpilih memimpin Mataram di periode mendatang.

Perkembangan Bahasa Indonesia sebagai Pemersatu Bangsa

Kongres pemuda kedua pada 28 Oktober 1928 menyatakan pengakuan terhadap tumpah darah yang satu, tanah air indonesia; satu bangsa, bangsa Indonesia; dan menjunjung bahasa...

Selamat! Ini Pemenang Simpedes BRI Periode 1 Tahun 2020

”Mudah-mudahan dengan acara ini, nasabah BRI semakin loyal, semakin berkembang, dan semakin semarak bertransaksi,” tuturnya.

Bantuan Subsidi Upah, Guru Honorer dapat Rp1,8 Juta

Pemerintah memperluas sasaran penerima Bantuan Subsidi Upah (BSU). Kali ini, giliran tenaga pendidik dan guru non-PNS yang akan mendapat bantuan hibah sebesar Rp 1,8 juta. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim menyebutkan, bantuan ini diharapkan mampu meningkatkan kemampuan ekonomi para dosen, guru, dan tenaga kependidikan non-PNS yang selama ini ikut terdampak pandemi COVID-19.
Enable Notifications    OK No thanks