alexametrics
Jumat, 4 Desember 2020
Jumat, 4 Desember 2020

Selamat, Tim Debat Bahasa Inggris NTB Juara 3 Nasional!

MATARAM-Prestasi ditorehkan tim debat bahasa Inggris NTB. Mereka keluar sebagai juara tiga nasional, dalam National Student Debating Championship (NSDC), yang digelar oleh Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) Kemendikbud RI.

Anggota tim terdiri dari Ni Putu Amasya Chikita Rivanny siswi kelas XII SMA Katolik Kesuma Mataram, Muhammad Kukuh Wahyudi Satriawan, siswa kelas XI MAN 2 Mataram, dan Rukmanggana Satya Pratiwi, siswa kelas XII SMAN 1 Mataram.

”Benar-benar kerja keras luar biasa,” ujar Rukmanggana Satya Pratiwi.

Persiapan sudah dilakukan selama dua bulan, usai ketiganya terpilih mewakili NTB dalam lomba tersebut.

”Berbagai kendala ya, mulai dari sinyal sampai latihan berbicara di depan kamera,” ujarnya terkait persoalan yang dihadapi.

Selain Covid-19, berbagai isu dunia yang menjadi pembahasan dipelajari.

”Ada pembahasan tentang feminis, politik Amerika Serikat, dan masih banyak lagi,” jelas dia.

Selain mendapat juara tiga nasional, Rukmanggana Satya Pratiwi juga berada di peringkat 13 individu. Ia akan mengikuti seleksi World School Debating Championship (WSDC) 2021 di Macau. ”Aku juga lagi persiapan untuk itu,” pungkasnya seraya meminta doa.

Pelatih dari Lombok Debating Troops (LDT) Yusran Hadi menjelaskan, masing-masing materi yang dibahas memiliki pelatih. ”Kami bisa katakan, tahun ini persiapannya benar-benar dilakukan secara matang, misalnya materi debat tentang ekonomi, kami siapkan pelatihnya,” jelas dia.

Pandemi Covid-19 mengubah pola latihan. Dari langsung menjadi daring. Meski begitu, siswa dan pelatih tetap bersemangat. ”Kami juga ada training center, kerja sama dengan Dinas Dikbud NTB dan sekolah untuk mempersiapkan anak-anak ini,” terangnya.

Juara tiga nasional melampaui target dan merupakan pencapaian tertinggi NTB. ”Tujuh tahun tidak lolos 16 besar, kita selalu gugur di pra-eleminary dan sekarang kita di tiga besar nasional, kami pelatih sangat bangga,” tegas dia.

Kepala Seksi Peserta Didik dan Kelembagaan Bidang Pembinaan SMA Dinas Dikbud NTB Aryanti Dwiyani turut mengucap syukur. ”Apresiasi luar biasa bagi tim NSDC NTB atas capaiannya,” kata dia.

Pembina MAN 2 Mataram English Club (MEC) Fina Karismayanti berpesan, jangan pernah merasa puas. ”Latihan, latihan, dan belajar terus, untuk mengasah lebih banyak lagi kemampuan,” ujarnya. (yun/r9)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

- advertisement mobile-

Berita Terbaru

Bupati Sumbawa Barat Positif Terjangkit Virus Korona

Bupati Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) HW. Musyafirin terkonfirmasi positif covid-19. Pria yang kini kembali mencalonkan diri sebagai Bupati tersebut sedang menjalani isolasi mandiri di rumah sakit Harapan Keluarga, Kota Mataram.

Cegah Penyebaran Covid-19, Satgas Terus Tingkatkan Testing dan Tracing

Satgas penanganan Covid-19 mengklaim, 11 provinsi sudah mencapai target testing Covid-19 sesuai dengan standar Badan Kesehatan Dunia WHO yaitu 1:1.000 penduduk per minggu.

Tahun 2020, 1.460 PMI Asal NTB Dideportasi

”Karena non prosedural. Ada yang sudah habis masa kontrak tapi masih berada di sana. Ada yang sejak berangkat sudah ilegal,” kata Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) NTB Hj Wismaningsih Drajadiah.

Pengamat : BARU Ungguli Semua Debat

“Dan saya lihat Baihaqi, mampu tampil konsisten sejak di debat pertama sampai terakhir kemarin, saya kira semua yang berpikir jernih akan melihat keunggulannya,” tekannya.

Hibah Pariwisata Cair, Hotel di NTB Gunakan untuk Operasional

”Karyawan yang dirumahkan juga bisa dipanggil kembali. Terakhir, maintenance,” kata I Gusti Lanang Patra, ketua kehormatan dan penasehat Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) NTB.

Kurang Sehat, Siswa di SMPN 1 Praya Dilarang Masuk

“Prinsipnya, kita tidak boleh lengah. Kita tetap memperketat penerapan protokol kesehatan,” papar Majri.

Paling Sering Dibaca

Perubahan Sosial di Era Pandemi

KEHADIRAN pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) telah mengubah tatanan dunia dalam waktu singkat. Barangkali juga tidak ada yang pernah membayangkan bahwa pandemi ini akan menyebabkan derita kemanusiaan yang begitu mendalam. Bahkan dalam waktu yang tidak lama, pandemi ini telah menyebar secara cepat dalam skala luas dan menimbulkan banyak korban jiwa.

Debat Pamungkas, BARU Sindir SALAM Takut Pajang Logo PDI Perjuangan

Debat terakhir pasangan calon wali kota dan wali kota Mataram telah berakhir Senin (30/12) lalu. Seluruh paslon telah menyampaikan visi misi dan program kerja jika mereka terpilih memimpin Mataram di periode mendatang.

Perkembangan Bahasa Indonesia sebagai Pemersatu Bangsa

Kongres pemuda kedua pada 28 Oktober 1928 menyatakan pengakuan terhadap tumpah darah yang satu, tanah air indonesia; satu bangsa, bangsa Indonesia; dan menjunjung bahasa...

Selamat! Ini Pemenang Simpedes BRI Periode 1 Tahun 2020

”Mudah-mudahan dengan acara ini, nasabah BRI semakin loyal, semakin berkembang, dan semakin semarak bertransaksi,” tuturnya.

Akta Kelahiran Anak Kini Bisa Dibuat tanpa Buku Nikah

Akta kelahiran anak kini bisa dibuat tanpa melampirkan buku nikah atau akta nikah orang tua. “Sekarang ada namanya SPTJM (Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak) pernikahan sebagai syarat buat akta kelahiran,” kata Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kota Mataram Chairul Anwar.
Enable Notifications    OK No thanks