alexametrics
Senin, 18 Januari 2021
Senin, 18 Januari 2021

Guru Honorer Ikut BPJS Ketenagakerjaan, Dikbud Lobar Masih Berhitung

GIRI MENANG-Dinas Dikbud Lombok Barat (Lobar) mulai menindaklanjuti perintah mendaftarkan guru non PNS sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan. ”Iya, kami telah menerima arahan dari Pak bupati dan sedang kami tindak lanjuti,” kata Sekretaris Dinas Dikbud Lobar Khairuddin, pada Lombok Post, Minggu (29/11/2020).

Pihaknya saat ini, masih merumuskan segala hal yang terkait kebijakan tersebut. ”Kami juga sudah menjalin komunikasi dan koordinasi dengan pemda,” ujarnya.

Yang paling krusial dikoordinasikan, mengenai sumber anggaran. ”Apakah ditangani melalui dana APBD atau kalau ada ruang di dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS). Kalau ada ruang yang bisa, ini yang kami manfaatkan,” tegas dia.

Pihaknya juga sedang memastikan sasaran yang menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan. ”Data sementara yang kami himpun, ada lebih dari 3.200 guru honorer di Lobar,” terangnya.

Mereka terbagi dalam jenis guru honorer murni dan guru kontrak atau Guru Tetap Daerah (GTD). ”Ini tersebar di seluruh satuan pendidikan negeri dan swasta,” jelasnya.

Dirinya belum bisa memastikan anggaran yang dibutuhkan terkait kebijakan ini. ”Berapa jumlah biaya per peserta, belum bisa saya pastikan, tetapi kami terus berusaha, agar anggaran yang ada, bisa kita maksimalkan pemanfaatannya,” ujar Khairuddin.

Pemkab Lobar sudah melakukan penandatanganan MoU atau kerjasama dengan BPJS ketenagakerjaan. Kebijakan ini tentunya menjadi angin segar bagi guru honorer. ”Pemda harus ada di sisi teman-teman guru, memberikan jaminan perlindungan itu,” pungkasnya.

Terpisah, Ketua PGRI Lobar Tajuddin menyambut baik hal itu. ”Kami sangat bersyukur, teman-teman guru non PNS diperhatikan,” kata dia.

Pihaknya juga menjalin koordinasi untuk menindaklanjuti kebijakan tersebut. ”Supaya segera kita pastikan, guru honorer ini bisa ikut kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan,” jelasnya. (yun/r9)

 

 

 

 

 

 

Berita Terbaru

Enable Notifications   OK No thanks