alexametrics
Kamis, 13 Mei 2021
Kamis, 13 Mei 2021

PAW DPRD NTB: Bukan Chika, PAN Usulkan Sukrin

MATARAM-PAN akhirnya mengusulkan nama Sukrin HT sebagai pengganti Ady Mahyudi di DPRD NTB yang melakukan Pergantian Antar Waktu (PAW) saat mengundurkan diri ketika maju dalam Pilgub Bima 2020.

“Yang diusulkan Pak Sukrin, usulan masuk sekitar dua hari yang lalu,” kata Sekretaris DPRD NTB H Muhammad Mahdi, Senin (3/5/2021).

Masuknya nama Sukrin cukup mengejutkan. Mengingat sebelumnya nama yang diprediksi kuat menggantikan Ady Mahyudi adalah Ika Rizki Veryani.

Wanita yang akrab disapa Chika itu menjadi kandidat kuat pengganti Ady, karena berada di urutan kedua peraih suara terbanyak pada Pileg 2019 di bawah Ady Mahyudi untuk Caleg PAN Dapil 6 (Bima, Kota Bima, dan Dompu).

Hal ini sesuai pasal 242 ayat 1 UU MD3 diatur sebagai berikut, “Anggota DPR yang berhenti antar waktu sebagaimana dimaksud pasal 239 ayat (1) dan pasal 240 ayat (1) digantikan oleh calon anggota DPR yang memperoleh suara terbanyak urutan berikutnya dalam daftar peringkat perolehan suara dari partai politik yang sama pada daerah pemilihan yang sama.”

Tetapi rupanya Chika disalip Sukrin yang berada di urutan ke tiga peraih suara terbanyak. Dalam surat PAN yang diusulkan adalah Syukrin. Apa alasannya?

“Kalau yang saya baca di surat itu dikatakan peraih suara kedua (Chika, Red) sudah pindah partai,” jelasnya.

Langkah selanjutnya, DPRD NTB telah bersurat pada KPU NTB untuk mengonfirmasi kelayakan administrasi Sukrin HT sebagai pengganti Ady Mahyudi.

“Selanjutnya kita menunggu jawaban KPU,” imbuhnya.

Perkiraan Mahdi, jawaban dari KPU akan segera diterima dalam rentang waktu 2-3 hari ke depan. Apakah Sukrin HT memenuhi kualifikasi sebagai pengganti Ady atau tidak.

Terpisah, Ketua DPW PAN NTB H Muazzim Akbar mengatakan, belum bisa menjamin Syukrin HT sudah final berhak menggantikan Ady sekalipun namanya telah diusulkan.

“Belum (masih proses pengusulan),” katanya.

Kepastian baru bisa diambil begitu Surat Keputusan (SK) terbit. “Tunggu Kemendagri saja,” ujarnya.

Sekadar untuk diketahui, Sukrin merupakan mantan Anggota DPRD Bima dua periode. Pada Pileg 2019, Syukrin maju sebagai Caleg PAN di Dapil 6 dan meraih suara terbanyak ketiga setelah di posisi pertama Ady dan posisi kedua Chika.

Di kepengurusan DPW PAN NTB periode 2021-2026 Syukrin duduk di posisi Ketua Badan Pengembangan Organisasi dan Keanggotaan. (zad/r2)

 

 

Berita Terbaru

Paling Sering Dibaca

Enable Notifications    OK No thanks