alexametrics
Senin, 28 September 2020
Senin, 28 September 2020

Partai Demokrat Belum Ambil Langkah Terkait Penangkapan Andi Arief

PARTAI Demokrat menjadi pihak yang sangat terpukul dengan penangkapan Andi Arief. Namun, partai yang diketuai Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) itu belum mengambil langkah apa pun terkait kasus yang menjerat wakil sekretaris jenderal (Wasekjen) itu. Mereka ingin mendengar langsung keterangan dari Andi.

Ketua Divisi Hukum dan Advokasi DPP Partai Demokrat Ferdinand Hutahaean mengatakan, pihaknya sangat kaget dengan peristiwa yang menimpa salah kader terbaik partai. “Karena sepengetahuan kami, saudara AA (Andi Arief) tidak bermasalah dan bersingungan dengan narkoba,” terang dia saat konferensi pers di kantor DPP Partai Demokrat Jalan Proklamasi, Jakarta kemarin (4/3). Menurut dia, Andi merupakan kader yang memberikan kontribusi dan dedikasi cukup besar kepada partai.

                Ferdinand menerangkan, pihaknya mengikuti dan memantau perkembangan kasus itu dari detik ke detik dan dari jam ke jam. Polisi juga sudah menggelar konferensi peres terkait kasus penyalahgunaan narkoba yang dilakukan Andi. Namun, partainya belum mendengar secara langsung keterangan dari Andi. Tentu, pihaknya ingin mendengarkan keterangan dari Andi sendiri bagaimana peristiwa itu terjadi.

                Dia menegaskan bahwa partainya sangat menyesalkan kejadian yang menimpa kadernya. Menurutnya, partainya tidak akan memberikan toleransi dan kompromi kepada siapa pun yang melakukan penyalahgunaan narkoba.

                Terkait langkah yang akan ditempuh Partai Demokrat, Ferdinand mengatakan, pihaknya masih akan mendalaminya. Dia belum bisa menyampaikan langkah-langkah apa saja yang akan ditempuh. Kasus itu sangat sensitif, sehingga membutuhkan kajian mendalam. “Mohon pengertian bersabar menunggu. Jadi, terkait masalah hukum yang dihadari saudara AA akan disampaikan berikutnya,” urainya.

                Ferdinand mengatakan, pihaknya masih menunggu Sekjen Partai Demokrat Hinca Pandjaitan yang sekarang masih di daerah pemilihan (Dapil) Sumatera Utara. Hari ini Hinca baru akan kembali ke Jakarta. Masalah hukum itu akan dibahas dengan sekjen dan jajaran pengurus lainnya.

                Jadi, soal langkah hukum dan kode etik masih akan dibahas di internal partai. Terkait pendampingan hukum untuk Andi, Ferdinand memgatakan, partainya juga akan berbicara terlebih dahulu dengan Andi. “Kami mohon waktu untuk mendalaminya lebih jauh supaya nanti tidak terjadi salah penyampaian atau salah persepsi yang bisa membuat semua menjadi salah paham,” ungkapnya.

                Terpisah, Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Sandi merasa prihatin dengan kasus yang dialami Andi. Direktur Advokasi dan Hukum BPN Prabowo-Sandi, Sufmi Dasco Ahmad mengaku kaget mendengar kabar itu. “Atas penangkapan yang diduga saudara Andi Arief, kami menganggap sebagai musibah dan turut prihatin,” kata Dasco.

                Dasco menyatakan bahwa pihaknya akan mempertimbangkan bantuan hukum kepada Andi. Hal itu dilakukan setelah memastikan langkah hukum yang akan dilakukan Partai Demokrat. “Kami berharap pemeriksaan dilakukan profesional, berdasar azas praduga tidak bersalah,” ujarnya.

                Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi – Ma’ruf Amin, Abdul Kadir Karding mengatakan, kasus yang menimpa Andi Arief menunjukkan bahwa bahaya narkoba bisa mengancam artis, anak-anal hingga politisi.

                Politikus PKB itu meminta agar kasus Andi tidak dipolitisasi sebagi bentuk serangan terhadap oposisi. Dia yakin polisi akan bekerja secara profesional berdasarkan alat bukti yang ada. “Narkoba adalah musuh kita bersama, dan polisi punya tugas untuk menyelematkan bangsa ini dari kasus narkoba,” papar pria kelahiran Donggala itu.

                Karding bisa memahami bahwa ditangkapnya Andi dalam kasus narkoba menjadi pukulan serius bagi Partai Demokrat maupun kubu Prabowo – Sandi. Tentu, kata dia, sedikit banyak akan mempengaruhi citra maupun elektabilitas Partai Demokrat dan paslon 02. Menurut dia, selama ini Andi berperan sebagai influencer bagi Partai Demokrat dan kelompok oposisi yang selalu memojokkan kinerja pemerintah. Tapi, kata dia, bukan berarti pemerintah mesti disalahkan. Dia berharap, kubu paslon 02 bisa menerima hal tersebut sebagai kenyataan dan bahan introspeksi diri.

                Anggota DPR RI dari dapil Jateng itu menambahkan bahwa Pemerintahan Jokowi telah menunjukkan komitmen dalam upaya memerangi narkoba. Itu terlihat dari sikap tegas presiden yang menginstruksikan tembak di tempat bandar narkoba yang melawan hukum. Di bawah Pemerintahan Jokowi juga lah belasan narapidana narkoba kelas kakap dieksekusi mati. (lum/bay/JPG/r8)

- advertisement mobile-

Berita Terbaru

Belum Terima Bantuan Kuota, Siswa Diminta Lapor ke Sekolah

Bantuan subsidi kuota internet 2020 dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) resmi dikucurkan sejak Selasa (22/9). Kuota diberikan bertahap. Bila hingga batas waktu belum menerima, peserta didik dan pendidik dipersilahkan lapor.

Penataan Kawasan Wisata Senggigi Dimulai

Penataan kawasan wisata Senggigi direalisasikan Dinas Pariwisata (Dispar) Lombok Barat (Lobar). Sayang, dari tujuh proyek dalam perencanaan, hanya lima yang bisa dieksekusi.

LPPOM MUI NTB Target Sertifikasi Halal 125 Usaha Rampung Tahun Ini

”Rinciannya, dari Dinas Perindustrian NTB dan pusat sebanyak 75 usaha, serta Dinas Koperasi Lombok Barat sebanyak 50 usaha,” katanya, kepada Lombok Post, Rabu (23/9/2020).

Solusi BDR Daring, Sekolah Diminta Maksimalkan Peran Guru BK

Jika terkendala akses dan jaringan internet, layanan dilaksanakan dengan pola guru kunjung atau home visit. ”Di sanalah mereka akan bertemu dengan siswa, orang tua, keluarga. Apa permasalahan yang dihadapi, kemudiann dibantu memecahkan masalah,” pungkas Sugeng.

Subsidi Kuota Internet, Daerah Blank Spot di NTB Pertanyakan Manfaat

”Kalau jangkauan towernya luas, tentu ini sangat menunjang sekaligus mendukung pemanfaatan kebijakan pusat,” tandasnya.

Anugerah Pewarta Astra 2020 Kembali Digelar

Astra mengajak setiap anak bangsa untuk menebar inspirasi dengan mengikuti Anugerah Pewarta Astra 2020. ”Di NTB sendiri kami membina warga Kelurahan Dasan Cermen yang merupakan wilayah Kampung Berseri Astra. Harapannya, masyarakat dapat menggambarkan dukungan Astra untuk mewujudkan masyarakat Indonesia yang lebih optimis demi kemajuan dan kesejahteraan bangsa,” ujar Gusti Ayu.

Paling Sering Dibaca

Perubahan Sosial di Era Pandemi

KEHADIRAN pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) telah mengubah tatanan dunia dalam waktu singkat. Barangkali juga tidak ada yang pernah membayangkan bahwa pandemi ini akan menyebabkan derita kemanusiaan yang begitu mendalam. Bahkan dalam waktu yang tidak lama, pandemi ini telah menyebar secara cepat dalam skala luas dan menimbulkan banyak korban jiwa.

Bantuan Uang Tunai untuk Warga Terdampak Korona Diperpanjang Sampai Desember

JAKARTA–Pemerintah memutuskan untuk memperpanjang pemberian bansos. Awalnya, bansos hanya diberikan tiga bulan dari April sampai Juni, namun akhirnya diperpanjang hingga Desember 2020. Sehingga, total...

Karyawan Swasta Gaji di Bawah 5 Juta Bakal Dapat Bansos Rp 600 Ribu

KONSUMSI masyarakat yang rendah membuat pemerintah memutar otak mencari solusi. Kepala Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Febrio Kacaribu menuturkan, pemerintah tengah memfinalisasi pemberian bansos bagi karyawan non PNS dan BUMN senilai Rp 600 ribu per bulan.

Bantuan Presiden, Pedagang Kaki Lima Bakal Diberi Rp 2,4 Juta

Kucuran bantuan pemerintah dalam rangka stimulus ekonomi di tengah pandemi Covid-19 semakin beragam. Kemarin (19/8) sore di halaman tengah Istana Merdeka bersama sejumlah pedagang kecil, Presiden Joko Widodo (Jokowi) memperkenalkan Bantuan Presiden (Banpres) Produktif.

Trailer Film MOHAN Bikin Baper

Kreativitas sineas Kota Mataram terasa bergairah. Ditandai dengan garapan film bergenre drama romantic berjudul ‘Mohan’ yang disutradai Trish Pradana. Film yang direncanakan berdurasi sekitar 35 menit ini mengisahkan perjalanan asmara Wakil Wali Kota Mataram H Mohan Roliskan dengan istrinya Hj Kinastri Roliskana. Film Mohan dijadwalkan mulai tayang Bulan Oktober mendatang.
Enable Notifications    Ok No thanks