alexametrics
Minggu, 20 Juni 2021
Minggu, 20 Juni 2021

Partai Ummat Deklarasi, PAN NTB Merasa Tak Tersaingi

MATARAM-Secara resmi partai Ummat telah resmi dideklarasikan pada tanggal 30 April di tingkat nasional. Yang menarik seperti yang diketahui deklarator utamanya adalah Amin Rais. Tokoh reformasi yang juga pendiri Partai Amanat Nasional (PAN).

Menanggapi deklarasi itu, Ketua DPW PAN NTB H Muazzim Akbar mengungkapkan tak khawatir PAN berpeluang digembosi basisnya oleh Partai Ummat di NTB. “Nggak (khawatir),” katanya.

Sekalipun sejumlah deklarator lainnya merupakan mantan petinggi PAN. Namun mantan Anggota DPRD NTB itu mengamati perkembangan partai Ummat tidak banyak menarik perhatian kader PAN di akar rumput termasuk di NTB. “Yang bergabung ke sana sebagian besar bukan kader PAN dan pengurus PAN,” tekannya.

Bahkan di NTB Muazzim memantau belum ada kader PAN yang bergabung dengan partai Ummat. Kalaupun ada, statusnya dipastikan telah keluar dari PAN baik karena tidak pernah aktif hingga yang dipecat karena alasan loyalitas dan disiplin partai. “Akhirnya bergabung ke sana,” jelasnya.

Basis suara PAN di NTB dinilai sangat solid dan terjaga. Sekalipun beberapa orang yang disebut bergabung di sana pernah menjadi pengurus PAN di NTB. “Kami punya basis itu sangat militan,” yakinnya.

Berdirinya sebuah partai biasanya didasari semangat membangun platform politik  berbeda dengan partai lain. Tidak mungkin sama sekalipun pengurusnya misalnya pernah berasal dari partai induk.

Sehingga baik partai Ummat atau PAN berpeluang memiliki basis suara berbeda. Kekhawatiran partai akan tergerus suaranya, dianggap berlebihan bila hanya karena alasannya pendirinya banyak mantan pengurus partai induk.

Dia mencontohkan antara partai Gelora yang lahir dari induk PKS. Pada prakteknya prediksi migrasi kader tidak terbukti.

PKS tetap eksis dengan basis suaranya yang besar. Sedangkan Gelora mulai tumbuh dengan simpatisan yang memiliki ideologi politiknya sendiri.

Muazzim yakin, pendidikan politik yang diberikan PAN secara berkala telah menjadi benteng kader untuk tetap kokoh dan militan bersama partai berlambang matahari putih itu. “Kader kita punya dedikasi yang tinggi,” optimisnya lagi.

Kemunculan partai Ummat justru dianggap telah melipatgandakan semangat kader PAN di NTB meraih target politik 2024 sebagai partai politik terbesar nomor tiga di NTB.

“Justru kita semakin terpacu, membuktikan PAN sebagai partai yang benar-benar mendengar dengan baik aspirasi masyarakat,” pungkasnya. (zad/r2)

Berita Terbaru

Paling Sering Dibaca

Enable Notifications    OK No thanks