alexametrics
Jumat, 12 Agustus 2022
Jumat, 12 Agustus 2022

Hitung Cepat Pilwali Mataram, Pasangan HARUM Menang

MATARAM-Sejumlah lembaga telah melakukan hitung cepat pelaksanaan pemungutan suara Pilkada Kota Mataram, kemarin (9/12). Hasilnya, pasangan Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Mataram nomor urut 1 H Mohan Roliskana dan TGH Mujiburrahman (Harum) diunggulkan sebagai pemenang.

“Dari 100 persen suara yang sudah masuk hitung cepat, Harum menang di Pilkada Kota Mataram,” terang peneliti Political Research and Marketing (Polram) Dr. H Rosiady Sayuti kepada Lombok Post.

Data yang masuk hingga Pukul 16.32 Wita kemarin sebanyak 26.941 suara sebagai sampel. Pasangan Harum meraup suara 35,23 persen. Di bawah pasangan Harum, pasangan Hj Putu Selly Andayani-TGH Abdul Manan (Salam) 30,44 persen, pasangan HL Makmur Said-H Badruttamam Ahda (Muda) 23,74 persen, dan pasangan H Baihaqi dan Hj Baiq Diyah Ratu Ganefi (Baru) 10,59 persen.

Rosiady menegaskan, Polram bekerja sama dengan Labsosio Universitas Mataram dalam melakukan hitung cepat Pilkada Kota Mataram. Sehingga ia menegaskan hasil hitung cepat ini bisa dipertanggung jawabkan.

Peluang perbedaan suara dengan real count dikatakannya plus minus 2 persen. Dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

Sehingga jika perbedaan selisih suara di atas 2 persen, bisa dipastikan jika Harum menjadi pemenang Pilkada Kota Mataram. Mengingat selisih persentase perolehan suara Harum dengan Salam di posisi kedua mencapai 4 persen lebih.

“Hasilnya tidak akan jauh dengan real count,” yakinnya.

Dengan kemenangan pasangan Harum, Rosiady menilai Mohan selama menjadi wakil wali kota bisa menjaga citra positifnya. Terbukti dengan ia keluar sebagai calon terpilih. Padahal, di beberapa daerah banyak wakil kepala daerah yang kalah. “Pak Mohan menunjukkan dirinya berhasil menjadi wakil wali kota,” nilainya.

Yang tak lupa disampaikan Rosiady, Polram sebagai lembaga survei lokal sejak awal selalu konsisten mengawal Pilkada Kota Mataram. Hasilnya pun paralel dengan kondisi di lapangan. Ini menandakan kualifikasi lembaga daerah bisa diandalkan. Mengingat selama ini, lembaga survei yang digunakan para politisi di daerah didominasi lembaga survei nasional, Jakarta. Padahal kredibiltas lembaga survei lokal menurutnya tidak kalah dengan nasional.

Baca Juga :  Untuk Masyarakat NTB, Prabowo Datang Lagi

“Hari ini Polram juga bekerja sama dengan Labsosio Unram. Ini kan juga pertaruhan (nama baik),” tandasnya.

Selain dari hasil hitungan Polram, pasangan Harum juga unggul berdasarkan hitung cepat Desk Pilkada Kota Mataram. Salah satu tim Desk Pilkada ini adalah Dinas Kominfo Kota Mataram.

Pada pukul 19.20 Wita tadi malem, suara yang sudah dihitung mencapai 197.310 suara atau 65,30 persen. Hasilnya, Harum unggul dengan perolehan suara 76.383 atau 25,28 persen. Disusul Salam 57.958 suara atau 19,18 persen, Muda 43.137 suara atau 14,28 persen. Dan terakhir pasangan Baru dengan perolehan 19.832 suara atau 6,56 persen.

“Dari 62,58 persen suara yang masuk pasangan Harum memang masih unggul. Sumber data yang kami terima di Desk Pilkada ini dari kantor lurah dan camat berdasarkan form C Plano. Bukan quick count, tapi real count,” jelas tim Desk Pilkada Kota Mataram I Nyoman Suwandiasa.

Tapi yang mengejutkan, jumlah golput yang terhitung dari suara masuk tersebut. Yakni 104.863. Ini artinya, jumlahnya melebihi sura yang diraih pasangan Harum yang sejauh ini menang dari hasil hitung cepat.

Dalam kesempatan itu, Nyoman mengatakan, Desk Pilkada Kota Mataram bertujuan untuk memberikan informasi cepat kepada Kota Mataram. Karena bersumber dari data C Plano, akurasinya tinggi. Namun demikian, hasil ini ditegaskannya bukan hasil resmi penyelenggara Pilkada.

“Kalau hasil resmi nanti yang diumumkan KPU Kota Mataram. Ini hanya untuk membantu masyarakat mendapatkan informasi yang cepat,” imbuhnya.

Baca Juga :  KPU Mataram Verifikasi Faktual 13.888 Berkas KTP Dukungan

Pihaknya di Desk Pilkada akan berupaya merekapitulasi suara masuk hingga 100 persen sampai larut malam. Agar bisa memberikan informasi secara utuh kepada masyarakat.

Sementara itu dari hasil rekapitulasi C1 dari seluruh saksi Pusat Tabulasi Data HARUM telah merampungkan perhitungan tadi malam. Dari Rekap tersebut HARUM unggul 38,55 persen disusul SALAM 29,36 persen, MUDA 21,97 persen dan BARU 10,13 persen.

“Seluruh suara sudah masuk,” ujar Juru Bicara Tim Pemenangan HARUM, H Firadz Pariska.

Terpisah, Ketua KPU Kota Mataram M Husni Abidin menanggapi sejumlah hasil hitung cepat Pilkada Kota Mataram yang dilakukan beberapa lembaga. Menurutnya, hal itu sah saja. Namun hasil resmi Pilkada Kota Mataram didasarkan pada rekapitulasi hitung manual real count di tingkat Kota Mataram.

“Nanti akan direkapitulasi dulu di tingkat kecamatan tanggal 11-14 Desember. Kemudian di tingkat kabupaten kota direkap tanggal 13-16 Desember. Hasilnya baru bisa kami umumkan 16 Desember dan penetapan 17 Desember,” terang Husni.

Untuk hitung cepat Sirekap KPU sendiri saat ini masih belum bisa diakses dengan lancar. Karena website resmi dikunjungi banyak pengguna internet dari seluruh Indonesia. Mengingat pelaksanaan Pilkada Kota Mataram serentak dengan kabupaten kota lain seluruh Indonesia.

Husni meminta masyarakat bersabar menunggu hasil resmi yang akan dimumumkan KPU Kota Mataram. Berdasarkan hasil rekapitulasi tingkat Kota  Mataram. Namun demikian, ia beerterima kasih kepada semua pihak khususnya masyarakat yang menyelenggarakan Pilkada dengan damai dan lancar. Meskipun ada beberapa pelanggaran, ia mempersilakan semua ditindak sesuai aturan.

“Kami berterima kasih sebanyak-banyaknya kepada semua pihak yang telah menyukseskan Pilkada Kota Mataram. Harus diingat, siapapun yang terpilih nanti, mereka adalah warga Kota Mataram,” pungkasnya.(ton/jay/r3/r2)

Berita Terbaru

Paling Sering Dibaca

Enable Notifications    OK No thanks
/