alexametrics
Selasa, 27 September 2022
Selasa, 27 September 2022

Bacaleg PKS Pulau Sumbawa Melonjak 120 Persen, Seluruh Dapil Terisi

MATARAM–Jumlah bakal calon legislatif (bacaleg) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) untuk Pileg 2024 di Pulau Sumbawa melonjak hingga 120 persen. PKS pun optimis semua daerah pemilihan (dapil) di Pulau Sumbawa terisi.

“Dibandingkan dengan Pileg 2019 lalu, kami (PKS) ada lima dapil kabupaten/kita yang kosong dan satu dapil provinsi juga (kosong). Insya Allah tahun 2024 kita optimis semua dapil akan terisi,” ungkap Ketua DPW PKS NTB H Yek Agil, Senin (8/8/2022).

Yek Agil menuturkan, melonjaknya persentase bacaleg ini menunjukkan animo tokoh masyarakat yang ingin bergabung dengan PKS dan yang ingin menjadi bacaleg PKS untuk Pileg 2024 sangat luar biasa. Jauh berbeda dengan pemilu 2019 yang lalu.

“Sekarang merata di semua dapil termasuk di semua kabupaten/kota yang ada di Pulau Sumbawa,” tambah anggota Komisi II Bidang Perekonomian DPRD NTB ini.

Baca Juga :  DPP PKS Umumkan Komunikator Politik, Zulkieflimansyah Tak Masuk

Animo ini, lanjutnya, tentu tak lepas dari kiprah kader dan pejabat publik dari PKS. Baik di eksekutif dan legislatif yang terus melakukan khidamah (pelayanan), pembelaan (advokasi) dan pemberdayaan rakyat terutama rakyat kecil di berbagai macam sektor kehidupan.

Selain itu, adanya konsistensi PKS di pusat, yang merupakan satu-satunya partai di pusat yang bersikap oposisi konstruktif dan produktif terhadap pemerintah pusat.

“Termasuk memberikan porsi yang sesuai untuk bacaleg yang berasal dari kaum milenial dan perempuan, sebagai bentuk afirmasi PKS kepada golongan tersebut,” tegas anggota DPRD NTB Dapil Lombok Tengah ini.

Partai yang didominasi warna oranye-putih ini, sambungnya, masih membuka kesempatan bagi semua komponen masyarakat untuk bergabung menjadi bacaleg PKS hingga akhir bulan Agustus ini. Lantaran jadwal penetapan bacaleg PKS digelar awal bulan September.

Baca Juga :  Kisruh Posko SALAM, Ini Penjelasan Kaling Karang Bedil

“Artinya dari 120 persen itu kami akan menjaring 100 persen,” imbuh pria yang bakal dilantik sebagai Wakil Ketua III DPRD NTB menggantikan H Abdul Hadi.

Pengerucutan bacaleg ini, kata dia, telah diatur dalam panduan pemenangan PKS sebagai rule of game. Nantinya dari 100 persen bacaleg terpilih akan ditempatkan pada kuota dari masing-masing dapil.

“Setelah ditetapkan, barulah mereka (bacaleg) boleh sosialisasikan diri ke tengah masyarakat. Sekaligus agar lebih awal bisa mengetahui denyut nadi dan permasalahan mendasar rakyat dan bisa berkiprah lebih awal,” pungkasnya. (ewi/r10)

Berita Terbaru

Paling Sering Dibaca

Enable Notifications    OK No thanks
/