alexametrics
Rabu, 2 Desember 2020
Rabu, 2 Desember 2020

Cawali Aqi dan Senator Evi : Perempuan Harus Nyaman di Kota Mataram

MATARAM-Antusias pemilih pemula dan milenial Kota Mataram mengikuti acara Ngopi Bareng Aqi kian bertambah. Hal ini tidak lepas dari nara sumber yang selalu sukses menguliti tema yang dibahas dengan cerdas dan tuntas.

Tidak cuma itu, diskusi ini juga menyajikan solusi dan jalan keluar masalah. “Jadi kita tidak lempar masalah saja,” kata Penggagas Milenial Talk Desi Kemalasari, Senin (9/11/2020).

Lantas mengapa Milenial Talk konsisten menampilkan figur Calon Wali (Cawali) Kota Mataram H Baihaqi? “Ya karena hanya beliau yang masuk kategori calon pemimpin milenial dengan usia 38 tahun,” ungkapnya.

Desi mencontohkan saat tim Milenial Talk menantang Aqi bicara tentang perempuan. “Kami sodorkan tema ‘Perempuan di Mata Aqi’, beliau langsung mengiyakan. Ini luar biasa,” tuturnya.

Gagasan para milenial tidak dipandang sebelah mata. Bahkan ketika landasan berpikir kegiatan kuat Aqi disebut langusung menyetujui. “Sayang sekali kalau hanya saya dan beberapa teman yang tahu Bang Aqi ini ternyata sangat peduli pada gagasan milenial,” ungkapnya.

Tak mau tanggung-tanggung Tim Milenial Talk mengundang tokoh sekaligus figur perempuan inspiratif NTB. “Beliau Anggota DPD RI NTB Hj Evi Epita Maya, dulu pernah populer dengan disebut ‘DPD Cantik’,” ungkapnya.

Tim Milenial Talk tidak mau menyia-nyiakan kesiapan Baihaqi memaparkan gagasannya tentang perempuan kota. Sehingga harus dicarikan lawan bicara yang dinilai mampu memperkaya diskusi. “Kalau perempuan bahas masalah perempuan saya kira hal biasa, tetapi pria bahas persoalan perempuan itu luar biasa bagi kami,” tegasnya.

Sementara itu, Senator NTB Evi dalam acara Ngopi Bareng Aqi memotivasi perempuan berani tampil. “Kita punya peluang dan kesempatan sama dengan laki-laki,” katanya.

Evi mendorong perempuan berani bergerak di bidang yang diminati. “Silakan mau menjadi seorang wirausaha, pelaku seni, hingga politisi,” tantang anggota DPD RI itu.

Perempuan muda harus berani berpikir terbuka dan progresif. “Semoga keberanian kita tampil menjadi kesempatan mulia bagi kita mengabdikan diri bagi nusa, bangsa, dan agama,” pungkasnya.

Sementara itu, Calon Wali Kota Mataram H Baihaqi mengatakan, pemerintah sudah seharusnya mendukung dan memberi ruang aktualisasi perempuan yang luasnya sama dengan pria. “Bagaimana menjadikan ibu kota ini tidak hanya ramah bagi laki-laki tetapi ramah pula bagi pengembangan perempuan,” katanya.

Secara teknis, paslon BARU telah menyiapkan program mewujudkan Mataram ramah bagi perempuan. “Contoh kecil, kita perlu membangun lebih banyak ruang laktasi bagi ibu yang punya bayi,” terangnya.

Hal ini demi menekan potensi kriminalitas terutama ke kaum perempuan. “Kita juga perlu menyiapkan ruang literasi yang ramah bagi perempuan sehingga para perempuan kota punya kesempatan sama mengembangkan diri seperti laki-laki,” tegasnya.

Bahkan dalam empat gagasan unggulan BARU, semua memberi ruang sebesar-besarnya bagi pengembangan perempuan. “Mataram Waste Management, Mataram Creative Center, Mataram Service Center, dan Mataram Bisnis Center, membuka ruang sebesar-besarnya bagi pengembangan perempuan dan kesetaraan gender itu,” pungkasnya. (zad/adv)

 

 

- advertisement mobile-

Berita Terbaru

Pegadaian Catat Kinerja Positif Meski Pandemi

”Ini dari jumlah total pembiayaan kedua program kami, yakni gadai dan non gadai,” ujar M Arif Fanany, kepala Departemen Mikro PT Pegadaian Persero Area Ampenan, Selasa (1/12/2020).

STIE AMM Disegel, Pihak Terkait Diingatkan Jangan Korbankan Mahasiswa

”Secara psikologis kan trauma itu (mahasiswa, Red),” kata Pengamat Pendidikan Prof H Mahyuni, saat dikonfirmasi Lombok Post, Selasa (1/12/2020).

Dikbud NTB Semprot Kepala Sekolah, Tak Libatkan KTU Susun RKAS

”Kelihatan ini pada saat kita evakin (evaluasi kinerja, Red),” jelasnya, saat pembukaan rapat koordinasi dan evaluasi Dana Alokasi Khusus (DAK) fisik SMA tahap III untuk Pulau Sumbawa, di Senggigi, Senin malam (30/11/2020).

HARUM Jadikan RTH sebagai Pengendali Banjir

Sebagai sebuah wilayah yang berada di hilir sungai Mataram kerap mendapatkan air kiriman dari hulu ketika musim penghujan tiba. Ditambah dengan hujan di Mataram, kiriman air dalam jumlah besar mengakibatkan terjadinya genangan dan banjir.

Menolak Miskin, Pusparini, Tukang Sapu Jalan yang Memilih Keluar dari PKH

Banyak orang kaya bermental miskin. Namun ada juga masyarakat kurang mampu tapi bermental kaya. Pusaparini, warga Lingkungan Karang Anyar Kelurahan Pagesangan Timur salah satunya.

Pemkot Mataram Berencana Gaji 1800 Ketua RT

Rancangan APBD tahun anggaran 2021 telah ditetapkan oleh DPRD Kota Mataram dan eksekutif, kemarin (30/11). Dalam APBD tahun 2021 ini, ada beberapa kebijakan yang dibuat oleh Wali Kota Mataram H Ahyar Abduh di akhir masa jabatannya.

Paling Sering Dibaca

Perubahan Sosial di Era Pandemi

KEHADIRAN pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) telah mengubah tatanan dunia dalam waktu singkat. Barangkali juga tidak ada yang pernah membayangkan bahwa pandemi ini akan menyebabkan derita kemanusiaan yang begitu mendalam. Bahkan dalam waktu yang tidak lama, pandemi ini telah menyebar secara cepat dalam skala luas dan menimbulkan banyak korban jiwa.

Perkembangan Bahasa Indonesia sebagai Pemersatu Bangsa

Kongres pemuda kedua pada 28 Oktober 1928 menyatakan pengakuan terhadap tumpah darah yang satu, tanah air indonesia; satu bangsa, bangsa Indonesia; dan menjunjung bahasa...

Bantuan Subsidi Upah, Guru Honorer dapat Rp1,8 Juta

Pemerintah memperluas sasaran penerima Bantuan Subsidi Upah (BSU). Kali ini, giliran tenaga pendidik dan guru non-PNS yang akan mendapat bantuan hibah sebesar Rp 1,8 juta. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim menyebutkan, bantuan ini diharapkan mampu meningkatkan kemampuan ekonomi para dosen, guru, dan tenaga kependidikan non-PNS yang selama ini ikut terdampak pandemi COVID-19.

Kisah Sukses Juragan Lobster NTB : Sekali Panen Rp 1 Miliar

Budi daya lobster sungguh menjanjikan. Inilah hikayat mereka-mereka yang hidupnya berbalik 180 derajat karena lobster. Sekali panen, ratusan juta hingga Rp 1 miliar bisa...

Selamat! Ini Pemenang Simpedes BRI Periode 1 Tahun 2020

”Mudah-mudahan dengan acara ini, nasabah BRI semakin loyal, semakin berkembang, dan semakin semarak bertransaksi,” tuturnya.
Enable Notifications    OK No thanks