alexametrics
Rabu, 12 Agustus 2020
Rabu, 12 Agustus 2020

Bawaslu NTB Pantau Upaya Pengerahan PNS di Masa Pilkada

MATARAM-Bawaslu soroti oknum petahana yang memobilisasi ASN demi suksesi Pilkada Serentak 2020. Para ASN diperintah ikut sosialisasi dan kampanye untuk memenangkannya.

Karena itulah banyak temuan dan laporan ASN ikut politik praktis. “Hal ini harus diwaspadai dan membutuhkan peran serta masyarakat ikut mengawasi,” kata Muhammad Khuwailid, ketua Bawaslu NTB, Kamis malam (9/7).

Pernyataan ini disampaikan Khuwailid saat menggelar webinar bersama IPNU NTB dengan mengangkat tema “Peta Jalan Petahana dan Netralitas ASN”.

Petahana menggerakan mesin birokrasi pemerintahan dinilai cara-cara curang dan tidak dibenarkan. Mengingat fungsi ASN bukan alat politik tetapi digaji negara dari pajak rakyat untuk melayani rakyat.

Tetapi yang dilakukan petahana justru membelokkan fungsi ASN untuk syahwat politiknya. “Petahana mengintervensi menggunakan kekuasaanya,” ungkapnya.

Disayangkan lagi banyak ASN akhirnya ikut terpicu masuk dalam politik praktis. Entah karena terpaksa demi mengamankan jabatan atau terpacu agar dapat berpromisi bila petahana kembali terpilih. “Iya semacam simbiosis mutualisme,” terangnya.

Saling menguntungkan ini memang tidak merugikan petahana atau pejabat. Tetapi merugikan masyarakat yang tidak bisa terlayani karena ASN sibuk berpolitik.

Belum lagi sikap politik ASN mencerminkan kemauan masyarakat. “Kami awasi betul, jika ditemukan hal itu kami tidak akan diamkan,” tegasnya.

Bawaslu menjamin akan memproses setiap temuan atau laporan masyarakat terkait ASN berpolitik. “Kami akan tindak jika ditemukan atau ada laporan masyarakat,” tegasnya.

Selain dampak pelayanan, ASN berpolitik ikut bertanggung jawab terhadap pendidikan demokrasi yang buruk di tengah masyarakat. “Ingat para ASN itu atau pejabat tinggi setara kepala dinas adalah tokoh bagi masyarakat dan dampaknya sangat besar,” ulasnya.

Dampaknya tidak hanya dari sisi elektoral. Tetapi membangun budaya politik yang salah. Sehingga mimpi membangun iklim demokrasi yang sehat  semakin sulit tercapai. “Jangan dikira kita tidak awasi pergerakan petahana dan ASN, kita pantau terus dan kita pastikan ditindak,” katanya memperingatkan.

Di kesempatan berbeda Gubernur NTB H Zulkieflimansyah memilki peresepsi berbeda tentang ASN berpolitik. Zul menilai membangun kedisiplinan dan kepatuhan ASN agar tidak berpolitik butuh panjang.

Politisi PKS itu bahkan menyebut kecendrungan ASN berpolitik beririsan dengan tingkat ekonomi. “Ya kita tetap ingatkan (tapi tidak bisa langsung patuh),” katanya.

Bahkan pemberian sanksi dianggap bukan solusi yang dapat memberi efek jera. “Nggak bisa,” cetusnya.

Di sebagian masyarakat NTB ada yang bahkan sangat senang bicara tentang politik. Zul mencontohkan seperti di Bima. “Bukan tidak salah ya, tetapi memang nature-nya, senang bicara politik,” ungkapnya. (zad/r2)

 

- advertisement mobile-

Berita Terbaru

Lawan Korona di Lombok tengah Lockdown Dusun Tetap Jadi Pilihan

Pencegahan penularan covid-19 di Lombok Tengah terus dilakukan pemkab. “Harapannya, jangan ada lagi yang positif,” kata sekretaris gugus tugas Covid-19 Murdi pada Lombok Post, Senin (10/8).

Kabar Baik, Pemerintah Izinkan Pengiriman TKI ke Luar Negeri

Pemerintah telah membuka peluang kerja bagi Pekerja Migran Indonesia (PMI) alias Tenaga Kerja Indonesia (TKI). Hanya saja, rekrutmen terbatas pada tenaga kerja terlatih sektor formal.

Tempat Hiburan di Lobar Tak Patuh Cegah Korona, Dewan : Segel Saja!

DPRD Lombok Barat (Lobar) memberi atensi penerapan protokol pencegahan covid. Terutama untuk tempat hiburan malam. ”Kami support penegak hukum dan pemerintah. Kalau ada yang membandel, segel saja,” kata Ketua Fraksi Demokrat DPRD Lobar Indra Jaya Usman, Senin (10/8).

Pasangan Makmur-Ahda Tersandera SK PKB

MATARAM--Bakal Pasangan Calon (Bapaslon) HL Makmur Said-H Badruttamam Ahda tersandera SK dukungan dari PKB. Tanpa PKB, pasangan ini kemungkinan besar tak bisa bertarung di Pilkada Kota Mataram.

FK Unram Prediksi Puncak Penularan Korona di NTB Bulan Ini

Peneliti dari Fakultas Kedokteran Universitas Mataram sempat memprediksi Bulan Agustus ini menjadi puncak pandemi Covid-19. Namun, trend Covid-19 justru perlahan menurun.

Bantu Siswa Belajar, Masjid Al-Falah Monjok Siapkan Internet Gratis

Inovasi Takmir Masjid Al-Falah Kelurahan Monjok patut ditiru. Terutama oleh takmir masjid di Kota Mataram. Karena, mereka menyiapkan internet gratis bagi siswa dan mahasiswa yang saat ini sedang menerapkan metode belajar dalam jaringan (daring).

Paling Sering Dibaca

Karyawan Swasta Gaji di Bawah 5 Juta Bakal Dapat Bansos Rp 600 Ribu

KONSUMSI masyarakat yang rendah membuat pemerintah memutar otak mencari solusi. Kepala Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Febrio Kacaribu menuturkan, pemerintah tengah memfinalisasi pemberian bansos bagi karyawan non PNS dan BUMN senilai Rp 600 ribu per bulan.

Perubahan Sosial di Era Pandemi

KEHADIRAN pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) telah mengubah tatanan dunia dalam waktu singkat. Barangkali juga tidak ada yang pernah membayangkan bahwa pandemi ini akan menyebabkan derita kemanusiaan yang begitu mendalam. Bahkan dalam waktu yang tidak lama, pandemi ini telah menyebar secara cepat dalam skala luas dan menimbulkan banyak korban jiwa.

Cucu Bupati Pertama Loteng Siap Mengabdi untuk Lombok Tengah

Menjadi satu-satu sosok perempuan, Hj Lale Prayatni percaya diri maju menjadi calon bupati Lombok Tengah. Birokrat perempuan ini ingin membawa perubahan bagi Lombok Tengah ke arah lebih baik. ”Saya terpanggil untuk mengabdi di kampung halaman saya,” kata Hj Lale Prayatni, Minggu (9/8).

Digerebek Polisi, Doyok dan Tutik Gagal Nyabu di Karang Bagu

Terduga pengedar sabu berinisial H alias Doyok ditangkap tim khusus (Timsus) Ditresnarkoba Polda NTB. Dia diringkus bersama seorang perempuan berinisial HT alias Tutik, Jumat sore (7/8) lalu.

Lale Sileng Pilih Yusuf Saleh Sebagai Wakil di Pilbup Loteng

Lale Prayatni memutuskan untuk menggandeng HM Yusuf Saleh. “Ya,” kata Lale singkat saat dihubungi, Minggu (9/8).
Enable Notifications.    Ok No thanks