alexametrics
Sabtu, 18 September 2021
Sabtu, 18 September 2021

Pilgub NTB 2024, PAN : Bagaimana Kalau Rohmi-Muazzim?

MATARAM-Duet Dr H Zulkieflimansyah-Dr Hj Sitti Rohmi Djalillah dirumorkan bakal sulit kembali terwujud di Pemilihan Gubernur (Pilgub) 2024. Hal ini tidak lepas dari munculnya kelompok yang tidak puas atas kinerja Dr Zul, sapaan akrab Gubernur, dalam bagi-bagi kekuasaan.

Kelompok yang notabene suksesor Zul-Rohmi di Pilgub 2018 lalu, dikabarkan tengah mencari pasangan yang tepat buat Rohmi. Tapi siapa?

Sampai saat ini dengan siapa Rohmi akan digandengkan belum muncul secara terang alternatifnya.

Ketua DPW PAN NTB H Muazzim Akbar termasuk yang mengikuti perkembangan informasi politik hubungan Zul-Rohmi. Namun saat dimintai tanggapan, ketua DPW tiga periode itu tak bisa berkomentar banyak.

“Ya kita ikuti informasinya (melalui media),” kata Muazzim.

Begitu pula partainya belum dapat menentukan sikap. Apakah akan berposisi sebagai partai pendukung koalisi Zul-Rohmi atau yang menginginkan koalisi ini bubar.

Fokus PAN saat ini dikatakannya masih pada tataran konsolidasi partai, penguatan struktur, hingga pada pemilu 2024 nanti PAN dapat mencapai perolehan kursi yang maksimal.

“Ya masih kita konsolidasi internal lah,” imbuhnya.

PAN saat ini merupakan partai papan tengah di NTB. Menguasai lima kursi di DPRD NTB. Namun karena Pilgub 2024 akan ditentukan oleh perolehan kursi Pemilu 2024, maka ada kemungkinan berubah nilai tawar PAN nantinya.

Tergantung seberapa banyak PAN mampu merebut kursi di DPRD NTB. Muazzim sendiri sangat percaya diri dapat membawa partai berlambang matahari putih itu, tampil sebagai pemenang pemilu.

“Kita optimis keluar sebagai pemenang,” katanya.

Ditanya apakah ada rencana tampil di Pilgub 2024? Muazzim malah berkelakar. “Bagaimana kalau Rohmi-Muazzim,” celetuknya sembari tertawa.

Kontestasi Pilgub 2024 memang masih menyisakan tiga tahun lagi. Tetapi para tokoh yang berencana tampil di Pilgub 2024 mulai ancang-ancang melakukan sosialisasi ke tengah masyarakat untuk mendulang popularitas.

Selain Zul dan Rohmi yang diyakini akan tampil kembali, entah sebagai pasangan atau sendiri-sendiri, beberapa tokoh dikabarkan mulai melirik panggung politik prestisius itu.

Ada dari kalangan tokoh lama, ada juga yang dari kalangan kepala daerah.

Selain PAN partai papan tengah lainnya, PKB memilih fokus untuk konsolidasi internal dan belum mau menyinggung tentang Pilgub.

“Belum ada arahan (ke DPC dari DPW) ke arah sana (siapa yang akan diusung PKB di Pilgub 2024),” kata Ketua DPC PKB Lombok Tengah HL Pelita Putra.

Fokus partai saat ini dikatakannya masih pada melakukan konsolidasi internal partai. Dinamika yang ada pada partai lain, belum menjadi bahasan yang perlu dicermati di internal PKB.

“Kita fokus untuk menyegarkan dan memperkuat mesin partai, karena bagaimanapun yang jadi acuan dalam Pilkada nanti adalah hasil pemilu 2024,” ujarnya. (zad/r2)

 

 

 

 

 

 

Berita Terbaru

Paling Sering Dibaca

Enable Notifications    OK No thanks