alexametrics
Senin, 21 September 2020
Senin, 21 September 2020

H Masrun : TGH Saleh Hambali Harus Jadi Pahlawan Nasional

PRAYA-Kiprah dan nama besar ulama NU TGH Saleh Hambali tercatat dalam sejarah. Tokoh ulama karismatik yang berkontribusi nyata dalam membangun pendidikan dan semangat kebangsaan di Lombok, NTB.

Sejak zaman penjajahan Belanda, Jepang, dan masa-masa perjuangan kemerdekaan kontribusinya sangat besar. “Itu sangat menginspirasi,” kata Bakal Calon Bupati (Bacabup) Lombok Tengah (Loteng) H Masrun, kemarin (11/8).

Masrun ingin ketokohan TGH Saleh Hambali diabadikan dalam sejarah bangsa. “Kami Masrun-Aksar akan berjuang mengusulkan beliau menjadi Pahlawan Nasional,” ujarnya.

Pengakuan negara sangat penting demi memastikan generasi muda tidak lupa peran para pejuang. “Setelah sebelumnya Maulana Saikh TGKH M Zainuddin Abdul Madjid menjadi pahlawan nasional saatnya kita perjuangkan beliau,” tegasnya.

TGH Saleh Hambali lahir di Desa Bengkel, Lombok Barat, NTB pada Jumat 7 Ramadan 1313 H atau 1893. Saat masih muda melanjutkan pendidikan ke Makkah belajar agama dari ulama dunia dan ulama nusantara yang bermukim di sana. “Guru beliau sangat banyak dan kesohor seperti yang tertulis dalam Biografi TGH Saleh Hambali, karya Ahmad Zahroni,” terangnya.

Diantaranya Syeich Said al-Yamani, Syeich Hasan bin Syeich Said al-Yamani, Syeich Alawi Maliki al-Makki. “Lalu ada Syeich Hamdan al-Maghrabi, Syeich Abdusstar Hindi, Syeich Said al-Hadrawi Makki,” tuturnya.

Berikutnya Syeich Muhammad Arsyad, Syeich Shaleh Bafadhol, Syeich Ali Umairah al-Fayumi al-Mishra. “Sementara ulama nusantara ada TGH Umar dan TGH Muhammad Irsyad yang keduanya berasal dari Sumbawa,” terangnya.

Berikutnya TGH  Utsman dari Serawak, KH  Muchtar dari Bogor, KH Misbah dari Banten. Lalu ada TGH Abdul Ghani dan TGH  Abdurrahman dari Jemberana-Bali, TGH Utsman dari Pontianak. “Ada TGH Umar dari Kelayu, TGH Abdul Hamid dari Pagutan, TGH Asy’ari dari Sekarbela-Lombok, dan TGH Yahya dari Jerowaru,” jelasnya.

Sekembali dari tanah suci, TGH Saleh Hambali langsung terjun ke tengah masyarakat melalui gerakan dakwah. “Menggelar pengajian keliling ke kampung untuk memfokuskan gerakan dakwah dan pengajaran kepada masyarakat,” ulasnya.

TGH Saleh Hambali mendirikan Pondok Pesantren yang diberi nama Darul Qur’an di Desa Bengkel tahun 1921. “Yang mondok di pesantren itu bukan hanya dari Desa Bengkel sekitar namun juga dari daerah Bali dan daerah lainnya,” ulasnya.

Beberapa karya dalam bentuk kitab telah ditulis dan ikut berkontribusi besar dalam mencerdaskan bangsa dan meningkatkan ketakwaan umat. Ditulis dalam berbagai sudut pandang disiplin keilmuan mulai dari ilmu fiqih, tasawuf, hadist, hingga tauhid.

Karya tulis TGH Saleh Hambali sampai saat ini pun masih menjadi bacaan favorit masyarakat.  Diantaranya Ta’lim al-Shibyan Bi Ghayat al-Bayan, Bintang Perniagaan, Cempaka Mulia Perhiasan Manusia, Wasiat al-Musthafa.

Berikutnya ada Mawa’idh al-Shalihiyah, Intan Berlian Perhiasan Laki Perempuan, Manzalul al-Amrad, Hidayat al-Athfal, Al-Lu’lu’ al-mantsur. “Jadi sangat pantas beliau kita perjuangkan sebagai pahlawan nasional,” pungkasnya. (zad/r2)

 

- advertisement mobile-

Berita Terbaru

Simulasi KBM Tatap Muka SMA Sederajat di NTB Pekan Kedua Dimulai

Simulasi KBM tatap muka untuk SMA sederajat di NTB memasuki pekan kedua. ”Sambil kami tetap memantau perkembangan penyebaran Pandemi Virus Korona,” kata Kepala Dinas Dikbud NTB H Aidy Furqan, pada Lombok Post, Minggu (20/9/2020).  

Mendikbud Pastikan Wacana Penghapusan Mapel Sejarah Hoaks

”Tidak ada sama sekali kebijakan regulasi atau perencanaan penghapusan mata pelajaran sejarah di kurikulum nasional,” tegas dia.

HARUM Goda Pemilih Millenial Lewat Lomba Film Pendek dan E-Sport

Bakal Calon Wali Kota Mataram H Mohan Roliskana mencoba menggoda pemilih milenial. Caranya, dengan menggelar film pendek dan e-sport. "Orang yang menggeluti dunia film tidak banyak. Bagi sebagian orang ini ekslusif. Prosesnya panjang," kata Mohan Sabtu malam (19/9) lalu.

Cerita Shaina Babheer saat Memerankan Sosok Kikin dalam film MOHAN

Shaina Azizah Putri dipilih untuk memerankan sosok Kikin Roliskana dalam film pendek berjudul "Mohan". Ini menjadi tantangan baru bagi dara yang sudah membintangi beberapa sinetron dan FTV nasional ini.

“Menara Eiffel”di Desa Seruni Mumbul Lombok Timur Ramai Pengunjung

Pengelola wisata Denda Seruni, Desa Seruni Mumbul, Kecamatan Pringgabaya tak ingin puas dengan keberhasilannya menyedot wisatawan. Realisasi target PADes Rp 30 juta per bulan harus dapat bertambah.

Bale Mediasi Lotim Damaikan Delapan Perselisihan

SELONG-Permohonan mediasi terus berdatangan ke Bale Mediasi Lotim. “Sudah ada 36 permohonan yang masuk,” kata Koordinator Administrasi Bale Mediasi Lotim Lalu Dhodik Martha Sumarna pada Lombok Post, kemarin (18/9).

Paling Sering Dibaca

Siswa SMP di Loteng Menikah, Kenal Lewat HP, Pacaran Cuma Empat Hari

Meski belum cukup umur, Suhaimi dan Nur Herawati telah resmi menjadi pasangan suami istri. Bagaimana kisahnya sampai mereka memutuskan menikah? Berikut ulasannya.

Perubahan Sosial di Era Pandemi

KEHADIRAN pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) telah mengubah tatanan dunia dalam waktu singkat. Barangkali juga tidak ada yang pernah membayangkan bahwa pandemi ini akan menyebabkan derita kemanusiaan yang begitu mendalam. Bahkan dalam waktu yang tidak lama, pandemi ini telah menyebar secara cepat dalam skala luas dan menimbulkan banyak korban jiwa.

Bantuan Uang Tunai untuk Warga Terdampak Korona Diperpanjang Sampai Desember

JAKARTA–Pemerintah memutuskan untuk memperpanjang pemberian bansos. Awalnya, bansos hanya diberikan tiga bulan dari April sampai Juni, namun akhirnya diperpanjang hingga Desember 2020. Sehingga, total...

Di Tengah Pandemi Korona, Dua Murid SMP di Lombok Tengah Menikah

Saat sekolah tak kunjung dibuka karena Pandemi Korona dua pelajar SMP di Lombok Tengah memilih untuk melangsungkan pernikahan Sabtu (12/9) lalu. Mereka adalah Suhaimi, kelas 2 SMP asal  Desa Pengenjek, Kecamatan Pringgarata menikahi Nur Herawati, kelas 1 SMP.

Film MOHAN, Ini Dia Official Teasernya

Rumah Produksi Warna tengah merampungkan pembuatan film MOHAN. Film bergenre drama remaja tersebut tengah memasuki fase shooting. Namun demikian sebagai bocoran Warna telah meluncurkan cuplikan Official Teaser nya.
Enable Notifications    Ok No thanks