alexametrics
Rabu, 4 Agustus 2021
Rabu, 4 Agustus 2021

Isyarat Demokrat NTB Dukung Pemprov Ngutang Rp 70 Miliar ke SMI

MATARAM-Wacana Pemerintah Provinsi (Pemprov) NTB untuk berhutang sepertinya akan mulus. Setidaknya hal ini terlihat dari opini dari sejumlah anggota DPRD NTB sejauh ini.

Isyarat dukungan politik ngutang begitu kencang terdengar. Baik dari opini pimpinan dewan, pimpinan fraksi, hingga pendapat beberapa anggota dewan yang lain.

Terbaru isyarat dukungan datang juga dari Ketua Fraksi Demokrat TGH Mahally Fikri.

“Boleh-boleh saja kalau dengan berhutang kita bisa menyelesaikan masalah dan kesulitan yang kita sedang hadapi sehingga kondisi kita lebih baik ke depan,” katanya, kemarin (14/7).

Partai yang sempat melontarkan wacana Interpelasi itu, kali ini terlihat luluh mengisyaratkan satu suara dengan pemprov.

Biila dukungan mayoritas anggota DPRD menyetujui ngutang, maka dukungan itu bisa menjadi daya tawar kuat ke PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI) agar NTB diberi ngutang sebesar Rp 750 Miliar.

Tetapi itu dengan catatan PT SMI menyetujui pemprov NTB ngutang.

Namun demikian, Mahally menambahkan, pemprov dan DPRD – kalau sepakat ngutang – tetap membuka diri mendengar aspirasi dan saran pihak lainnya.

“Akademisi, dan lain sebagainya,” imbuhnya.

Isyarat dukungan ngutang ini ditegaskannya masih bersifat opini setiap anggota. Demokrat secara kelembagaan fraksi, belum membahas dalam forum rapat resmi terkait rencana mengatasi defisit anggaran oleh pemprov NTB.

“Saat ini Demokrat melihat hal ini masih sebatas wacana sehingga kami beranggapan belum terlalu penting untuk didiskusikan serius di internal fraksi maupun partai,” ulasnya.

Fraksi Demokrat masih menunggu tibanya surat resmi dari pemprov ke DPRD untuk meminta persetujuan ngutang.

“Sampai masalah ini diajukan secara resmi oleh Pemda. Nah, kalau sudah diajukan secara resmi wajib Demokrat akan mengkaji secara mendalam untuk sampai kepada keputusan dan ketetapan mendukung atau menolak,” terangnya.

Namun Ketua DPD Demokrat NTB itu meyakinkan apapun keputusan fraksi Demokrat nanti ditegaskannya untuk kemaslahatan masyarakat. “Dengan semangat demi kemajuan dan kesejahteraan rakyat,” jaminnya.

Sementara itu, simpang-siur tentang surat meminta persetujuan DPRD NTB untuk ngutang apakah sudah masuk, ditegaskan Sekretaris DPRD NTB H Mahdi belum ada.

“Hingga saat ini belum ada (masuk),” tegas Mahdi. (zad/r2)

Berita Terbaru

Paling Sering Dibaca

Enable Notifications    OK No thanks