alexametrics
Jumat, 26 Februari 2021
Jumat, 26 Februari 2021

Zul-Suhaili Kompak, Sinyal Pilgub 2024 Menguat

MATARAM-Pemilihan Gubernur (Pilgub) NTB memang masih jauh. Tetapi silaturahmi dan pertemuan tokoh politik daerah saat ini, diproyeksi memiliki implikasi terhadap peta pesta demokrasi 5 tahunan itu.

Salah satunya, momen Gubernur NTB H Zulkieflimansyah dan Bupati Lombok Tengah (Loteng) HM Suhaili FT yang sepakat berjalan berdampingan saat kegiatan Car Free Day (CFD) di Kota Praya, kemarin (17/1).

Spekulasi pun berkembang liar dan cepat. Salah satunya isyarat keduanya berduet di panggung Pilgub NTB 2024 mendatang. “Ya selalu menarik (membahas soal peta politik Pilgub), tapi terlalu dini,” kata politisi Golkar NTB Hasan Masat, kemarin (17/1).

Menurutnya, kalaupun benar keduanya tengah membangun chemistry politik, sah-sah saja. Tetapi, akan lebih baik jika keduanya juga lebih serius membicarakan program pembangunan bagi masyarakat.

Gubernur Zul akan lebih bagus, tetap fokus menyelesaikan tugas-tugas kepemimpinannya. “Begitu juga pak Suhaili, sekalipun sebentar lagi akan selesai (menjabat sebagai Bupati), saatnya memikirkan pengabdian pada masyarakat, melalui Golkar,” imbuhnya.

Hal itu menurut Hasan, jauh lebih produktif ketimbang jauh-jauh hari sibuk membangun komitmen politik. Apalagi politik sangat dinamis dan dengan cepat dapat berubah.

“Kalau mau bicara tentang investasi politik, ya tentu lebih riil itu (berbuat nyata bagi masyarakat),” tegas Wakil Ketua Bidang Hubungan Antarlembaga DPD Golkar NTB itu.

Daripada keduanya hanya sekadar pedekate politik. Yang hari ini bisa berjalan bersama, tetapi besok dapat berubah dan berbalik arah. “Kalau ditanya mendukung, tentu kami sangat mendukung kader-kader terbaik Golkar tampil mengabdi,” ujarnya.

Di atas kertas, Zul dan Suhaili dinilai memiliki kekuatan politik saling melengkapi. Duet mereka bakal jadi pasangan maut, yang akan sulit dipatahkan lawan-lawan politik. “Pak Suhaili yang seperti kita ketahui, lalu pak Zul sudah dapat diterima di semua daerah,” ulasnya.

Sebenarnya, jauh hari sebelum keduanya kedapatan berjalan bersama, rumor Zul-Suhaili, sudah menggema di balik layar politik. Banyak faktor politik yang mendorong mereka berpeluang sepanggung di Pilgub 2024.

Salah satunya disharmoni mesin politik di balik paket Zul dan Rohmi. Bahkan, kabar yang diterima Lombok Post, keduanya sempat saling goda untuk bersama di Pilgub.

Hasan mengatakan, secara geopolitik dan kepentingan, banyak sekali alasan yang dapat membuat Zul mengambil Suhaili sebagai pendamping. Salah satunya alasan konsentrasi dan akselerasi pembangunan provinsi dan pusat yang saat ini tengah difokuskan di Loteng.

Mengambil tokoh atau figur Loteng, akan jauh lebih produktif dalam upaya memberikan sentuhan pembangunan di Loteng. “Di sana ada KEK, MotoGP, dan lain sebagainya, ini sudah sesuai,” ulasnya.

Bahkan Hasan mengatakan, sudah saatnya pula visi pembangunan MaiqMeres yang terbukti sukses membangun Loteng dibawa ke visi membangun provinsi. “Kenapa tidak konsep MaiqMeres, tidak kita bawa ke tingkat yang lebih luas lagi, dan kami sangat siap untuk itu,” tekannya.

Tetapi sebelum sampai di sana, perjalanan politik keduanya diakui masih panjang dan berliku untuk bisa bersama. Salah satunya, Suhaili yang harus bisa memastikan kursi Ketua DPD Golkar NTB periode berikutnya, untuknya.

Kepastian itu, akan memudahkan jalan Suhaili dalam memperoleh dukungan dan kendaraan politik maju di Pilgub mendatang.

Sedangkan diketahui perebutan kursi ketua Golkar NTB kabarnya akan digelar bulan ini. “Kabar dari DPP (Golkar) Januari,” kata Steering Committee (SC) Musda Golkar NTB Hj Baiq Isvie Rupaeda.

Belum diketahui sampai dengan kemarin, kapan tanggal pelaksanaan pastinya.

Namun langkah Zul setidaknya akan lebih mudah dibanding Suhaili. Jika Suhaili masih harus bertarung berebut Golkar, Zul telah dipastikan akan diusung PKS lagi di Pilgub 2024.

Hal ini disampaikan Ketua DPW PKS NTB Yek Agil. “Amanah Muswil ke V, memenangkan lagi beliau (Zul, Red),” katanya. (zad/r2)

 

 

Berita Terbaru

Paling Sering Dibaca

Enable Notifications   OK No thanks