alexametrics
Jumat, 12 Agustus 2022
Jumat, 12 Agustus 2022

Perbanyak UKM untuk Dongkrak Industri Pariwisata

MATARAM-Pariwisata menjadi salah satu sektor prioritas yang dikembangkan di NTB. Karenanya pengembangan ekonomi kreatif dalam menunjangnya harus terus dilakukan.

”Karena kita (NTB) tidak hanya mengunggulkan destinasi wisata alam yang terbentang dari pedalaman, pesisir hingga kepulauan,” kata Caleg DPR RI daerah Dapil NTB II Pulau Lombok Lalu Jaya Asbani, kemarin.

Menurutnya, pengembangan ekonomi kreatif diwujudkan melalui peningkatan peran sektor usaha kecil menengah (UKM) yang kini terus tumbuh. UKM juga merupakan salah satu penopang industri pariwisata. Karena wisata tidak lepas dari kuliner dan suvenir. Wisawatan datang untuk mencicipi kuliner lokal, dan suvenir untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh.

Jaya menilai selama ini, UKM erat kaitannya dengan industri rumah tangga. Industri skala rumah tangga tidak membutuhkan modal yang terlalu besar, namun memerlukan kreativitas yang tinggi. Contohnya untuk membuat suvenir, tidak perlu terlalu rumit yang penting menarik dan mudah dibawa. ”Peran UKM juga sangat penting dalam mendorong kemajuan sektor pariwisata,” tegansya.

Baca Juga :  Ngopi Bareng Aqi: Cetak 5 Ribu Pengusaha Hadapi Resesi

Terlebih telah ada UKM yang mampu memproduksi suvenir yang unik dan mampu bersaing di pasaran. Karena itu, dukungan dari seluruh stakeholder  sangat diperlukan untuk mengembangkan UKM.

“Ini juga yang akan saya dorong jika diamanahi menjadi wakil rakyat di Senayan kelak,” ucapnya.

Disisi lain, Jaya mengapresiasi sejumlah UKM binaan pemerintah yang saat ini sudah mampu memproduksi suvenir yang unik, serta terbuat dari bahan yang ramah lingkungan. Ia berharap pembinaan ini dapat terus dioptimalkan sehingga lebih banyak lagi UKM baru yang mampu menghasilkan kerajinan berbahan baku lokal dengan kualitas terbaik. (ida/r4/*)

Berita Terbaru

Paling Sering Dibaca

Enable Notifications    OK No thanks
/