alexametrics
Rabu, 30 November 2022
Rabu, 30 November 2022

DPRD NTB : Kesuksesan Penyelenggaraan WSBK Layak Diapresiasi

MATARAM-Pelaksaan World Superbike pada pekan lalu di Sirkuit Mandalika dinilai sukses. Komisi 2 Bidang Perekonomian DPRD NTB mengapresiasi kerja luar biasa itu. Terjadi perputaran uang yang besar dan dampak keekonomian luar biasa walaupun secara data masih harus menunggu rilis resmi dari Badan Pusat Statistik (BPS). “Tapi kita melihat hotel-hotel yang penuh, UMKM mendapat manfaat,” kata Ketua Komisi 2 Bidang Perekonomian DPRD NTB Lalu Satriawandi, kemarin (18/11).

Tercatat seperti data yang terhimpun sebanyak 51.629 orang bertransaksi dalam event WSBK. Paling tidak transaksi keuangan yang mereka lakukan untuk membeli tiket menonton. Di samping juga transaksi dengan pembelian produk UMKM selama event. “UMKM yang di lokasi atau di luar kawasan juga mendapatkan dampak positifnya,” ujarnya.

Baca Juga :  Tok! Indra Jaya Usman Jadi Ketua Demokrat NTB

Jumlah yang menonton memecahkan rekor penonton WSBK Sirkuit Silverstone Inggris yang mencatatkan jumlah penonton sebanyak 42.000 penonton. “Tentu ini apresiasi juga atas totalitas komandan lapangan yakni pak Jamaludin Malady yang telah bekerja keras menyukseskan acara,” imbuhnya.

Bahkan secara pribadi kinerja luar biasa itu layak diapresiasi. Mengingat suksesnya acara bukti kemampuan leadership dalam mengomandoi jalannya acara. “Kita sudah lihat semuanya positif, dari sisi rekayasa jalan, pengaturan transportasi, dan sarana pendukung lainnya sudah jauh lebih baik daripada di awal (WSBK 2021 dan MotoGP 2022),” katanya.

Dampak keekonomian itu telah mendorong sektor makro dan mikro. Hal ini merupakan prestasi yang harus dipertahankan dan ke depan harus lebih baik lagi. “Jumlah penonton lebih dari 51.000 orang adalah sebuah prestasi dan pecahkan rekor dunia dalam kondisi prihatin,” ujarnya.

Baca Juga :  HFZ Sediakan Mobil Box Gratis untuk Rakyat

Sementara itu, Jamaludin Malady mengatakan sesuai informasi yang dikeluarkan Dorna penonton di Sirkuit Mandalika sebanyak 51.629 orang. “Untuk tiga hari,” katanya.

Jumlah penonton sebanyak itu sudah pasti membawa dampak besar bagi ekonomi daerah. Terutama bagi UMKM dan pelaku ekonomi kecil lainnya.

“Ini buah kerja sama semua pihak, pak Gubernur hebat kita bang Zul, ITDC, MGPA,” katanya. (zad/r2)

 

Berita Terbaru

Paling Sering Dibaca

Enable Notifications OK No thanks
/