alexametrics
Rabu, 30 November 2022
Rabu, 30 November 2022

KPU Mataram : Daftar PPK dan PPS Lewat Aplikasi SIAKBA

MATARAM-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Mataram akan merekrut Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) di enam kecamatan.

Untuk proses pendaftaran dan seleksi rekrutmen PPK dan PPS ini, KPU Kota Mataram melakukan sosialisasi penggunaan aplikasi sistem informasi anggota KPU dan badan Adhoc (SIAKBA) pada Pemilu serentak tahun 2024.

“PPK dan PPS tahun 2024 mendatang dilakukan pendaftaran melalui SIAKBA,” kata Komisioner KPU Kota Mataram Syaifuddin.

Dia mengutarakan, jumlah kecamatan di Kota Mataram sebanyak enam kecamatan dengan masing-masing kecamatan akan merekrut PPK sebanyak lima orang.  Sementara PPS per kecamatan direkrut tiga orang.  “Rekrutmen PPK dan PPS ini akan dilakukan langsung oleh KPU,” ujar Syaif, sapaan karibnya.

Baca Juga :  Bawaslu Larang Stiker Kampanye di Angkot, Ini Kata Makmur Said

Dia menjelaskan, dalam perekrutan PPK dan PPS menggunakan SIAKBA akan ketahuan rekam jejak pendaftar. Misalnya, orang partai akan ketahuan. “Kita ingin pendaftar PPK dan PPS  bisa tahu aplikasi SIAKBA. Harus melek IT (informasi dan teknologi),” katanya.

Dia menjelaskan, manfaat dari aplikasi SIAKBA bisa mendokumentasikan seluruh proses tahapan seleksi. Baik itu untuk rekrutmen PPK, PPS, hingga KPPS nantinya.

Dikatakan, aplikasi SIAKBA ini sebagai alat bantu proses rekrutmen PPK dan PPS hingga seleksi selesai. “Administrasi atau berkas calon PPK dan PPS secara manual dan selanjutnya akan diinput oleh petugas KPU ke aplikasi SIAKBA,” ujar Syaif.

Dia ingin pendaftar calon PPK dan PPS bisa sebanyak-banyaknya. Karena dengan semakin banyak peserta akan membuat pilihan lebih banyak. Dia terus berinovasi untuk memberikan kemudahan masyarakat untuk akses pelayanan di KPU dengan mengikuti perkembangan era digital. “Semua pihak harus mengikuti SIAKBA untuk mendaftarkan diri sebagai petugas PPK dan PPS,” pungkasnya. (jay/r3)

Berita Terbaru

Paling Sering Dibaca

Enable Notifications OK No thanks
/