alexametrics
Rabu, 30 November 2022
Rabu, 30 November 2022

PAN Copot Fery Sofyan Sebagai Ketua DPD PAN Kota Bima

MATARAM-Ketua DPW PAN NTB H Muazzim Akbar membenarkan Wakil Wali Kota Bima Fery Sofyan diberhentikan menjadi ketua DPD PAN Kota Bima. Kabar pemberhentian itu mencuat seiring beredarnya Surat Keputusan (SK) DPP PAN dengan nomor PAN/A/KPTsKU-SJ/351X/2022. Surat itu ditandatangani Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan dan Sekretaris Jendral (Sekjen) Eddy Soeparno, tertanggal 31 Oktober 2022. “Iya benar,” kata Muazzim Akbar dihubungi Lombok Post, kemarin (20/11).

Pemberhentian ini tidak lepas dari kasus hukum yang membelit Fery Sofyan. Seperti diketahui orang nomor dua di kota Bima itu telah dijatuhi vonis 6 bulan penjara dan denda Rp 1 miliar, subsider 1 bulan penjara pada tingkat kasasi Mahkamah Agung (MA). Setelah dinyatakan terlibat tindak pidana pengelolaan lingkungan tanpa izin dengan mendirikan dermaga pribadi secara ilegal.

Baca Juga :  Jika Terpilih Selly Janjikan Pinjaman Rp 5 Juta Tanpa Bunga

DPP PAN kemudian mengambil sikap. Mencabut keputusannya mengangkat Fery Sofyan sebagai Ketua DPD PAN Kota Bima periode 2020-2025 terhitung sejak keputusan diterbitkan. SK yang dicabut itu yakni SK DPP PAN Nomor: PAN/A/Kpts/KU-SJ/614/XII/2021 tanggal 31 Desember 2021, tentang Perubahan Pertama Kepengurusan DPD PAN Kota Bima periode 2020-2025.

“Setelah SK itu mencabut jabatannya sebagai Ketua DPD PAN Kota Bima, selanjutnya menunjuk saudara Tutur Sutikno sebagai Plt,” terangnya.

Pelaksana Tugas (Plt) selanjutnya sesuai surat tersebut memberikan tugas, wewenang, dan tanggung jawab untuk memimpin DPD PAN Kota Bima. Di antaranya mengaktifkan kepengurusan lengkap dan mempersiapkan program pemenangan Pemilu. Berikutnya memimpin organisasi dan menandatangani surat-surat partai untuk dan/atau atas nama DPD PAN Kota Bima baik surat kepada pihak eksternal maupun internal partai.

Baca Juga :  PAN NTB Mulai Rumuskan Strategi Memenangkan Pemilu 2024

Tugas berikutnya, melakukan percepatan konsolidasi internal organisasi dan menetapkan prioritas program kerja DPD PAN Kota Bima sisa masa bakti periode 2020-2025; Melaksanakan koordinasi dan pembinaan kepada DPC dan DPRt PAN se Kota Bima dalam rangka mempersiapkan program pemenangan pemilu;

Menjaga nama baik partai, menegakkan disiplin organisasi, dan mengembangkan peran serta kader dalam kegiatan kepartaian, sehingga DPD PAN Kota Bima dapat tumbuh dan berkembang menjadi partai yang maju dan memenangkan Pemilu 2024.

Apakah Plt juga akan bertugas menyiapkan Musyawarah Daerah Luar Biasa (Musdalub)? Muazzim Akbar mengatakan tidak. “Tidak ada (Musdalub), tugasnya memimpin sampai akhir masa jabatan sebagai Plt yang diberikan DPP,” katanya. (zad/r2)

 

Berita Terbaru

Paling Sering Dibaca

Enable Notifications OK No thanks
/