alexametrics
Rabu, 30 November 2022
Rabu, 30 November 2022

Kalangan Pesantren Dukung Prof Masnun jadi Pj Gubernur NTB

MATARAM-Dukungan bagi TGH Prof Dr Masnun Thahir sebagai Penjabat (Pj) Gubernur NTB terus mengalir. Kali ini datang dari ulama NTB TGH Hazmi Hamzar. Tak sendiri, dukungan itu diungkapkannya juga muncul dari ratusan pimpinan Pondok Pesantren (Ponpes) yang ada di NTB.

“Jumlah ponpes di NTB ini sekitar 700, paling tidak setengahnya (bisa mendukung Prof Masnun),” kata TGH Hazmi Hamzar, kemarin (21/11).

Dukungan ini dalam kapasitasnya juga sebagai salah satu pengasuh pondok pesantren Maraqitta’limat NTB. Dalam komunitas pengasuh pondok pesantren, sudah banyak juga yang menyuarakan agar Prof Masnun yang mendapat mandat sebagai Pj Gubernur di masa jeda menuju Pilgub 2024.

“Oh ya dukungan (dari ratusan Ponpes) itu yang akan kita bawa, besok hari Kamis, saya akan bertemu Wapres (Wakil Presiden), di sana saya akan sampaikan secara lisan (harapan ponpes di NTB),” ujar anggota DPRD NTB ini.

Sementara itu, ditanya apa pertimbangan memberi dukungan, dikatakan bila sejauh ini hanya Prof Masnun yang dianggap paket komplit. Baik dari sisi ketokohan, pendidikan, kapasitas, jaringan, hingga hubungannya yang luas dengan semua kalangan.

Baca Juga :  Demokrat Mataram Targetkan Rebut Enam Kursi di Pemilu 2024

“Dari sisi syarat harus eselon 1 (Prof Masnun telah memenuhinya),” katanya.

Begitu juga dalam kapasitas leadership pemerintahan Prof Masnun dianggap sangat mumpuni. Pengalamannya sebagai rektor UIN dan kesuksesannya dalam memimpin PWNU NTB menjadi alas sekaligus cerminan kemampuannya memimpin pemerintahan. “Lebih-lebih dia seorang profesor,” tekannya.

Selanjutnya dari sisi komunikasi lintas lembaga terutama yang tergabung dalam Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda). Ada hubungan yang sangat hangat di antara Prof Masnun dengan pimpinan berbagai lembaga itu. Di mana hal itu diperlukan untuk menjaga stabilitas dan kondusifitas daerah dalam upaya melanjutkan pembangunan. “Hubungannya dengan Danrem, Kejaksaan, Kepolisian semua kami lihat sangat bagus, dari atas ke bawah semua sangat baik,” ujarnya.

Bahkan dalam posisinya yang cukup strategis di organisasi Nahdlatul Ulama (NU), sangat memungkinkan pula Prof Masnun berkoordinasi dengan pimpinan negara. “Ke atas dengan Wapres bisa saja,” ujarnya.

Baca Juga :  TGH Hazmi Hamzar Kecam Pernyataan Menag

Kalau dengan tokoh agama yang ada di NTB tidak perlu diragukan lagi. Jaringan komunikasi dengan para tuan guru yang tersebar di banyak ormas keagamaan sangat harmonis. “Luas (jaringan komunikasi), dia punya kemampuan, terlebih juga putra daerah,” tekannya.

Sehingga tidak perlu mendatangkan tokoh luar untuk memimpin NTB. Bila NTB sendiri memiliki putra daerah yang memiliki kemampuan komplit. “Kita punya SDM, ndak usah lah kita datangkan dari luar,” ujarnya.

Sebelumnya, Sekretaris PWNU NTB HL Aksar Ansori juga memberi dukungan pada Prof Masnun sebagai Pj Gubernur NTB. “Tentu kami senang Prof Masnun disebut-sebut sebagai salah satu figur (kandidat Pj Gubernur) dan kami tahu betul beliau memiliki kapasitas, kompetensi, dan integritas untuk mengemban tugas tersebut baik secara intelektual maupun sosial,” kata mantan Ketua KPU NTB ini. (zad/r2)

Berita Terbaru

Paling Sering Dibaca

Enable Notifications OK No thanks
/