alexametrics
Kamis, 22 Oktober 2020
Kamis, 22 Oktober 2020

Polisi Pantau Kampanye Hitam di Pilwali Mataram

MATARAM-Pelaksanaan Pilkada di Kota Mataram mendapat atensi penuh pihak TNI-Polri. Polresta Mataram dan Kodim 1606 Lobar telah melakukan pemetaan potensi konflik dan mencegah secara dini beberapa konflik yang biasa terjadi pada masa Pilkada.

“Kami sudah melakukan pemetaan dan mitigasi konflik. termasuk deteksi dini konflik, ini penting untuk mewujudkan Pilkada yang aman dan demokratis,” jelas Kapolresta Mataram Kombes Pol Guntur Herditrianto kepada Lombok Post kemarin (23/9).

Ditemui usai menghadiri acara penetapan pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Mataram di Kantor KPU Kota Jalan Lingkar Selatan, upaya akan ditingkatkan pasca penetapan calon. Salah satunya seperti kegiatan pengundian nomor urut pasangan calon yang akan dilakukan di Hotel Grand Legi malam ini.

“Apalagi kegiatannya dilakukan malam hari. Kalau dibiarkan ada kegiatan pengumpulan massa, ini bisa menjadi salah satu potensi (konflik),” ungkapnya.

Belum lagi kepentingan saling tarik simpati dukungan terhadap paslon. Sehingga masa kampanye juga dinilai sebagai salah satu potensi memunculkan gangguan kamtibmas di masa Pilkada. Sehinga Polresta Mataram akan meningkatkan deteksi dini.

Terkait dengan penggunaan media sosial oleh para pendukung dan simpatisan, Polresta Mataram berkoordinasi dengan Bawaslu. Pihak kepolisian akan menggunakan rujukan UU ITE. Memantau aktivitas penggunaan media sosial di kalangan para pendukung. “Jika ada konten yang menimbulkan gejolak akan kami tindaklanjuti. Mana yang SARA dan menjatuhkan salah satu paslon akan kami tindaklanjuti di Gakkumdu,” tegasnya.

Terlebih, Polrestas Mataram punya tim patroli cyber. Jika ada sebuah postingan yang dianggap memecah belah, maka hal itu dikenakan sanksi pidana dan mengambil tindakan tegas.

Di tempat yang sama, Komandan Kodim 1606 Kolonel Arm Gunawan mengatakan pihaknya mengerahkan 236 anggota mengawal Pilkada. Dibantu Batalyon 742 dan dan pasukan di jajaran Korem 162/WB yang siap siaga.

Menurutnya pengendalian diri dari tim pemenangan pasangan calon sangat dibutuhkan untuk menjaga Pilkada berjalan damai dan lancar. Paslon harus bisa mencegah pendukungnya agar tidak bertidak melanggar aturan dan mengganggu kondusivitas daerah.

“Kadang mereka tidak bertanggung jawab dan bertindak macam-macam, ini sudah kami antisipasi dengan Polresta. Makanya Bapaslon harus mengendalikan pendukungnya dan bertanggung jawab atas mereka,” pintanya. (ton)

- advertisement mobile-

Berita Terbaru

Kenali La Nina, Waspadai Dampaknya

HUJAN dengan intensitas sedang hingga tinggi mengguyur sebagian wilayah Indonesia beberapa waktu belakangan ini. Tentu banyak pihak yang bertanya-tanya, apakah memang musim hujan telah datang ? Berdasarkan prakiraan awal musim kemarau tahun 2020/2021 oleh BMKG, musim kemarau tahun 2020 ini sifatnya memang tidak sekering tahun sebelumnya.

17 Ribu Tenaga Kesehatan NTB Bakal Divaksin Lebih Dulu

Pemprov NTB telah menyetor nama-nama tenaga kesehatan untuk diberikan vaksin anti Covid-19. ”Daftar tenaga medis sudah saya serahkan ke pusat,” kata Kepala Dinas Kesehatan NTB dr Hj Nurhandini Eka Dewi, kemarin (20/10).

Kampanye Sehat di Dompu Pasangan Eri-HI Bagi Masker untuk Para Lansia

PASANGAN Calon Bupati dan Wakil Bupati Dompu Eri Aryani-H Ichtiar (Eri-HI) terus menyuarakan kampanye sehat. Salah satunya dengan bagi-bagi masker saat ada kegiatan kampanye tertutup.

Juri Kampung Sehat NTB Mulai Menilai Pemenang di Sumbawa

Tim Penilai Lomba Kampung Sehat tingkat provinsi sedang berada di Sumbawa. Penilaian kini sedang dilakukan pada tiga pemenang Lomba Kampung Sehat tingkat kabupaten di wilayah tersebut. Yang sudah dinilai hingga kemarin Kelurahan Samapuin dan Desa Moyo Hilir.

XL Axiata, Pertama di Asia Tenggara yang Pakai SAP S/4HANA Cloud

“XL Axiata berhasil melakukan transformasi menjadi pemimpin dalam hal penyedia layanan digital dan data. Kami sangat percaya dan berkomitmen penuh terhadap transformasi digital sebagai bagian dari strategi bisnis perusahaan,” kata Yessie D. Yosetya, Director & Chief Information-Digital Officer XL Axiata.

Anggota DPR RI Ragukan NTB Siap Selenggarakan MotoGP

”Kami belum melihat ada promosi besar-besaran di tengah masyarakat,” katanya dalam keterangan pers di restoran Taliwang H Moerad, Rabu (20/10/2020).

Paling Sering Dibaca

Perubahan Sosial di Era Pandemi

KEHADIRAN pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) telah mengubah tatanan dunia dalam waktu singkat. Barangkali juga tidak ada yang pernah membayangkan bahwa pandemi ini akan menyebabkan derita kemanusiaan yang begitu mendalam. Bahkan dalam waktu yang tidak lama, pandemi ini telah menyebar secara cepat dalam skala luas dan menimbulkan banyak korban jiwa.

52 Ribu UMKM NTB Bakal Dapat Bantuan Presiden Rp 2,4 Juta

Pemprov NTB mengusulkan 52.661 UMKM sebagai penerima bantuan presiden (banpres) produktif. ”Data ini terus kita perbarui sampai minggu kedua bulan September,” kata Kepala Dinas Koperasi dan UKM NTB H Wirajaya Kusuma, pada Lombok Post, kemarin (23/8).

Bantuan Presiden, Pedagang Kaki Lima Bakal Diberi Rp 2,4 Juta

Kucuran bantuan pemerintah dalam rangka stimulus ekonomi di tengah pandemi Covid-19 semakin beragam. Kemarin (19/8) sore di halaman tengah Istana Merdeka bersama sejumlah pedagang kecil, Presiden Joko Widodo (Jokowi) memperkenalkan Bantuan Presiden (Banpres) Produktif.

Perkembangan Bahasa Indonesia sebagai Pemersatu Bangsa

Kongres pemuda kedua pada 28 Oktober 1928 menyatakan pengakuan terhadap tumpah darah yang satu, tanah air indonesia; satu bangsa, bangsa Indonesia; dan menjunjung bahasa...

Pemerintah Janji Bantu UMKM NTB Terdampak Korona, Ini Syaratnya

encairan bantuan Rp 800 triliun bagi UMKM dan IKM masih menunggu petujuk pemerintah pusat. ”Kita tunggu petunjuk teknisnya dari kementerian koperasi UKM,” kata Kepala Dinas Koperasi dan UKM NTB Wirajaya Kusuma, Jumat (10/7
Enable Notifications    Ok No thanks