Selasa, 31 Januari 2023
Selasa, 31 Januari 2023

Rayakan Ultah ke-76 Megawati Soekarnoputri, Kado Dapur Umum dari Bumi Gora

Ketua Umum DPP PDI Perjuangan Hj Megawati Soekarnoputri, genap berusia 76 tahun, Senin (23/1), kemarin. Para kader PDI Perjuangan di NTB berbahagia atas usia panjang yang dianugerahkan Sang Pencipta pada putri Bung Karno tersebut. Sebagai rasa syukur, PDIP menggalang gerakan hidup sehat dengan membuka dapur umum untuk warga kabupaten/kota di seluruh Bumi Gora.

 

—————————————————————

 

KADER-Kader Banteng di seluruh NTB dengan antusias membuka dapur umum tersebut semenjak pagi. Mereka memasak dan mengolah aneka menu sajian yang murah meriah, namun sehat dan bergizi. Seluruh makanan hasil olahan tersebut selanjutnya dibagikan kepada masyarakat. Terutama kepada anak-anak sebagai bagian dari ikhtiar nyata untuk mencegah stunting.

Dapur-dapur umum dibuka di Kantor PDIP Perjuangan di seluruh kabupaten/kota di NTB. Di Kota Mataram, dapur umum dipusatkan di Kantor DPD PDIP NTB di Jalan Lingkar Selatan. Di sana, dapur umum dibuka oleh kader PDIP dari enam kecamatan di Ibu Kota Provinsi NTB ini. Ketua DPD PDIP NTB H Rachmat Hidayat bersama para pengurus PDIP NTB dan Pengurus DPC PDIP Kota Mataram, terlibat langsung dalam dapur umum tersebut.

“Hari ini, 23 Januari, bertepatan dengan 1 Rajab 1444 Hijriah, kita memperingati kelahiran putri bangsa. Seluruh kita merayakan. Kita bermunajat kehadirat Allah SWT, Tuhan Yang Mahakuasa, agar kiranya Ibu Ketua Umum diberi umur panjang, sehat selalu, dijaga oleh Allah SWT dalam perjalanannya memimpin bangsa yang kita cintai…,” kata Rachmat Hidayat.

Rasa syukur para kader kian berlipat, karena pada tahun ini, Ultah Ibu Mega bertepatan dengan tanggal 1 Rajab 1444 Hijriah. Bulan Rajab kata Rachmat adalah satu dari empat asyhurul hulum, yakni bulan-bulan yang dimuliakan Allah SWT dimana doa-doa diijabah.

Baca Juga :  PKS Minta Mo-Novi Bangun Kolaborasi yang Kuat di Sumbawa

Anggota DPR RI dari Pulau Lombok ini mengungkapkan, Ibu Mega tidak ingin merayakan ulang tahun dengan berhura-hura. Atau pun dengan pesta-pesta. Sebaliknya, Ibu Mega ingin para kader PDIP di seluruh Indonesia, termasuk di NTB, melaksanakan Gerakan Hidup Sehat dengan membuka dapur umum untuk membagikan makanan sehat dan bergizi kepada masyarakat dan juga melakukan Gerakan Merawat Ibu Pertiwi dengan menanam pohon dan aksi-aksi bersih-bersih sungai.

Ibu Mega memang begitu mencintai bumi dan lingkungan. Karena itu kata Rachmat, seluruh kader PDIP tidak saja diperintahkan sekarang ini untuk menanam pohon dan melakukan aksi bersih-bersih sungai sebagai bentuk perayaan dan rasa syukur atas ulang tahun. Namun, secara konsisten hal tersebut telah diperintahkan semenjak lama.

“Bahkan, semenjak tahun 2003, Ibu Mega begitu konsisten memerintahkan seluruh kader untuk melakukan gerakan tanam tanaman pangan pengganti nasi. Termasuk memperhatikan pertumbuhan anak-anak bangsa untuk atasi stunting,” ungkap Rachmat.

Politisi senior NTB ini mengatakan, gerakan hidup sehat dan gerakan merawat ibu pertiwi tersebut adalah budi luhur yang ditanamkan pada seluruh kader PDI Perjuangan oleh Ibu Mega.

“Hari ini, kita kembali berkumpul bersama. Jangan lalai pada perintah Ibu. Camkan baik baik. Itu bermakna. Ibu Mega mengatakan, suatu saat akan datang masa dimana terjadi kekurangan makanan. Dan itu benar terjadi sekarang,” kata Rachmat sembari menjelaskan betapa bencana dan pandemi Covid-19 telah meruntuhkan ketahanan pangan sejumlah negara di belahan dunia.

Tokoh kharismatik Bumi Gora ini lalu bercerita, bagaimana dirinya diperintah pada 2003 untuk menanam setiap jengkal pekarangan tanah yang dimiliki dengan pohon. Bahkan Ibu Mega hadir secara langsung untuk mencanangkan penanaman pohon manggis di halaman rumah pribadinya bersamaan dengan peresmian tower sekaligus Posko Gotong Royong PDIP NTB. Pohon manggis tersebut kini sudah berbuah dan buahnya memberi kemanfaatan besar untuk masyarakat sekitar.

Baca Juga :  Pengurus Demokrat NTB Buru Pendukung Senyap KLB

Di lain waktu, Ibu Mega juga ingin perayaan Ultahnya dihadiahi kader PDI Perjuangan di NTB dengan berdirinya sebuah kantor partai yang representatif. Kantor tersebut kemudian mulai dibangun pada tahun 2014 dan diresmikan Ibu Mega pada tahun 2015 di Jalan Lingkar Selatan, Kota Mataram. Saat itu, Ibu Mega pun memerintahkan agar kantor DPD PDIP Perjuangan tersebut disiapkan Green Belt atau Sabuk Hijau, dengan sekelilingnya ditanami pepohonan. Publik Bumi Gora kini bisa menyaksikan sendiri, Kantor DPD PDIP NTB tersebut menjadi satu-satunya kantor partai di NTB yang sangat asri karena pepohonan yang rimbun nan menghijau di sekelilingnya.

Maka, pada perayaan Ultah Ibu Mega ke-76 saat ini, seluruh kader PDIP NTB juga kata Rachmat akan sangat antusias untuk kembali menanam pohon dan menggelar aksi-aksi bersih sungai yang akan dilakukan serentak pada 28 Januari, di mana juga bersamaan dengan kegiatan serupa di seluruh Indonesia.

“Aksi menanam pohon dan bersih-bersih sungai ini bagian dari dedikasi Ibu Mega yang sangat mencintai tanaman dan lingkungan hidup,” imbuh Rachmat.

Gerakan hidup sehat dan dapur umum tersebut pun kemudian diakhiri dengan doa bersama seluruh kader untuk Ibu Mega dan Bangsa Indonesia. Selanjutnya, makanan dari dapur umum dibagikan kepada warga, diawali dengan pembagian kepada anak-anak sebagai bagian dari pemenuhan gizi yang seimbang untuk pencegahan stunting. (ADV/*)

Berita Terbaru

Paling Sering Dibaca

Enable Notifications OK No thanks