alexametrics
Sabtu, 25 Juni 2022
Sabtu, 25 Juni 2022

BUMD Bisa Lakukan Banyak Peran Strategis

GERUNG-Pembangunan daerah yang selama ini dibebankan pada APBD sebenarnya bisa dimaksimalkan dengan mengoptimalisasi peran BUMD dan pengelolaan dana CSR pihak swasta. Hal ini dikatakan Lalu Nofian Hadi, Caleg DPRD NTB dari PKS nomor 11 Dapil Lombok Utara dan Lombok Barat. ”Di beberapa daerah, optimasisasi peran BUMD sudah dilakukan dan terbukti,” katanya, Kamis (21/2)

Target dan kinerja yang kecil, akhirnya juga hanya menghasilkan benefit yang kecil juga. Bukan hanya tak mampu menciptakan Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang besar, BUMD umumnya juga tidak akan mampu menyediakan lapangan pekerjaan. ”Pola pemaksimalan BUMD di Provinsi Jawa Barat bisa menjadi contoh,” sarannya.

Ia yang sudah melakukan studi dan kajian di Bandung menjelaskan, Jawa Barat memberi porsi kerja dan target yang besar untuk BUMD. ”Misalnya PD Pasar Jabar, itu BUMD mengelola pasar tradisional yang ada. Mulai dari jasa sampai bagaimana pengelolaan sampahnya,” katanya menyebut satu contoh.

Baca Juga :  Jangan Sekadar Jual Jargon

Untuk pemanfaatan CSR perusahaan swasta, Jabar juga menbentuk Forum CSR. Lembaga ini yang mengelola dana CSR untuk pembangunan sarana dan insfrastruktur masyarakat. ”Jika ini dikelola dengan baik, akan bermanfaat besar bagi pembangunan daerah,” katanya.

Dalam konteks NTB, misalnya di Lombok Utara BUMD yang khusus mengurus Pariwisata dibentuk. Perusahaan itu selanjutnya mengelola potensi yang ada di kawasan Gili. ”Ini bukan dengan mengutip dana pajak dan retribusi, tapi dengan memanfaatkan CSR perusahaan. Bayangkan di Gili itu ada berapa banyak hotel, nah pajak dan retribusi tetap langsung jadi PAD sementara CSR bisa dikelola untuk pembangunan kawasan itu sendiri melalui BUMD,” katanya.

Hal yang sama juga bisa dilakukan di Lombok Barat yang juga memiliki banyak destinasi wisata. Dengannya juga akan banyak membuka peluang hadirnya lapangan pekerjaan bagi masyarakat. ”Selama ini CSR juga belum maksimal dimanfaatkan,” tukasnya. (yuk/r4/*)

Baca Juga :  Mohan-Mujib dan Firin-Fud Kantongi SK Dukungan PPP

Berita Terbaru

Paling Sering Dibaca

Enable Notifications    OK No thanks
/