alexametrics
Sabtu, 28 Mei 2022
Sabtu, 28 Mei 2022

Selain Visi Misi, DPP Pantau Rekam Jejak Calon Ketua Demokrat NTB

MATARAM-Penentuan Ketua DPD Partai Demokrat NTB memasuki waktu-waktu paling mendebarkan.

Informasi yang dihimpun Lombok Post, dua calon Ketua DPD Partai Demokrat NTB tidak hanya diminta visi-misinya dalam membesarkan partai berlambang bintang Mercy itu.

Tetapi rekam jejak, kedua calon antara lain Indra Jaya Usman (IJU) yang juga Ketua DPD Partai Demokrat Lombok Barat (Lobar) dan HM Sukiman Azmy yang juga Bupati Lombok Timur, dikuliti.

DPP berupaya memastikan agar kedua calon itu, clear and clean rekam jejaknya. Sehingga memenuhi syarat kepantasan duduk sebagai nakhoda Demokrat NTB.

Bupati Sukiman, misalnya diklarifikasi sejumlah isu antara lain, kebenaran pernah bersinggungan dengan partai Golkar, Gerindra, dan HKTI versi Moeldoko.

Dikonfirmasi terkait hal itu, Ketua DPD Partai Demokrat NTB Demisioner TGH Mahalli Fikri tidak menampik. Bahkan dirinya termasuk yang dimintai keterangan oleh DPP.

“Iya memang benar, kedua calon dimintai rekam jejaknya, saya termasuk yang dimintai mencari keterangan,” ungkapnya kemarin (24/1).

Baca Juga :  Pleno Musda Demokrat NTB Tetapkan Dua Bakal Calon Ketua

Hasil penelusurannya, Sukiman dikaitkan dengan Golkar tidak lepas dari namanya yang sempat dihebohkan akan bersaing berebut kursi Ketua DPD Golkar NTB.

“Tetapi isu itu memang tidak pernah direspons oleh pak Sukiman, sehingga itu akhirnya berakhir sebagai sebatas isu,” terangnya.

Berikutnya terkait Gerindra, Sukiman, pernah berminat tampil dalam perebutan kursi Ketua DPD Gerindra NTB.

“Tetapi karena adanya perbedaan pandangan (dengan beberapa tokoh Gerindra), rencana itu tidak dilanjutkan,” terangnya.

Sementara yang paling cukup mendapat atensi yakni kebenaran Sukiman sebagai anggota HKTI Moeldoko.

“Sementara kita tahu, bagaimana Demokrat sangat menghindari hal-hal yang ada kaitannya dengan Moeldoko,” jelasnya.

Alhasil, informasi yang diserapnya, kehadiran Sukiman mengenakan pakaian HKTI itu, rupanya bukan sebagai anggota HKTI Moeldoko. “Tetapi undangan karena yang dilantik saat itu Wakil Bupati Lotim H Rumaksi, sebagai ketua HKTI NTB,” jelasnya.

Sementara, terkait IJU tidak banyak yang ditanyakan ke dirinya. “Ya kan karena IJU berangkat dari kader partai ya,” terangnya.

Baca Juga :  Pengamat : Realistis Sukiman Ketua, IJU Sekretaris Demokrat NTB

Namun, Mahalli tak menampik, IJU sempat ditanyakan tentang hubungan keluarga dengan salah satu anggota petinggi partai Gerindra di Lombok Barat.

“Ya itu juga ditanyakan ke saya,” katanya.

Mahalli lantas menyampaikan harapan pada DPP Demokrat, agar siapapun yang terpilih, nantinya merupakan figur yang lebih baik dari dirinya.

“Figur yang memiliki kapasitas dan memiliki potensi serta modal politik yang nyata untuk membesarkan partai,” tekannya.

Dirinya lantas menggambarkan situasi persaingan politik di NTB ke depan yang akan sangat sengit dan rumit.

“Golkar diketuai seorang wali kota, PKS hari ini memiliki seorang Gubernur, Gerindra diketuai Bupati, PPP diketuai wakil ketua DPRD NTB, NasDem diketuai Wakil Gubernur, maka Demokrat harus mengambil kebijakan yang tepat untuk tetap menjaga peluang besar bersaing di politik NTB,” pungkasnya. (zad/r2)

 

 

 

 

 

 

 

 

Berita Terbaru

Paling Sering Dibaca

Enable Notifications    OK No thanks
/