alexametrics
Jumat, 12 Agustus 2022
Jumat, 12 Agustus 2022

HBK Hibur Warga KLU dengan Nobar Wayang

TANJUNG-Warga Kabupaten Lombok Utara (KLU) akhir pekan kemarin dimanjakan dengan gelaran wayang yang digelar H Bambang Kristiono (HBK). Penonton tampak terhibur dengan kisah-kisah yang disajikan Dalang kenamaan Lalu Nasib AR.

Untuk masyarakat, HBK menyiapkan tema khusus. Cerita Wayang Sasak terkait pemilu damai diangkat. Tujuannya mengajak menyikapi pilpres dan pileg dengan baik. Baginya, beda pilihan tak boleh sampai merusak persaudaraan. Masyarakat juga  diingatkan tak mudah percaya berita bohong. Harus melakukan cek dan ricek terlebih dahulu terhadap setiap informasi yang masuk. ”Korban gempa tentu butuh sekali acara yang menyenangkan dan menghibur, juga berisi,” kata HBK.

Ketua Badan Pengawas dan Disiplin (BPD) Gerindra ini menyebut, pentas wayang sekaligus untuk menggali budaya leluhur yang telah diwariskan. Dia tak ingin Wayang Sasak punah hanya karena tergerus zaman. ”Kedepan kita bersama harus kembangkan wayang ini supaya tidak hilang,” sambungnya.

Baca Juga :  Menanti Rematch Johan-Najmul

Caleg DPR RI nomor satu Dapil NTB II Pulau Lombok itu menyebut, generasi sekarang harus dilibatkan menjaga budaya. Dengannya ada keberlangsungan dan jaminan warisan leluhur tak hilang. ”Bersama saya telah hadir TGH Hasanain Juwaini, beliau yang akan menjelaskan soal Wayang Sasak,” imbuhnya.

Hasanain sebagai Ketua Persatuan Pedalangan Indonesia (Pepadi) NTB TGH mengungkapkan, Wayang Sasak adalah sarana menyampaikan dakwah. Di seluruh NTB, pentas wayang coba dikembalikan kepada fungsi awal sebagai sarana dakwah itu.  ”Wayang untuk menyebarkan tentang agama, ini harus dipertahankan,” katanya mengapresiasi inisiasi HBK.

Hasanain menyebut, juga akan menginisiasi sekolah pedalangan di desa-desa. Dengan begitu Wayang Sasak akan terpelihara. ”Harus terus dihadirkan dalang-dalang muda sebagai regenerasi,” tambahnya. (yuk/r4/*)

Berita Terbaru

Paling Sering Dibaca

Enable Notifications    OK No thanks
/