alexametrics
Selasa, 20 April 2021
Selasa, 20 April 2021

KPU NTB Siapkan Rancangan Anggaran Pemilu 2024

MATARAM-Pemilihan umum (Pemilu) dan pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak akan dilaksanakan pada 2024 nanti. “(Pemilu) tiga tahun lagi,” kata Ketua KPU NTB Suhardi Soud, Senin (29/3/2021).

Tetapi penyelenggara, dalam hal ini Komisi Pemilihan Umum (KPU), termasuk KPU NTB sudah mulai sibuk melakukan persiapan. Kerja maraton pemilu dan pilkada serentak 2024 dimulai dengan penyusunan dokumen dan rencana kerja.

“Di tahun 2024 dengan UU yang ada saat ini, akan ada dua pemilu, yaitu pemilu legislatif dan pemilu presiden serentak di awal tahun 2024,” kata Suhardi.

Selain itu di tahun yang sama, akan ada pemilihan gubernur NTB, bupati, dan wali kota. “Itu pada triwulan keempat (November) tahun 2024,” jelasnya.

Padatnya agenda politik tahun 2024 membuka peluang tahapan pemilu diperpanjang. Sehingga penyelenggara membutuhkan waktu ekstra melakukan persiapan agar pesta demokrasi 2024 dapat berjalan sesuai harapan.

Seperti diketahui KPU RI sebelumnya telah mengungkap ke publik harapannya memperpanjang tahapan pemilu menjadi 30 bulan. “Tetapi itu harus menunggu persetujuan pemerintah dan DPR,” ujarnya.

Andai usulan itu disetujui, maka secara teknis akan berdampak terhadap kerja KPU di pusat, provinsi, hingga daerah memulai persiapan lebih awal. “(Kalau disetujui) bisa dimulai Semester dua tahun ini,” ujarnya.

Karena itu, sebagai antisipasi terpenuhinya harapan itu, KPU NTB dan kabupaten/kota telah mempersiapkan pemaparan rancangan anggaran pemilu 2024. “(tindak lanjut dari) RDP dengan Komisi II DPR RI beberapa waktu lalu,” terangnya.

KPU NTB mulai mencermati, merinci, dan memberi masukan terhadap rancangan anggaran pemilu 2024. Di mana penganggarannya akan dimulai dari tahun 2021 sampai 2025.

“Perencanaan anggaran yang baik tentu diharapkan berdampak sukses pada penyelenggaraan pemilu 2024,” pungkasnya. (zad/r2)

Berita Terbaru

Paling Sering Dibaca

Enable Notifications   OK No thanks