alexametrics
Sabtu, 28 Mei 2022
Sabtu, 28 Mei 2022

Pelantikan Pimpinan Definitif DPRD NTB Tunggu SK dari Mendagri

MATARAM-Rapat Paripurna DPRD NTB pada Kamis (28/4/2022) lalu, menyepakati dua penggantian Wakil Ketua DPRD NTB dari fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) yakni dari Abdul Hadi kepada Yek Agil serta dari fraksi Gerindra yakni Mori Hanafi kepada Nauvar Furqoni Farinduan. Pelantikan kedua pimpinan definitif ini kini tinggal menunggu surat keputusan (SK) Menteri Dalam Negeri.

“Masih menunggu SK dari Mendagri,” ucap Anggota Fraksi PKS DPRD NTB Yek Agil, Sabtu (30/4/2022).

Ia menjelaskan, SK dari DPP PKS sudah didapatkan sehingga telah dilakukan koordinasi dengan Pemprov NTB melalui bidang pemerintahan dan diteruskan ke Mendagri.

Sebab, aturan mengharuskan pengusulan calon  atau penggantian pimpinan dewan ke Mendagri dilakukan melalui Gubernur NTB. Jadi DPRD NTB sudah melakukan mekanisme yang dimaksud.

Baca Juga :  PKS Dorong Perempuan Pimpin Mataram

“Karena paripurna kemarin hanya pintu masuk untuk proses selanjutnya. Sampai SK dari Mendagri terbit, baru (kemudian, red) dilakukan prosesi pelantikan atau pengambilan sumpah jabatan dalam sidang paripurna DPRD,” tambah anggota Komisi II DPRD NTB Bidang Perekonomian ini.

Menyinggung posisi apa yang akan diisi Abdul Hadi selepas jadi pimpinan dewan, diakui Yek Agil belum ada pembicaraan lebih lanjut antara anggota fraksi PKS.

“Belum dibicarakan di fraksi,” singkatnya.

Sebelumnya, Wakil Ketua I DPRD NTB Mori Hanafi mengatakan, pelantikan pimpinan definitif masih menunggu SK Mendagri. Artinya, selama SK ini belum keluar pelantikan belum dapat dilakukan. Serta dirinya secara de facto masih menjabat sebagai salah satu pimpinan dewan di Udayana (DPRD NTB, red).

Baca Juga :  Evaluasi JPS Gemilang II Masih Nihil, Dewan Tepis "Masuk Angin"

“Kemungkinan dua bulan (SK Mendagri, red) keluar. Jadi secara de facto saya masih menjabat (Wakil Ketua I DPRD NTB, red),” singkat politisi Gerindra itu.

Terpisah, mengutip status Wakil Ketua III DPRD NTB Abdul Hadi dari laman Facebook miliknya, dikatakan regenerasi kepemimpinan DPRD NTB sudah menjadi tugas untuk melahirkan pemimpin baru dan kuat untuk melanjutkan pembangunan NTB Gemilang.

“Regenerasi kepemimpinan DPRD Provinsi NTB, tugas kami untuk melahirkan pemimpin baru dan kuat untuk melanjutkan pembangunan NTB Gemilang kita,” tulisnya disertai unggahan beberapa foto selama sidang paripurna. (ewi/r10)

Berita Terbaru

Paling Sering Dibaca

Enable Notifications    OK No thanks
/