alexametrics
Sabtu, 23 Oktober 2021
Sabtu, 23 Oktober 2021

Sinyal Dukungan PAN ke Dr Zul di Pilgub 2024

MATARAM-Salah satu yang menarik dalam acara pelantikan pengurus DPW provinsi dan DPD kabupaten/kota PAN se NTB Senin (27/9) adalah pernyataan Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan (Zulhas) yang mendukung Dr Zulkieflimansyah maju lagi di Pilgub 2024.

Zulhas kemudian mengungkapkan kedekatannya dengan Dr Zul yang juga Gubernur NTB, saat ini.

“Saya dengan beliau sangat dekat, kami satu komisi dulu di DPR RI,” kata Zulhas, mengenang saat sama-sama sebagai anggota DPR RI dulu, Senin (27/9).

Kedekatan selama menjadi anggota DPR RI membuat hubungan mereka tak lekang oleh waktu. Walaupun secara politik akhirnya PAN pada Pilgub 2018 lalu berbeda jalan dengan memilih pasangan lain.

Namun, di hadapan Dr Zul, Zulhas tiba-tiba memberi sinyal arah dukungan PAN yang kemungkinan besar diberikan untuk Dr Zul.

“Pak gubernur ini teman dekat, Insya Allah kita dukung untuk periode mendatang,” katanya mengumbar janji.

Seperti diketahui pada Pilgub 2018 lalu PAN mendukung rival Zul-Rohmi yakni H Ahyar Abduh-H Mori Hanafi. Dukungan itu dikatakannya bukan tanpa alasan, salah satunya karena mantan Wali Kota Mataram dua periode itu sangat baik pada PAN.

Sehingga PAN merasa berutang budi dan membalasnya dengan dukungan politik.

“Karena prinsipnya PAN itu kalau ada orang yang berbuat baik pada kita, maka kita harus lebih baik dari mereka,” ungkapnya.

Zulhas menyebut memiliki visi keindonesiaan yang sama dengan Dr Zul. Sehingga dia berharap dengan visi yang sama, di Pilgub 2024 nanti dapat meramu semangat perjuangan yang sama di NTB.

Sekretaris DPW PAN NTB Hasbullah Muis dimintai tanggapan atas sinyal positif yang diberikan Zulhas untuk Dr Zul menjelaskan bila arah dukungan pada Pilgub memang domain DPP.

Apapun yang menjadi keputusan DPP akan ditaati dan dipatuhi DPW hingga DPD kabupaten/kota sampai struktur paling bawah.

“Apapun yang diputuskan DPP ya kami sami’na wa atho’na,” tegasnya.

Sekalipun pernyataan Zulhas belum menjadi sikap resmi, namun sinyal itu bisa berarti isyarat kuat bagi DPP memberikan dukungan pada Dr Zul di Pilgub 2024 nanti.

Dengan catatan hubungan PAN dan Dr Zul tetap baik sampai Pilgub digelar. “Ini kan domain DPP ya, jadi apapun yang diputuskan DPP itulah yang kita laksanakan nanti,” imbuhnya.

Lantas apakah ini akan mempengaruhi pula sikap politik PAN di DPRD NTB?

Pria yang akrab disapa Konco itu memastikan tidak ada yang akan berubah dengan sikap Fraksi PAN di DPRD NTB.

“Sikap kami sudah jelas (dalam pemerintahan Zul-Rohmi) yakni kritis konstruktif,” tegasnya.

Sikap itu ditunjukkan PAN selama ini dalam mengawal pemerintahan Zul-Rohmi. Dan Ketua Fraksi PAN NTB itu menilai tidak ada yang perlu diubah.

Selama Zul-Rohmi mengeluarkan kebijakan yang pro terhadap rakyat akan didukung, namun sebaliknya akan dikritisi kalau dianggap tidak memberikan faedah yang besar bagi rakyat.

“Itu sikap politik kami di DPRD,” tegasnya.

Terpisah, Gubernur NTB Dr H Zulkieflimansyah juga tidak langsung kepedean dengan sinyal Zulhas.  “Masih jauh,” kata Zul, diminta mengomentari dukungan Zulhas.

Sekalipun sudah ada sinyal positif tetapi politisi PKS itu melihat masih banyak yang harus diselesaikan sampai dukungan PAN dapat dikonkretkan sebagai dukungan politik yang sahih.

“Ini masih lama, santai aja,” imbuhnya.

Kalaupun Zulhas saat ini memberi sinyal positif menurutnya itu wajar. Hal ini karena hubungannya dengan Zulhas selama ini sangat baik sebagai sahabat.

“Kami saudara,” katanya pendek. (zad/r2)

 

Berita Terbaru

Paling Sering Dibaca

Enable Notifications    OK No thanks