alexametrics
Sabtu, 26 September 2020
Sabtu, 26 September 2020

Gelar Gala Dinner Event Hingga Desember

POLITEKNIK Pariwisata Lombok menggelar Gala Dinner Event selama tiga bulan kedepan. Kegiatan ini merupakan simulasi memproduksi makanan dan minuman, mempresentasikan, hingga menghitung pengeluaraan dan penerimaannya, yang keseluruhannya dilakukan oleh mahasiswa program studi Seni Kuliner dan Tata Hidang.

“Event ini sebelumnya sudah dilakukan tahun lalu. Program studi Tata Hidang berkolaborasi dengan prodi Seni Kuliner menggelar Gala Dinner, dengan mengundang stake holders dari berbagai kalangan pemerintahan, industri, sekolah, LSM, swasta, serta ormas, untuk mencicipi hidangan yang sudah disediakan dan memberikan masukan,” ungkap Ramdah Radjab, selaku ketua program studi Tata Hidang.

Gala Dinner tersebut dilaksanakan setiap dua kali dalam seminggu, yaitu pada hari Selasa dan Kamis, terhitung dari awal bulan Oktober sampai Desember mendatang. Dengan menyuguhkan empat tema makanan, yaitu Chinese, Mexican, Italian, dan Middle East Cuisines

“Kami mengubah lantai 1 di Gedung 2 Perkuliahan menjadi restaurant serta bar. Dan di tahun 2020 nanti, kami sudah memiliki restaurant sendiri yang akan digunakan untuk event ketiga” kata Ramdah.

“Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk merangsang kreatifitas mahasiswa, agar mereka mampu menjadi entrepreneur di kemudian hari. Mereka memiliki manajer sendiri, supervisor, waiter, bartender, food checker, dan komponen restaurant lainnya,” tambah Ramdah.

Ketua program studi Seni Kuliner Ruwaida Fajriasanti juga mengatakan, event ini berkaitan dengan mata kuliah Operasional Tata Boga 3 untuk mahasiswa semester 5, program studi Seni Kuliner. Dengan tujuan agar mahasiswa mampu merancang menu sesuai selera pasar tertentu, dan mampu merencanakan kegiatan operasional jasa boga.

“Untuk mewujudukan capaian dari mata kuliah Operasional Tata Boga 3, dibuatlah program praktik yang diberi nama Chef Program. Mahasiswa bekerja secara berkelompok merancang menu a la carte dengan tema tertentu,” kata dosen yang akrab disapa Santi tersebut.

“Mahasiswa membuat perencanaan kerja sendiri di dalam kelompoknya, mulai dari membuat struktur organisasi dapur, membagi job desk, menganalisis menu, menyusun menu dan bahan, membuat perhitungan food cost, sampai mengevaluasi menu yang sudah terjual,” tambah Santi.

Pada kegiatan ini kedua prodi memiliki tugas masing-masing. Program studi Seni Kuliner menyediakan produknya dan mengelola operasional dapur, sedangkan prodi Tata Hidang bertugas menawarkan produk tersebut kepada tamu, sekaligus mengelola operasional restaurant. Sehingga diharapkan mahasiswa memperoleh pengalaman belajar, yang mirip dengan situasi di industri.

Rambah menambahkan, Gala Dinner Politeknik Pariwisata Lombok tersebut menjadi kegiatan rutin yang dilakukan oleh mahasiswa semester 5, sekaligus menjadi nilai ujian di akhir semester (UAS). “Kegiatan ini sekaligus menjadi UAS bagi mereka. Nilai UTS diambil dari proposal yang sebelumnya mereka kerjakan, dan nilai UAS akan mereka dapatkan saat melaksanakan kegiatan,” tutupnya. (lrs)

- advertisement mobile-

Berita Terbaru

Penataan Kawasan Wisata Senggigi Dimulai

Penataan kawasan wisata Senggigi direalisasikan Dinas Pariwisata (Dispar) Lombok Barat (Lobar). Sayang, dari tujuh proyek dalam perencanaan, hanya lima yang bisa dieksekusi.

LPPOM MUI NTB Target Sertifikasi Halal 125 Usaha Rampung Tahun Ini

”Rinciannya, dari Dinas Perindustrian NTB dan pusat sebanyak 75 usaha, serta Dinas Koperasi Lombok Barat sebanyak 50 usaha,” katanya, kepada Lombok Post, Rabu (23/9/2020).

Solusi BDR Daring, Sekolah Diminta Maksimalkan Peran Guru BK

Jika terkendala akses dan jaringan internet, layanan dilaksanakan dengan pola guru kunjung atau home visit. ”Di sanalah mereka akan bertemu dengan siswa, orang tua, keluarga. Apa permasalahan yang dihadapi, kemudiann dibantu memecahkan masalah,” pungkas Sugeng.

Subsidi Kuota Internet, Daerah Blank Spot di NTB Pertanyakan Manfaat

”Kalau jangkauan towernya luas, tentu ini sangat menunjang sekaligus mendukung pemanfaatan kebijakan pusat,” tandasnya.

Anugerah Pewarta Astra 2020 Kembali Digelar

Astra mengajak setiap anak bangsa untuk menebar inspirasi dengan mengikuti Anugerah Pewarta Astra 2020. ”Di NTB sendiri kami membina warga Kelurahan Dasan Cermen yang merupakan wilayah Kampung Berseri Astra. Harapannya, masyarakat dapat menggambarkan dukungan Astra untuk mewujudkan masyarakat Indonesia yang lebih optimis demi kemajuan dan kesejahteraan bangsa,” ujar Gusti Ayu.

Pilwali Mataram, HARUM satu SALAM dua MUDA tiga BARU empat

Pengundian nomor Pasangan Calon (Paslon) Wali Kota Mataram dan Wakil Wali Kota Mataram berjalan di bawah protokol Pandemi Covid-19 dengan ketat, pukul 19.00 wita-selesai semalam.

Paling Sering Dibaca

Perubahan Sosial di Era Pandemi

KEHADIRAN pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) telah mengubah tatanan dunia dalam waktu singkat. Barangkali juga tidak ada yang pernah membayangkan bahwa pandemi ini akan menyebabkan derita kemanusiaan yang begitu mendalam. Bahkan dalam waktu yang tidak lama, pandemi ini telah menyebar secara cepat dalam skala luas dan menimbulkan banyak korban jiwa.

Bantuan Uang Tunai untuk Warga Terdampak Korona Diperpanjang Sampai Desember

JAKARTA–Pemerintah memutuskan untuk memperpanjang pemberian bansos. Awalnya, bansos hanya diberikan tiga bulan dari April sampai Juni, namun akhirnya diperpanjang hingga Desember 2020. Sehingga, total...

Siswa SMP di Loteng Menikah, Kenal Lewat HP, Pacaran Cuma Empat Hari

Meski belum cukup umur, Suhaimi dan Nur Herawati telah resmi menjadi pasangan suami istri. Bagaimana kisahnya sampai mereka memutuskan menikah? Berikut ulasannya.

Dua Sopir Bupati Lotim pun Positif Tertular Covid-19

PELACAKAN kontak erat Bupati Lombok Timur HM Sukiman Azmy yang positif terinfeksi Covid-19 masih terus dilakukan. Hingga kemarin, dari kontak erat yang telah menjalani uji usap atau swab, dua orang sopir Bupati Sukiman telah dipastikan positif Covid-19.

Perkembangan Bahasa Indonesia sebagai Pemersatu Bangsa

Kongres pemuda kedua pada 28 Oktober 1928 menyatakan pengakuan terhadap tumpah darah yang satu, tanah air indonesia; satu bangsa, bangsa Indonesia; dan menjunjung bahasa...
Enable Notifications    Ok No thanks