alexametrics
Jumat, 12 Agustus 2022
Jumat, 12 Agustus 2022

Jelang MotoGP, Polda NTB Usulkan Pembentukan Polres Mandalika

PRAYA-Polda NTB sedang mengusulkan pembentukan Polres Mandalika di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika Lombok Tengah. Polres itu ditargetkan tahun depan sudah beroperasi. Selain itu, Polda NTB juga mengusulkan peningkatan status Polres Loreng.

“Artinya di Loteng akan ada dua polres,” kata Kapolda NTB Irjen Pol Muhammad Iqbal usai menghadiri pengukuhan relawan Covid-19 Kemenag Loteng di kantor bupati, kemarin (1/9).

Dijelaskan, untuk Polres Loteng yang semula dipimpin kapolres berpangkat AKBP maka ke depan menjadi kombes. Dengan begitu, personel, sarana dan prasarana akan ditambah.

Sedangkan Polres Mandalika di KEK Mandalika akan menyesuaikan. “Ini semua demi menciptakan rasa aman dan nyaman bagi wisatawan yang datang ke KEK Mandalika,” ujar Iqbal.

Baca Juga :  Progres Lamban, Pemkab Loteng “Ceraikan” Risha

Peningkatan keamanan ini sebagaimana arahan Kabaharkam Polri Komjen Pol Arief Sulistyanto saat meninjau langsung KEK Mandalika, beberapa hari lalu. Konsep pengamanan dibagi menjadi dua. Pertama, pengamanan secara keseluruhan di KEK Mandalika. Kedua, pengamanan khusus pelaksanaan Superbike dan MotoGP.

Lebih lanjut, pihaknya menilai begitu event internasional itu digelar, maka itu menjadi awal mula kebangkitan ekonomi daerah dan ekonomi nasional. Terutama setelah terpuruk akibat bencana non alam Covid-19.

“Mari kita mempersiapkan diri menyambut wisatawan dari berbagai negara di dunia,” seru jenderal bintang dua itu.

Senada dikatakan Wakapolres Loteng Kompol I Ketut Tamiana. Dia menambahkan, saat ini Polres Loteng tipe C. Jumlah personel sebanyak 929 orang. Begitu naik kelas menjadi tipe B, maka jumlah personel menjadi ribuan orang.

Baca Juga :  ITDC Siapkan Paket Bundling MotoGP Mandalika dan Menginap di Nusa Dua

“Mudah-mudahan tahun depan sudah menjadi Polresta Loteng,” harap Tamiana di tempat yang sama.

Dikatakannya, jika pangkat kapolres saat ini naik, maka secara otomatis pangkat di bawahnya ikut naik. Baik dari wakapolres, kasat-kasat hingga jajaran kapolsek.

Sedangkan Polres Mandalika, kepolisian masih menunggu konformasi dari ITDC. Terkait di mana dan berapa luas lahan yang akan disiapkan. “Syarat-syarat terus kami lengkapi. Saat ini, sedang dilakukan penelaahan dan penelitian,” pungkas mantan Kasatreskrim Polres Loteng tersebut. (dss/r5)

Berita Terbaru

Paling Sering Dibaca

Enable Notifications    OK No thanks
/