alexametrics
Jumat, 12 Agustus 2022
Jumat, 12 Agustus 2022

Banyak Event Internasional, Pertumbuhan Ekonomi Loteng Catat Rekor

PRAYA-Kabupaten Lombok Tengah meraih predikat lima besar pertumbuhan ekonomi di Indonesia bagian timur di tahun 2021 lalu. Kesuksesan ini melampaui sembilan kabupaten/kota di NTB. Angkanya mencapai 11 persen yang bersumber dari enam sektor.

“Ini luar biasa. Patut kita bangga dan bersyukur,” kata Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Loteng Lalu Wiranata, Sabtu (2/4).

Keenam sektor tersebut yakni konstruksi, industri pengolahan, perdagangan besar dan kecil, reparasi mobil dan sepeda motor, transportasi dan pergudangan. Terakhir penyediaan makanan dan minuman.

Dikatakannya, enam sektor itu diperkuat lagi dengan keberadaan sirkuit Mandalika di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika. Loteng sukses menjadi tuan rumah World Superbike (WSBK) dan MotoGP.

Baca Juga :  Poskamling Pade Angen Kelurahan Praya Harus Dijadikan Contoh

“Dari predikat itu, pemerintah pusat akan memberikan reward untuk daerah kita,” ujar Wiranata.

Bentuknya, berupa anggaran besar-besaran bagi pemberdayaan ekonomi usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM). Kemudian pendidikan dan pelatihan keterampilan.

Harapannya, UMKM semakin siap bersaing di pasar global, atau pasar dunia. Mengingat tahun-tahun berikutnya, masih ada event-event dunia yang digelar di sirkuit Mandalika.

“Penghargaan itu diberikan langsung oleh Gubernur NTB H Zulkieflimansyah dan diterima Bupati Loteng HL Pathul Bahri,” paparnya.

Dikatakannya, selain itu Gumi Tatas Tuhu Trasna juga mendapatkan penghargaan dari Kapolda NTB. Penghargaan itu menyangkut suksesnya gelaran MotoGP. Dua predikat itu menunjukkan Loteng menjadi satu-satunya daerah di Bumi Gora yang semakin maju.

Baca Juga :  Listrik dan Bahan Bakar dari Kotoran Ternak di Bun Mudrak, Sukarara

Sementara itu, Bupati Loteng HL Pathul Bahri menyampaikan rasa syukur dan terima kasih atas predikat dan penghargaan yang diterimanya. Bagi Pathul, itu bukan untuk Pathul-Nursiah. Melainkan untuk warga Loteng di mana pun berada.

“Karena keberhasilan dari program kerja Pathul-Nursiah tidak lepas dari dukungan warga. Terima kasih warga Loteng,” seru Ketua DPD Partai Gerindra Loteng tersebut. (dss/r5)

Berita Terbaru

Paling Sering Dibaca

Enable Notifications    OK No thanks
/