Selasa, 31 Januari 2023
Selasa, 31 Januari 2023

ITDC Sebut Progres Pembangunan KEK Mandalika Baru 55 Persen

PRAYA-Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) menyebutkan total investor yang berinvestasi di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, Lombok Tengah hingga saat ini sebanyak 16. Dengan nilai investasi mencapai triliunan rupiah.

“Dari 16 investor itu, ada yang sudah beroperasi dan berdiri,” kata VP Site Operation The Mandalika I Made Pari Wijaya, Jumat (2/12).

Sisanya, ada yang bersiap membangun investasi dan ada pula yang sedang mengurus perizinan investasi. Baik investasi perhotelan, restoran hingga fasilitas pendukung pariwisata lainnya. “Sedangkan total investasi khusus ITDC di KEK Mandalika sendiri mencapai Rp 8 triliun,” ujar Pari.

Anggaran itu digunakan untuk membangunan infrastruktur jalan, jembatan, sarana dan prasarana air bersih, jaringan listrik, telekomunikasi, penataan Kuta Mandalika dan masih banyak lagi. Kendati demikian, kata Pari itu belum lengkap.

Baca Juga :  Belum Ada Novum, JPN Belum Layangkan PK II Perkara HPL 73 KEK Mandalika

Dari data yang ada, progres pembangunan KEK Mandalika yang dijalankan ITDC baru 55 persen. Artinya, tinggal 45 persen lagi KEK Mandalika menjadi satu-satunya kawasan pariwisata di Indonesia yang benar-benar berstandar dunia.

Sementara itu, Direktur Poltekpar Lombok Herry Rachmat Widjaja mengatakan, kalau dari sisi kekayaan sumber daya alam di Pulau Lombok dan Pulau Sumbawa tidak perlu diragukan lagi. Objek-objek wisatanya tidak ditemukan di daerah lain.

“Sekarang menjadi tugas kami Poltekpar Lombok mendukung dari sisi sumber daya manusianya,” ujar Herry.

Poltekpar Lombok, kata Herry telah mencetak SDM andal dan mumpuni dibidang pariwisata sebanyak 985 orang. Mereka merupakan alumni tahun 2020, 2021 dan 2022. Saat ini, mereka sebagian besar diserap di dunia kerja.

Baca Juga :  PMK Kian Meluas, tapi Bantuan Obat dari Pemprov NTB Sangat Minim

“Dan, kami bersyukur Menparekraf RI Sandiaga Salahuddin Uno memberikan apresiasi pada Poltekpar Lombok,” paparnya.

Sebab, secara tidak langsung Poltekpar Lombok ikut mendukung dan mensukseskan pembangunan investasi, dan pembangunan pariwisata di daerah. Salah satunya lewat pelaksanaan wisuda di sirkuit Mandalika. (dss/r5)

Berita Terbaru

Paling Sering Dibaca

Enable Notifications OK No thanks