alexametrics
Rabu, 21 April 2021
Rabu, 21 April 2021

Geledah Sel Rutan Praya, Tim Gabungan Temukan HP, Pisau, dan Gunting

PRAYA-Seluruh sel di Rumah Tahanan (Rutan) Praya Lombok Tengah digeledah, Selama malam (6/4). Hasilnya ditemukan ada barang-barang terlarang seperti handphone (HP), gunting, pisau, silet, alat pencukur kumis hingga kartu domino. Setelah disita, barang-barang tersebut kemudian dimusnahkan.

“Sidak semacam ini menjadi agenda rutin kami di rutan,” kata Kepala Satuan Pengamanan Rutan Praya I Nyoman Sukarna Antara usai menyisir seluruh ruang tahanan Selasa malam (6/4).

Pantauan Lombok Post, penggeledahan dilaksanakan pukul 20.00 Wita. Penghuni diminta keluar dari ruang tahanan. Kemudian mereka diperiksa. Termasuk barang-barang milik mereka di dalam ruang tahanan.

Dijelaskan, jumlah HP yang ditemukan sebanyak lima unit HP dengan berbagai merek. “Tidak ada kita temukan narkoba,” tandas Sukarna didampingi KBO Sabhara Polres Loteng Ipda Reza Ihyaulisnaini dan Danpos Ramil Praya Tengah Pelda Widianto.

Kendati demikian, petugas rutan memastikan akan memperketat pemeriksaan barang bawaan pengunjung. “Karena jangan sampai ada lagi masuk HP. Kalau ditemukan lagi, maka sanksi menunggu,” ancamnya.

Saksi yang dimaksud yakni, setiap narapidana akan mendapat kurungan khusus selama 1×6 hari, hingga tidak mendapatkan hak-haknya di rutan selama setahun.

Jumlah narapidana di rutan sendiri sebanyak 264 orang. Terdiri dari tiga perempuan dan 161 orang laki-laki. Mayoritas narapidana dari kasus narkoba sebanyak 150 orang.

“Apa yang dijalankan petugas rutan ini sebagai langkah antisipasi dan deteksi dini,” sambung KBO Sabhara Polres Loteng Ipda Reza Ihyaulisnaini.

Untuk itu, pihaknya menekankan jangan sampai barang-barang terlarangbisa masuk ke dalam rutan. “Kami siap bersinergi membantu pihak rutan menggelar kegiatan yang sama dikemudian hari,” tambah Danpos Ramil Praya Tengah Pelda Widianto. (dss/r5)

Berita Terbaru

Paling Sering Dibaca

Enable Notifications   OK No thanks