alexametrics
Sabtu, 28 Mei 2022
Sabtu, 28 Mei 2022

Sungai Meluap, Dua Desa di Praya Timur Tergenang

PRAYA-Enam dusun di Desa Ganti dan Desa Persiapan Jero Puri, Kecamatan Praya Timur, Lombok Tengah, dilanda banjir. Puluhan rumah warga tergenang akibat luapan air sungai.

“Malam ini air sudah surut,” kata salah satu warga Desa Ganti Legewarman pada Lombok Post, Senin malam (8/3/2021).

Keenam dusun yang terdampak luapan air sungai itu adalah Dusun Ganti Satu, Dusun Ganti Dua, dan Dusun Manggu di Desa Ganti. Kemudian Dusun Batu Rintang, Dusun Gantar, dan Dusun Rentang di Desa Persiapan Jero Puri.

Hujan lebat yang terjadi sore kemarin menyebabkan air sungai meluap. Air mulai menggenangi permukiman warga sejak pukul 16.00 Wita.

“Setiap tahun dusun-dusun itu memang langganan banjir,” kata Legewarman.

Baca Juga :  Pemkab Loteng Siapkan Perbup Hadapi New Normal

Anggota Komisi IV DPRD Loteng itu mengatakan, penyebab utama luapan karena aliran sungai semakin menyempit. Banyak warga mendirikan bangunan oven tembakau, rumah, dan fasilitas pendukung lainnya tanpa memperhatikan jarak dengan sempadan sungai. Parahnya lagi, warga membuang sampah sembarangan.

Kapolsek Praya Timur Iptu Dami menyampaikan, ada 25 rumah warga yang terdampak di Desa Persiapan Jero Puri. Sedangkan di Desa Ganti, pihaknya masih menunggu pengecekan dan laporan pemerintah desa. “Ketinggian air sampai lutut orang dewasa,” tuturnya.

Kata dia, meski rumahnya tergenang, warga tetap bertahan. Mereka tidak mau mengungsi atau dievakuasi. Itu karena sudah terbiasa terjadi setiap tahunnya. (dss/r1)

 

Berita Terbaru

Paling Sering Dibaca

Enable Notifications    OK No thanks
/