alexametrics
Jumat, 12 Agustus 2022
Jumat, 12 Agustus 2022

Syarat Penerbangan Dilonggarkan, tapi Penumpang Tetap Wajib Patuhi Prokes

PRAYA-Syarat penerbangan bagi calon penumpang di Bandara Internasional Zainuddin Abdul Madjid (BIZAM) Lombok Tengah mulai dilonggarkan. Tidak lagi ketat seperti sebelumnya.

“Itu setelah otoritas bandara menerima surat edaran Menteri Perhubungan RI Nomor 21 Tahun 2022 tentang petunjuk pelaksanaan perjalanan orang dalam negeri dengan transportasi udara di masa pandemi Covid-19,” kata General Manager (GM) PT Angkasa Pura I (AP) BIZAM Nugroho Jati, Rabu (9/3).

Dijelaskan, syarat yang dimaksud berlaku bagi pelaku perjalanan yang telah mendapatkan vaksinasi lengkap. Baik dosis kedua maupun dosis ketiga. “Kalau sudah seperti itu, maka tidak perlu menunjukkan hasi rapid tes PCR atau antigen,” ujar Jati.

Sebaliknya, kalau masih dosis pertama, maka pelaku perjalanan wajib menunjukkan RT-PCR dengan hasil negatif. Itu berlaku selama 3×4 jam. Atau rapid test antigen selama 1×24 jam.

Baca Juga :  WSBK Mandalika, Dandim Ajak Warga Loteng Jadi Tuan Rumah yang Baik

Sedangkan bagi pelaku perjalanan yang tidak pernah divaksin akibat kondisi kesehatan, maka wajib menunjukkan syarat-syarat tersebut.       Kemudian melampirkan surat keterangan dari rumah sakit pemerintah.

Sementara bagi yang berusia di bawah 6 tahun dapat melakukan pejalanan dengan pendampingan. “Dan tidak perlu memakai syarat-syarat itu,” tandas Jati.

Kendati demikian, pihaknya menekankan agar seluruh pelaku perjalanan wajib mematuhi protokol kesehatan. Seperti memakai masker, menjaga jarak, menghindari kerumunan dan mencuci tangan menggunakan sabun, atau hand sanitizer.

“Semoga lewat pelonggaran ini akan memberikan dampak positif buat kami,” harap Jati.

Terutama menyangkut peningkatan gerakan penumpang dan gerakan pesawat. Baik domestik maupun internasional.

Apalagi di Gumi Tatas Tuhu Trasna terdapat sirkuit Mandalika di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika. Belum lagi, objek-objek wisata yang tidak ada duanya di Indonesia, bahkan dunia.

Baca Juga :  Kapolda NTB Serukan Warga Tetap Tenang

“Mari kita bersama-sama mendorong pemulihan ekonomi dan pariwisata berkelanjutan,” tambah Stakeholder Relation Manager PT Angkasa Pura I (AP) BIZAM Arif Haryanto, terpisah.

Dia berpesan, caranya cukup dengan mematuhi seluruh aturan perjalanan udara. Selebihnya menjadi tanggung jawab otoritas bandara, pemerintah, dan aparat. “Kita berdoa bersama semoga pandemi segera berakhir,” pungkasnya. (dss/r5)

Berita Terbaru

Paling Sering Dibaca

Enable Notifications    OK No thanks
/