alexametrics
Minggu, 19 September 2021
Minggu, 19 September 2021

75 Persen Industri Pariwisata di Loteng Sudah Kantongi Sertifikat CHSE

PRAYA-Sudah 75 persen industri pariwisata di Lombok Tengah sudah mengantongi sertifikat cleanliness, health, safety and environment sustainability (CHSE). Jadi, wisatawan tidak perlu takut menikmati akomodasi pariwisata di Gumi Tatas Tuhu Trasna.

“Baik dari hotel, vila, homestay dan restoran,” kata Plt Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Loteng H Lendek Jayadi, Jumat (9/7).

Dijelaskan, dokumen CHSE itu sendiri sebagai bukti bahwa pelaku industri pariwisata telah menjalankan penerapan protokol kesehatan secara ketat dan berlapis. Dipastikan tidak ada penularan Covid-19 sedikit pun. Termasuk penyakit menular lainnya.

“Aspek kebersihan, kesehatan, keamanan dan kelestarian lingkungan menjadi jawaban,” tegasnya.

Selain industri pariwisata, disbudpar juga terus berpacu dengan waktu menerbitkan CHSE bagi destinasi pariwisata dan produk pariwisata. Jika seluruh komponen pariwisata sudah CHSE, maka cepat atau lambat pariwisata kembali normal.

“Kata kuncinya, sapta pesona pariwisata tak boleh kendor. Warga di destinasi wisata harus jadi garda terdepan,” pesan mantan Kabid Dikmen Dikpora Loteng tersebut.

Senada dikatakan Kabid Sumber Daya Manusia (SDM) Disbudpar Loteng Lalu Mohammad Hatta. Dia menambahkan, dari 103 industri pariwisata di dalam maupun di luar Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, 99 diantaranya sudah memiliki CHSE. “Sisanya yang empat menyusul,” tandas Hatta.

Itu tersebar dari Desa Mertak, Kecamatan Pujut hingga Desa Torok Aik Belek, Kecamatan Praya Barat Daya. Sementara yang lain seperti di wilayah tengah dan wilayah utara Loteng dalam proses.

Kata Hatta, seharusnya bulan ini juga klir. Namun terkendala kebijakan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) mikro.

Kendati demikian, pihaknya berharap begitu PPKM mikro dicabut, disbudpar bergerak cepat. “Ini menjadi tuntutan jelang Superbike dan MotoGP,” pungkas Hatta. (dss/r5)

Berita Terbaru

Paling Sering Dibaca

Enable Notifications    OK No thanks