alexametrics
Minggu, 20 Juni 2021
Minggu, 20 Juni 2021

Akan Gugat Keputusan Mendagri, Pemkab Loteng Siap Rebut Nambung dari Lobar

PRAYA-Persoalan sengketa tapal batas Lombok Tengah di Dusun Pondok Dalem Desa Montong Ajang, Kecamatan Praya Barat Daya dengan Lombok Barat kembali mencuat. Pemkab diberikan batas waktu sampai 2 Agustus guna menyelesaikan sengketa. Jika tidak, maka secara otomatis Pemkab Loteng menerima keputusan Kemendagri Nomor 93 Tahun 2017 tentang wilayah Nambung yang masuk Lobar.

“Ini yang sedang kami tuntaskan,” tandas Plt Sekda Loteng H Mohammad Nazili pada Lombok Post, Kamis (10/6).

Dikatakan, dalam waktu dekat ini, pihaknya akan memanggil pihak-pihak terkait yang ikut serta dalam musyawarah mufakat persoalan tapal batas. Pemanggilan untuk menggali kembali data, fakta dan historika yang ada. Sehingga pemkab satu suara dan satu langkah bergerak.

“Ada dua solusi yang diberikan kepada kita soal sengketa ini,” kata Asisten III Setda Loteng HL Idham Khalid, terpisah.

Pertama mediasi antar kedua pemerintah dan warga. Kedua menempuh jalur hukum. “Saat saya menjadi plt sekda, saya berusaha sekuat tenaga,” ujar Idham.

Dijelaskan, hasilnya warga di Desa Montong Ajang tetap kukuh tidak mau masuk Lobar. Kemudian tidak terima atas keputusan Kemendagri Nomor 93 Tahun 2017 yang diterbitkan pada 16 September 2017 tersebut.

Sebab titik koordinat batas dusun atau batas desa tidak sesuai dengan Undang-undang Nomor 69 Tahun 1958 dan Perda Nomor 3 Tahun 2010, dan Perda Nomor 7 tahun 2011. Itu sebagaimana tertuang dalam peta wilayah Loteng.

“Pemerintah Provinsi NTB pernah turun tangan, namun tidak ada jalan keluar,” paparnya.

Mantan plt sekda Loteng tersebut menegaskan, kalau mentok, maka pemkab akan mengambil upaya hokum. Pemkab telah membentuk tim khusus yang akan menangani persoalan sengketa tapal batas lewat surat keputusan bupati dan dibentuk oleh bupati.

“Intinya, warga kita tidak puas dengan keputusan Kemendagri itu,” tandas Idham.

Untuk itu, pihaknya berharap warga ikut membantu memperjuangkan wilayah Loteng. (dss/r5)

Berita Terbaru

Paling Sering Dibaca

Enable Notifications    OK No thanks