alexametrics
Minggu, 20 Juni 2021
Minggu, 20 Juni 2021

Sekda Loteng yang Baru Akan Dilantik Juli

PRAYA-Proses seleksi calon sekda Lombok Tengah (Loteng) masih bergulir. Enam calon mengikuti presentasi makalah, wawancara, dan pendalaman rekam jejak oleh tim pansel.

“Laporan masyarakat yang kami terima salah satunya persoalan sosial,” kata Ketua Tim Pansel Sekda Loteng Muazar Habibi, Rabu (9/6/2021).

Isinya, apakah para calon sekda itu punya istri dua atau tidak, apakah memiliki hubungan baik dengan tetangga atau tidak, apakah kekayaaan yang diperoleh dari hasil pekerjaan atau tidak. “Dan masih banyak lagi,” ungkapnya.

Kata Muazar itu dibuktikan dengan foto dan video. “Hasilnya, para calon baik-baik saja,” tandasnya.

Kecuali, ada beberapa dari mereka yang memiliki hubungan tidak baik dengan tetangga dan masyarakat sekitar. Sedangkan yang lain, tidak ada masalah.

Atas dasar itu, tim pansel mengeluarkan rekomendasi sekaligus memberikan penilaian. “Selanjutnya yang berhak menentukan siapa sekdanya itu bupati, kami sebatas menyeleksi saja,” papar Muazar.

Dikatakan, tim pansel akan menyerahkan semua nama calon sekda yang diseleksi. Namun dari enam nama itu, ada tiga nama yang diberikan poin penilaian tertinggi.

Dari tiga nama itulah, bupati akan menentukan satu nama. Kemudian dikoordinasikan dan dilaporkan ke gubernur. Setelah itu dikeluarkanlah surat gubernur.

Dokumen itu kemudian menjadi bahan laporan ke Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN). Bahwa tahapan-tahapan seleksi sekda dijalankan sesuai ketentuan hukum yang berlaku. “Kami perkirakan Juli mendatang sudah terpilih dan sudah dilantik sekda baru,” ujar Muazar.

Pantauan Lombok Post, satu per satu para calon sekda memasuki ruangan presentasi makalah, wawancara dan pendalaman rekam jejak. Diawali dari Kepala Dinas PUPR Loteng Lalu Firman Wijaya. Disusul Kepala Dinas Perkim Loteng Lalu Rahardian, kemudian Kepala BPKAD Loteng Baiq Aluh Windayu. Setelah itu, Asisten III Setda Loteng HL Idham Khalid, Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Loteng Muhammad Ikhsan, giliran terakhir Kasatpol PP Loteng HL Aknal Afandi.

Sementara itu, Plt Sekda Loteng H Muhammad Nazili mengatakan, kemarin merupakan tahap akhir dari seleksi sekda. Selanjutnya, tim pansel akan melaporkan hasil seleksi ke bupati dan wakil bupati.

“Keduanya akan memilih yang terbaik dari yang baik dan yang terlayak dari layak,” pungkas Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Loteng tersebut. (dss/r5)

Berita Terbaru

Paling Sering Dibaca

Enable Notifications    OK No thanks