alexametrics
Sabtu, 23 Oktober 2021
Sabtu, 23 Oktober 2021

Kasus Covid di Loteng Melandai, Dokter Yudha: Prokes Tak Boleh Kendor!

PRAYA-Penanganan covid di Lombok Tengah (Loteng) sangat membuahkan hasil. Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Praya kini tidak mempunyai pasien Covid-19 lagi alias zero case.

“Ini berkat kerja sama semua pihak,” kata Humas Covid-19 RSUD Praya dr Yudha Permana pada Lombok Post, Minggu (10/10).

Kendati demikian, pihaknya menegaskan zero case itu bukan berarti pandemi Covid-19 di Gumi Tatas Tuhu Trasna berakhir. Sekarang tergantung dari warga itu sendiri menjaga diri sendiri, keluarga, tetangga dan lingkungan dari penularan Covid-19. Caranya vaksinasi dan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Bagi Yudha, dua senjata itulah yang mampu memutuskan mata rantai penularan Covid-19. “Kami berharap prokes itu menjadi gaya hidup,” pesannya.

Karena prinsip-prinsip menjaga kesehatan itu ada pada prokes. Sehingga tidak saja saat Covid-19, tapi lebih dari itu. Seperti pemakaian masker yang mampu menjaga udara kotor atau debu. Kemudian mencuci tangan hingga menjaga kerumunan warga.

“Sekali lagi saya tekankan, walau tidak ada Covid-19. Masker tetap dipakai,” seru Yudha.

Yang tidak kalah pentingnya, mendukung dan mensukseskan program vaksinasi. Sehingga terwujud herd immunity.

“Kami bersyukur lewat zero case ini, kami tenaga kesehatan bisa istirahat sejenak,” ujar dr Yudha.

Sekaligus bisa berkumpul bersama keluarga. Hanya saja, nakes tetap siaga menjaga kemungkinan-kemungkinan pasien yang datang. Apalagi ada prediksi munculnya gelombang ketiga Covid-19.

Kendati demikian, pihaknya berharap semoga itu sebatas prediksi semata, jangan sampai terjadi. “Saat ini juga, kami sedang berbenah. Terutama peningkatan sarana dan prasarana di ruang isolasi,” tambah Yudha.

Sementara itu, Bupati Loteng HL Pathul Bahri menilai kerja keras semua pihak di Gumi Tatas Tuhu Trasna membuahkan hasil. Terutama para nakes dan TNI dan Polri. Saat ini, Loteng bisa dikatakan level satu atau zona hijau. Hanya saja, pemerintah tetap bekerja keras memastikan pandemi Covid-19 benar-benar berakhir.

“Sebagai tuan rumah WSBK dan MotoGP, mari kita pertahankan dan tingkatkan,” pungkas pria yang memiliki hobi memancing tersebut. (dss/r5)

Berita Terbaru

Paling Sering Dibaca

Enable Notifications    OK No thanks