alexametrics
Rabu, 5 Oktober 2022
Rabu, 5 Oktober 2022

Warga Loteng Mengeluh, Truk Pengangkut Tanah Uruk Rusak Jalan Desa

PRAYA-Satpol PP dan Polres Lombok Tengah diminta menertibkan galian tanah uruk di Desa Persiapan Keramat Jati, Kecamatan Pujut. Gara-gara galian tersebut, jalan di desa yang bertetangga dengan Desa Pengembur dan Desa Tumpak cepat rusak.

“Sehingga percuma ada perbaikan jalan,” tandas Ketua Forum Kepala Dusun (FKD) Desa Persiapan Keramat Jati Sahman Ahmad pada Lombok Post, Kamis (11/8).

Kata Sahman, setiap hari, bahkan setiap jam truk-truk pengangkut tanah uruk lalu-lalang. Pemerintah desa persiapan tidak bisa berbuat banyak. Karena lahan atau perbukitan tersebut milik pribadi.

Pantauan Lombok Post, truk-truk berisikan tanah uruk datang dari arah selatan. Sehingga, bagi pengendara yang melalui jalan dari Desa Tanak Awu menuju Desa Tumpak, sebaiknya tetap memakai masker. Karena debu bertebaran di mana-mana. Kemudian, laju kendaraan harus pelan-pelan. Karena, kondisi jalan yang rusak.

Baca Juga :  Polres dan Kodim Loteng Siagakan Personel Menghadapi Pilkades Serentak

Lokasi galian tanah uruk itu sendiri, tidak jauh dari Kantor Desa Persiapan Keramat Jati. Di tempat itu berjejer perbukitan. Beberapa diantaranya rata dengan tanah. Sudah tidak ada lagi fungsi penyangga hutan. Para pekerja, alat-alat berat dan truk seolah tidak mempedulikannya. “Inilah masalah utamanya,” kata Sahman.

Kendati demikian, saat ini perbaikan jalan tetap berlangsung. Dari pertigaan Desa Tanak Awu menuju perempatan Desa Pengembur. Sementara jalan menuju Desa Persiapan Keramat Jati belum ada kejalasan.

“Lewat kesempatan ini saya tegaskan, agar jalan kami diperbaiki, setelah galian tanah uruk itu ditutup. Kalau tidak, percuma,” papar Sahman.

Langkah tersebut, kata Sahman, atas kesepakatan bersama seluruh aparatur pemerintah desa persiapan dan para tokoh masyarakat. Awalnya, menyuarakan tuntutan perbaikan jalan. Namun, setelah dipikir-pikir harus diselesaikan terlebih dahulu akar masalah.

Baca Juga :  650 Orang di Lombok Tengah Terima Jadup

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Loteng HM Mayuki mengatakan, selama tidak ada kendala terhadap pembangunan infrastruktur jalan, maka pemkab memastikan akan menyiapkannya. Kalau tidak tahun ini, maka bisa tahun depan dan seterusnya.

“Prinsipnya, kami di dewan siap memperjuangkan,” tandas Ketua DPC PPP Loteng tersebut, terpisah. Itu, kata Mayuki selama anggaran tersedia. (dss/r5)

Berita Terbaru

Paling Sering Dibaca

Enable Notifications    OK No thanks
/