alexametrics
Sabtu, 25 Juni 2022
Sabtu, 25 Juni 2022

Pemkab Loteng Pasang Alat Deteksi Gempa di Mandalika

PRAYA-Pemkab Lombok Tengah akhirnya memiliki alat deteksi gempa. “Itu kita pasang di kantor bupati dan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika,” kata Plt Kepala Badan Penanggulangan Bencana (BPBD) Loteng Murdi, Sabtu (13/6) lalu.

Dia menjelaskan, warning receiver system new generation ini bisa dengan cepat, tepat dan akurat menyampaikan informasi gempa kepada publik. Termasuk potensi tsunami. Setelah 1-2 menit gempa menguncang, Data gempa, lokasi, dan kapan langsung terbaca.

Secara otomatis, informasi itu tersebar luaskan melalui pesan singkat, telepon genggam stakeholder dan warga. “Sehingga kita dengan cepat dan segera juga mengambil langkah-langkah mitigasi bencana,” ujar Murdi.

Itu sebagaimana diatur dalam PP Nomor 21 Tahun 2008. Kata kuncinya, mitigasi bencana. Pemkab akan berupaya sekuat tenaga mengurangi risiko bencana. Baik melalui pembangunan fisik, maupun penyadaran dan peningkatan kemampuan menghadapi bencana. Untuk itulah, alat deteksi gempa akan dibarengi dengan simulasi.

Baca Juga :  Vaksinasi di Madrasah dan Ponpes-ponpes di Loteng Sudah Capai 99 Persen

Bagi Murdi, alat deteksi gempa tersebut, cocok dimiliki setiap kabupaten/kota di NTB. Apalagi itu hasil karya anak bangsa, inovasi generasi milinial di Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG). Pemerintah harus memetik pelajaran berharga saat musibah gempa tahun 2018 lalu.

“Kita berdoa bersama, semoga musibah gempa seperti dua tahun yang lalu tidak terjadi lagi,” harap Kades Teratak M Ipkan. (dss/r5)

Berita Terbaru

Paling Sering Dibaca

Enable Notifications    OK No thanks
/