alexametrics
Senin, 15 Agustus 2022
Senin, 15 Agustus 2022

Tunggakan Pelanggan Turun, Laba Bersih PDAM Praya Naik

PRAYA-Jajaran Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Praya Lombok Tengah diminta berhenti menambah jumlah pegawai. Karena pegawai yang ada saat ini dinilai sudah cukup. Sekarang tinggal bagaimana pegawai yang ada dioptimalkan untuk peningkatan pelayanan ke pelanggan.

“Kondisi pegawai PDAM kita sekarang enam orang per 1.000 pelanggan,” kata Bupati Loteng HL Pathul Bahri usai membuka rapat kerja (raker) PDAM Praya di Illara Hotel di Desa Penujak, Kecamatan Praya Barat, kemarin (16/12).

Dikatakan, lewat raker yang digelar PDAM, maka secara langsung meningkatkan pengetahuan dan keterampilan pegawai. Karena sejak PDAM berdiri, baru kali ini digelar kegiatan semacam itu.

Pemkab berharap, raker itu menjadi agenda rutin setiap tahunnya. “Jadi, saya memberikan apresiasi dan penghargaan setinggi-tingginya bagi direksi PDAM Praya,” sanjung Pathul.

Baca Juga :  Stop Galian PDAM, Sebelum Pedestrian Cakra Tambah Rusak

Terlebih, direksi PDAM Praya yang baru beberapa bulan dilantik tersebut, mampu dan berhasil meningkatkan pendapatan. Dari laporan yang ada, saldo terakhir di PDAM Praya mencapai Rp 7 miliar.

Bagi Pathul, ini menjadi catatan sejarah, karena selama ini tidak sampai menembus angka sebesar itu. Kendati demikian, pihaknya berharap tahun-tahun berikutnya bisa meningkat lagi.

“Apa yang menjadi perintah, saran dan pendapatan pak bupati dipastikan kami jalankan,” tegas Plt Direktur Utama PDAM Praya Bambang Supartmo, di tempat yang sama.

Dia menekankan, bahkan direksi PDAM Praya membuat dokumen pakta integritas bagi seluruh pegawai. Isinya bagi yang malas bekerja, melakukan penyelewengan anggaran hingga pelanggaran hukum, maka diberikan tiga pilihan. Pertama, secara sukarela memundurkan diri. Kedua, diberhentikan secara tidak terhormat dan yang ketiga akan dibawa ke ranah hukum. “Ini wajib menjadi pegangan kita semua. Ingat baik-baik,” pesan Bambang.

Baca Juga :  Masuk Daerah Rawan Konflik, Panitia Pilkades Puyung Jamin Netralitas

Lebih lanjut, pihaknya menambahkan selama tiga bulan menjabat di perusahaan plat merah tersebut, laba bersih PDAM yang diterima mencapai Rp 1,4 miliar. Atau mengalami peningkatan sebesar 44 persen, jika dibandingkan di tiga bulan yang sama di tahun lalu.

Peningkatan tersebut, bersumber dari angka tunggakan yang menurun, penagihan yang semakin gencar dan lancar. Kemudian pengeluaran yang mulai berkurang. “Saya tetap dan terus berikhtiar memajukan PDAM kita tercinta ini,” pungkas Bambang. (dss/r5)

 

 

Berita Terbaru

Paling Sering Dibaca

Enable Notifications    OK No thanks
/