alexametrics
Jumat, 12 Agustus 2022
Jumat, 12 Agustus 2022

Sejumlah Tempat Wisata di Lombok Tengah Mulai Dibuka

PRAYA-Secara bertahap seluruh objek wisata di Lombok Tengah akan dibuka. “Tahap awal ada lima objek wisata,” kata Sekretaris Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Loteng H Lendek Jayadi, kemarin (17/6).

Di antaranya, Air Terjun Benang Stokel dan Air Terjun Benang Kelambu di Desa Aik Berik. Kemudian Aik Bukaq di Desa Aik Bukaq, Kecamatan Batukliang Utara. Pantai Mawun di Desa Tumpak, Kecamatan Pujut. Terakhir Pantai Selong Belanak di Desa Selong Belanak, Kecamatan Praya Barat.

Sedangkan objek wisata di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, kata Jayadi menjadi tanggung jawab ITDC. Keputusan itu dikeluarkan, setelah Disbudpar Loteng berkoordinasi dengan perwakilan pelaku pariwisata, Pemprov NTB dan bupati. “Yang terpenting, setiap pengunjung wajib mengikuti protokol kesehatan,” pesannya.

Dia mengatakan, jika kasus covid-19 mengalami penurunan, maka secara otomatis objek wisata lain di buka. “Inilah yang kita sebut persiapan memasuki era new normal itu,” ujar Jayadi.

Jayadi menekankan, kebersihan objek-objek wisata menjadi tanggung jawab bersama. Kendati demikian, warga lingkar objek wisata diharapkan menjadi garda terdepan. Mereka harus menjaga pola hidup bersih dan sehat (PHBS). Jika objek wisata bersih, indah, asri dan aman, maka wisatawan akan berdatangan. Begitu pula sebaliknya. “Pariwisata memberi kontribusi besar bagi pendapatan ekonomi masyarakat,” papar Jayadi.

Baca Juga :  Kabar Baik, Dua Pasien Korona asal Aikmel dan Lunyuk, Sumbawa Sembuh

Sejak ditutup Maret lalu, pendapatan warga sekitar dan pelaku wisata turun drastis. Baik pemilik hotel, restoran hingga jasa angkutan wisata. “Untuk itu, tidak boleh berlama-lama, roda ekonomi harus berputar,” tegasnya.

Dia khawatir jika terlalu lama ditutup akan mengganggu kondusivitas daerah, pendapatan asli daerah (PAD), dan roda pemerintahan. “Cepat atau lambat, ekonomi Loteng, NTB dan Indonesia pada umumnya akan pulih,” sambung Chief Strategic Communication Officer Mandalika Grand Prix Association (MGPA) Happy Harinto, terpisah.

Kata dia, Indonesia menjadi tuan rumah balapan MotoGP di KEK Mandalika tahun depan. Keindahan alam di KEK Mandalika, akan menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan dari berbagai negara di dunia. “Jadi tetap semangat dan persiapkan diri,” serunya.

Dispar Lotim Gandeng Satpol PP

 

Sementara, Dispar Lotim telah mengeluarkan surat edaran mengenai akan dibukanya kembali objek wisata. “Ya, sesuai surat edaran provinsi kita juga buka 20 Juni,” kata Kadispar Lotim H Mugni pada Lombok Post, kemarin (17/6).

Baca Juga :  Diduga Nyabu, Tiga Sopir Proyek KEK Mandalika Diciduk Polisi

Surat tersebut berisi tentang arahan persiapan protokol kesehatan covid-19 di setiap destinasi wisata. Pihaknya akan memberikan simulasi protokol sesuai SOP di wisata pemandian Joben, Desa Pesanggrahan, Kecamatan Montong Gading. “Kita harapkan pelaksanaan sesuai SOP ini bisa dilaksanakan oleh semua pelaku usaha pariwisata,” jelasnya.

Untuk itu, dia meminta kesadaran masyarakat untuk tidak piknik jika dalam kondisi tubuh yang tidak fit atau sakit. Adapun mengenai serangan gelombang wisatawan lokal tentu menjadi salah satu yang perlu untuk diantisipasi. Kata Mugni, hal inilah yang membutuhkan kesadaran masyarakat. Jika kemungkinannya akan ramai sekali, maka masyarakat semestinya bisa menahan diri. “Kalau hal ini tergantung pada kesadaran masyarakat,” jelasnya.

Selain itu, ia juga berharap Satpol PP Lotim bisa membantunya dalam mengontrol masa di tempat-tempat wisata. “Kita tidak bisa sendirian,” pungkasnya. (dss/tih/r5)

Berita Terbaru

Paling Sering Dibaca

Enable Notifications    OK No thanks
/